Home / Indonesia / Jawa Barat / Bandung / 7 Destinasi Wisata Jawa Barat Yang Menarik Untuk Berlibur

7 Destinasi Wisata Jawa Barat Yang Menarik Untuk Berlibur

Jawa Barat memang terkenal akan tempat wisatanya terutama Bandung. Ternyata tidak hanya Bandung saja, beberapa kota lainnya juga mempunyai banyak tempat wisata yang tidak kalah menarik. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa dijadikan referensi saat Anda berlibur ke Jawa Barat. Dari wisata kebun hingga wisata kawah putih, berbagai wisata siap memanjakan wisatawan dengan berbagai pesonanya.

Berikut 7 destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Jawa Barat:

1. Kebun Strawberry Ciwidey Emte Highland Resort

Bandung mempunyai cuaca yang dingin sehingga berbagai tanaman bisa tumbuh di Bandung. Dari bunga, buah hingga teh, semua bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal tersebut meningkatkan potensi wisata kebun yang banyak diminati wisatawan. Salah satu wisata kebun yang bisa kita kunjungi adalah Kebun Strawberry Ciwidey.

Kebun Strawberry Ciwidey merupakan objek wisata petik buah yang memadukan kebun, restoran dan penginapan dalam satu tempat. Berbagai buah tersedia di kebun tersebut namun, kebun didominasi oleh Kita bisa memetik buah, bersantai dan bersantap di tengah indahnya pemandangan kota Kembang ini.

Foto: hotelciwidey.com

Untuk bisa memetik strawberry kita tinggal masuk ke kawasan kebun buah tanpa biaya retribusi. Namun, setiap buah yang kita petik di dalam kebun akan ditimbang dan dihitung harganya. Tidak hanya buah strawberry saja, ada buah lain yang bisa kita petik bersamaan. Jadi, pastikan kita memetik buah yang bagus-bagus karena nantinya buah tersebut akan menjadi milik kita. Buah yang kita ambil biasanya diberi harga Rp35.000,- sampai Rp50.000,- per kg.

Foto: serbiserbainfo.blogspot.com

 

2. Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo merupakan salah satu pantai di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat yang kini tengah memikat wisatawan. Hal tersebut lantaran adanya fenomena air laut yang mengalir menuju Sungai Cilateureun. Permukaan aut lebih rendah dari permukaan sungai sehingga, yang pada umumnya air sungai mengalir ke laut ini berbalik air laut yang mengalir ke sungai. Fenomena ini terjadi hanya pada waktu air laut sedang pasang.

Nama Santolo diambil dari nama pulau kecil yang berada di seberangnya, Pulau Santolo. Dan kemudian pantai cantik berpasir putih ini dikenal dengan nama Pantai Santolo Pameungpeuk. Bahkan ada juga yang mengenalinya sebagai Pantai Cilateureun. Terletak di Kecamatan Cikelet, Garut sebelah selatan. Berjarak 88 km dari pusat kota Garut atau sekitar 3,5 jam perjalanan.

Dari pintu masuk atau loket tiket, jarak Pantai Santolo masih cukup jauh. Kita akan melewati jalan berliku dengan nuansa pemandangan alam berupa gunung dan perkebunan teh. Panorama hijau berpadu dengan udara sejuk seolah akan mempersingkat perjalanan kita. Tak terasa kita pun telah sampai di Pantai Santolo. Begitu kita menginjakkan kaki di Pantai Santolo, kita akan disambut oleh pesona dan panorama yang tak henti-hentinya membuat kita terkagum.

Pantai Santolo mempunyai garis pantai yang cukup panjang sehingga memungkinkan wisatawan bisa bermain dan menikmati pantai dengan leluasa. Deburan ombak terlihat berkejaran berlomba menyentuh bibir pantai. Hamparan laut lepas dengan hilir mudik kapal ikan dan perahu nelayan yang sibuk dengan aktifitasnya.  Burung pantai yang terbang mengitari pantai dengan indahnya. Semilir angin pantai yang tenang dengan nuansa pemandangan alam pegunungan terlihat menyejukkan di depan mata. Siapa pun tampaknya akan terpikat dengan kemanjaan yang diberikan. Terlebih lagi pada saat sore hari, kita bisa melihat keindahan lukisan senja yang mempesona.

 

Kemudian kita bisa menuju jembatan tua untuk melihat fenomena air laut yang mengalir menuju sungai. Tampak perpaduan air jernih dan air laut menyatu. Sayangnya, fenomena ini tidak bisa dilihat setiap saat hanya bisa dilihat pada waktu air laut sedang pasang saja. Meski begitu, kita tetap bisa menikmatinya dengan menyusuri bebatuan karang disekitarnya dan menyusuri jembatan tua di atasnya.

 

3. Floating Market Lembang

Berwisata ke Bandung belum lengkap rasanya kalau belum mampir ke Lembang, salah satunya Floating Market. Pasar kuliner yang dikombinasikan dengan konsep terapung. Di mana pembeli bisa jajan sambil naik perahu. Dan jika kita tidak tertarik dengan cara tersebut kita juga bisa jajan di area khusus, hanya cukup berjalan kaki. Tidak hanya terdapat pasar kuliner saja, namun juga terdapat berbagai macam wahana permainan dan wahana lain yang mengedukasi.

Begitu kita memasuki kawasan Floating Market, pertama-tama kita akan masuk melalui rumah klasik yang di dalamnya merupakan pusat informasi. Kemudian, kita jalan lurus dan kita akan disambut oleh ikon Floating Market berupa 2 koin berwarna kuning dan biru yang masing-masing terdapat nominal 5.000 dan 10.000. Ikon tersebut berada tepat di pinggir danau. Ikon tersebut merupakan salinan dari koin Floating Market. Pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk akan membuat kita semakin penasaran untuk menyusuri setiap jengkalnya. Danau yang di dalamnya terdapat ikan-ikan cantik dan taman hijau disepanjang jalan memanjakan setiap mata yang memandang.

Cukup berjalan beberapa meter saja dari pintu masuk, kita akan menemukan pasar kuliner yang mengapung di atas danau. Berbagai kuliner dari yang sejenis jajanan, makanan berat hingga makanan barat juga tersedia di Floating Market. Harga yang diberikan juga beragam, berkisar antara Rp5.000,- hingga Rp50.000,-. Ada sate, mie kocok, kebab, pisang goreng, pisang bakar, kentang goreng, bandrek, bajigur, es cincau, tutut, mendoan, mie ayam, kwetiau, bakmi, rujak, pecel, cireng, siomay, dan masih banyak lagi. Masing-masing kuliner juga tersedia berbagai variasi sehingga, kita bisa memilih sesuai selera kita.

 

Uniknya di Floating Market ini kita tidak bisa membeli jajanan dengan uang melainkan dengan koin. Jadi, jika kita hendak membeli sesuatu terlebih dahulu kita harus menukarkan uang kita dengan koin agar bisa digunakan. Kita bisa menukar koin di beberapa loket yang telah tersedia. Adapun masing-masing koin memiliki nominal yang berbeda, mulai dari Rp5.000,-, Rp10.000,-, Rp20.000,-, Rp50.000,- hingga Rp100.000,-.

Begitu kita memesan makanan dan minuman kemudian kita bisa menikmatinya langsung di tempat yang telah disediakan. Ada banyak bangku yang masing-masing terbuat dari kayu yang dapat kita gunakan untuk duduk menikmati kuliner. Tempat tersebut berada di pinggir danau sehingga, kita bisa menikmatinya sambil menyaksikan orang-orang yang hilir mudik di atas danau. Selain itu, jika kita membeli sambil naik perahu kita juga bisa menikmatinya sambil mengelilingi danau.

Adapun harga tiket untuk memasuki Floating Market adalah sebesar Rp20.000,- per 0rang. Tiket tersebut nantinya bisa kita tukarkan dengan minuman dingin maupun minuman hangat seperti lemon tea, cappucino, chocolate dan coffee latte. Hawanya yang cukup dingin sangat cocok untuk menikmati minuman hangat khas Floating Market  tersebut.

 

4. Farmhouse Susu lembang

Merupakan objek wisata peternakan dan wahana bermain dengan konsep alam yang sangat mengedukasi penuh edukasi. Tempatnya yang nyaman dengan keunikan desain ornament dibuat sangat kreatif. Ada penjual souvenir yang mendesain outletnya seperti dibentuk bis. Terdapat berbagai food court dari jajanan kaki lima sampai jajanan restoran bintang lima. Kemudian kita akan masuk ke dalam, terdapat berbagai macam hewan dari jenis unggas sampai mamalia. Ada berbagai jenis  burung, bebek, ayam, sapi, iguana, ikan, hamster, kelinci, domba dan masih banyak lagi.

Begitu kita memasuki kawasan farmhouse kita akan dibuat kagum dengan desain ornamen yang unik dan menarik. Jika kita masuk melalui gerbang shop container, di dalamnya terdapat banyak food court dan souvenir yang berjajar disepanjang jalan. Kita bisa berhenti sejenak, memesan salah satu makanan dan menikmatinya di tempat yang sudah disediakan.

 

5. De Ranch Lembang

Lembang, wisatawan mana pun sepertinya sudah tidak asing lagi dengan Lembang. Sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat yang berada pada ketinggian antara 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut. Sehingga, udaranya terasa dingin dan sangat menyejukkan. Hal inilah yang membuat para wisatawan lebih melilih Lembang untuk mengasingkan diri dari padatnya aktifitas kota. Sebagai daerah yang terletak di pegunungan, Lembang mempunyai suhu rata-rata berkisar antara 17°-27 °C. Selain berhawa sejuk dan  mempunyai panorama indah, Lembang juga mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi seperti De Ranch.

48-170

De Ranch merupakan objek wisata bernuansa peternakan dan tempat rekreasi yang mempunyai konsep cowboy. De Ranch yang sudah dibuka sejak tahun 2007 silam itu mulanya adalah sebuah peternakan sapi perah dan kuda yang kemudian menjelma menjadi objek wisata yang sangat disukai wisatawan dengan berbagai wahana dan fasilitas yang semakin hari semakin berkembang. Setiap wisatawan bisa menikmati pemandangan sambil menjelajahi kawasan De Ranch sambil berkuda layaknya cowboy lengkap dengan berbagai perlengkapannya seperti baju cowboy, sepatu cowboy dan topi cowboy. Kita akan dibawa berkeliling di peternakan sapi perah, peternakan kuda, perkebunan dan padang rumput. Kita bisa memilih jenis kuda yang akan kita tunggangi secara bebas. Kemudian kita naik kuda dan akan digiring oleh pawang kuda. Selain berkuda di De Ranch ini juga tersedia berbagai wahana rekreasi bagi keluarga seperti delman, kolam pancing, peti luncur, balon air, fun boat, flying fox, sepeda, treampolin, panahan, dan masih banyak lagi wahana yang tidak kalah seru dan menyenangkan. Setelah puas menikmati wahana rekreasi, kita juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita melalui pelatihan edukatif seperti pelatihan ternak kuda, pelatihan ternak sapi, pelatihan membuat kue khas De Ranch, dan memerah susu sapi.

De-Ranch-Lembang-245903709kapal-air

 

 

6. Taman Air Sri Baduga Purwakarta

homepageDulu pertunjukan seni dan laser air hanya ada di negara-negara maju (Dubai, Singapura dan Tiongkok) saja seperti Singapura dengan pertujukan Wings Of Time. Namun, seiring berjalannya waktu Indonesia tampaknya juga tidak mau kalah dengan negara-negara lainnya. Bahkan kini Indonesia sudah mempunyai pertunjukan seni dan laser air bernama Taman Air Mancur Sri Baduga tepatnya di Purwakarta, Jawa Barat. Air mancur yang dipadukan dengan musik dan lampu laser ini diklaim yang terbesar dan terindah se-Asia Tenggara.

air-mancur-1-640x426 air2

Adapun arsitek dari Taman Air Mancur Sri Baduga ini tak lain adalah Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Dedi Mulyadi. Taman Sri Baduga ini berada di kawasan Situ Buleud seluas 4 hektar. Air mancur ini mampu menari mengikuti alunan musik dengan laser dan efek api yang berwarna-warni. Gerakan air mancur tergantung pada alunan musik yang diputar. Jika musik cepat air mancur menari dengan lincah dan jika musik lambat air mancur menari dengan gemulai. Objek wisata yang mempesona bagi semua kalangan baik anak-anak, anak muda, orang dewasa sampai orang tua. Selain pertunjukan air mancur yang menari di Taman Sri Baduga juga ada pertunjukan musik, drama dan tari yang dipadukan dengan air mancur dan light effect dibelakangnya.

sri2

Penampilan Seni Tari dan Air Mancur saat Peresmian Tahap II Sri Baduga di Taman Sri baduga, Sabtu (09-01-2016)

Air mancur setinggi 6 meter dan 2 meter saling melenggak-lenggok menari beradu indah dengan light effect yang semakin membuat tarian air mancur semakin berwarna. Menikmati panorama air mancur setelah seharian lelah bekerja sepertinya akan menambah kesegaran baru. Namun, pertunjukan air yang mampu menarik ribuan pengunjung ini sayangnya tidak dibuka setiap hari. Hanya pada hari Sabtu malam dari pukul 20.00 sampai pukul 22.00 WIB. Pada hari biasa kita hanya bisa menikmati air mancur tanpa pertunjukan apapun. Meski tanpa pertunjukan namun, Taman Sri Baduga setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung. Lantaran tempatnya yang nyaman dan sangat cocok untuk menikmati suasana malam.

 

Air mancur ini seluas 1,8 hektar, mampu menampung 15.000 penonton dalam 3 kali pertunjukan. Setiap 25 menit sekali, pertunjukan selesai dan diberi jeda untuk pergantian penonton. Setelah itu baru pertunjukan akan dimulai kembali. Itulah mengapa air mancur ini diklaim sebagai air mancur terbesar se-Asia Tenggara. Di kawasan objek wisata ini juga dilengkapi dengan wifi gratis agar semua pengunjung bisa membantu mempromosikan Taman Sri Baduga melalui unggahan foto maupun postingan di media sosial. Sehingga ke depannya Taman Sri Baduga akan menjadi terkenal di mata nusantara maupun di mata dunia.

 

7. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih adalah sebuah obyek wisata alam dan juga merupakan sebuah kawah yang anggun dan indah dari Gunung Patuha, Kawah Putih ini  letaknya berada di daerah Ciwidey Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung.

kawah-putih1

Foto: utiket.com

Gunung Patuha dulunya adalah sebuah gunung yang memiliki nilai mistik yang tinggi, oleh penduduk setempat pada waktu itu gunung tersebut disebut gunung angker. Hal ini dikarenakan banyak warga yang melihat bila ada sekawanan burung yang terbang melewati gunung tersebut maka tanpa ada yang mengganggu, burung tersebut tiba-tiba jatuh dan menukik ke bawah.

Pada awal abad 19 tepatnya pada tahun 1837, seorang peneliti Belanda keturunan Jerman yang bernama Dr. Franz W. Junghuhn meneliti kejadian-kejadian yang ada di gunung patuha ini. Ditemani oleh beberapa pendamping dari warga setempat, peneliti ini kemudian melakukan perjalanan ke Gunung Patuha dengan menembus hutan belantara. Tidak lama kemudian Dr. Franz W. Junghuhn secara tidak sengaja menemukan sebuah kawah yang memiliki pemandangan alam yang cukup indah dan masih asri, sampai sekarang kawah tersebut dinamakan Kawah Putih. Mengenai kejadian yang menimpa burung tersebut, ternyata di daerah ini mempunyai unsur belerang yang cukup tinggi dan berasal dari asap kawah, hal inilah yang menyebabkan burung-burung tersebut banyak yang mati bila melintasi Gunung Patuha.

patuha

 

 

Selamat Berwisata…

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.