Home / Indonesia / 7 Tempat Wisata Jawa Timur Yang Menarik Untuk Dikunjungi

7 Tempat Wisata Jawa Timur Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Pergi ke Jawa Timur rasanya belum lengkap kalau belum mampir ke tempat-tempat wisatanya yang beragam. Wisata pantai hingga wisata kuliner yang akan memanjakan Anda dengan berbagai pesonanya. Berikut ada beberapa tempat wisata menarik di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi:



 

1.Pantai Prigi, Trenggalek

Berbicara mengenai wisata, Jawa Timur mempunyai destinasi wisata yang kian hari kian diminati oleh wisatawan. Salah satunya adalah wisata pantai yang berada di pesisir selatan Jawa. Pantai Prigi, pantai berpasir putih yang berada di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Dari Trenggalek sekitar 48 km, dari

Pantai Prigi mempunyai pemandangan alam yang sangat indah. Hamparan laut lepas yang tampak biru dengan perbukitan hijau yang semakin melengkapi. Bebatuan karang juga bentangan pasir pantai seluas 4 km. Deburan ombak dan sejuknya udara pantai. Semua itu akan memanjakan kita begitu kita ,enginjakkan kaki di pantai cantik ini.

Kita bisa bermain pasir dan air sepuasnya. Kita juga bisa menikmati pesona dan panorama Pantai Prigi sambil bersantai dibawah payung teduh dan menikmati kuliner yang bisa kita pesan di warung-warung yang ada di sekitaran pantai. Tampak terlihat lalu lalang nelayan mencari ikan maupun lalu lalang wisatawan yang mengelilingi Pantai Prigi.

Selain dijadikan sebagai obyek wisata, Pantai Prigi juga dijadikan sebagai pelabuhan nasional terbesar di pesisir selatan Jawa, pelabuhan penangkapan ikan. Sehingga, kita bisa menikmati berbagai kuliner dalam keadaan masih segar. Hasil laut yang baru ditangkap oleh nelayan kemudian akan dipindah tangan kepada pedagang kuliner. Berbagai olahan laut tersedia di Pantai Prigi, salah satu yang paling khas adalah ikan asap.

Pantai Prigi

 

2. Food Junction Grand Pakuwon, Surabaya

Surabaya, Kota Pahlawan yang kini terkenal mempunyai banyak taman di tengah kota ini terus melakukan perbaikan di sektor pariwisatanya. Wisata alam, wisata bermain, wisata belanja dan wisata kuliner semakin memuncak di Surabaya. Seperti destinasi wisata kuliner yang tengah hangat dibicarakan ini, Food Junction Grand Pakuwon (FJGP). Terdapat ratusan outlet dan food court yang menawarkan menu kaki lima hingga menu bintang lima. Di sini selain bisa menikmati kuliner, kita juga bisa menikmati wahana hiburan yang disediakan dengan tarif yang terjangkau.

 

Main, makan dan bersantai akan terasa menyenangkan di FJGP, selain memuaskan juga harga yang berlaku sangat ramah di kantong kita. Sehingga, kita tidak perlu takut akan merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati FJGP, tempat santai yang menarik. Banyak tempat yang sangat fotogenik, selain makan dan bermain kita pun juga bisa mengambil foto nyentrik yang akan memperindah koleksi foto kita. Spot foto yang paling diburu, khususnya para kaum remaja adalah Festival Of Light, wahana malam hari yang dipenuhi banyak lampion dengan berbagai ragam.

 

Food Junction Grand Pakuwon

 

3. Kusuma Agrowisata Malang

Malang, kota kecil yang penuh dengan destinasi wisata yang menarik. Tempatnya yang berada di kawasan dataran tinggi menjadikan kota Malang mempunyai udara yang dingin menyejukkan. Banyak wisatawan dari berbagai kota yang memilih Malang sebagai destinasi wisata yang mereka tuju. Tidak hanya alamnya yang indah, berbagai macam objek wisata kini mulai berdiri di kawasan Malang lengkap dengan berbagai fasilitas yang memuaskan. Salah satu objek wisata yang bisa kita kinjungi saat berada di Malang adalah Kusuma Agrowisata. Di sini kita bisa menikmati berbagai olahan hasil kebun juga bisa berkeliling di kebunnya yang luas.

Foto: wisatamalang.info

Kusuma Agrowisata Malang merupakan salah satu destinasi wisata Malang yang memadukan wisata petik buah dengan nuansa penginapan di sekitarnya. Wisata petik buah ini berada di bawah naungan PT Kusuma Agrowisata Batu Malang yang didirikan pada tahun 1989. Awalnya Kusuma Agrowisata ini hanyalah kawasan penginapan yang lambat laun berkembang menjadi destinasi wisata yang kini banyak diminati wisatawan. Berdiri di atas tanah seluas 4 hektare dengan berbagai fasilitas yang memuaskan mulai dari fasilitas penginapan hingga fasilitas bermain.

Berbagai olahan makanan dan minuman berbahan dasar apel dan strawberi bisa kita temukan di Apple House dan Strawberry House. Kita bisa menikmati steak daging apel, nasi goreng apel, mie sarang apel, steak ayam apel, apple squash, apple sunrise dan masih banyak lagi. Kemudian untuk varian strawberri kita bisa menkmati pancake strawberry cheese, chicken fruit strawberry, nasi ayam penyet strawberry, udang saus strawberry, jus strawberri mangga dan masih banyak lagi. Selain itu sari apel, jenang apel, wingko apel, selai apel, brem apel juga bisa kita temukan di home industry yang ada di kawasan Kusuma Agrowisata.

Foto: kulinerenak.com

Foto: agrowisata.id

Kusuma Agrowisata Malang

 

4. Bakso Cak Kar Malang

Bakso Cak Kar merupakan kedai bakso yang menyediakan berbagai varian bakso dari yang manis hingga pedas. Selain itu tersedia juga varian bakso raksasa. Keunikan tersebut mampu menarik minat para wisatawan yang berkunjung ke Malang. Kita bisa memesan berbagai varian bakso keju, bakso urat, bakso hati sapi, bakso mata sapi, bakso jamur, bakso otak sapi, bakso ranjau, bakso seafood, bakso mercon, bakso super, bakso super jumbo dan bakso jawara. Tidak hanya bakso, di sini kita juga bisa memesan berbagai topping seperti bakso goreng, tahu, somay, mie, lontong, kikil. limpau, dan juga paru. Makan bakso tidak afdol kalau tidak minum teh, jadi di Bakso Cak Kar kita bisa memesan minuman teh berupa teh botol sosro, fruitea dan tebs.

Foto: makanlagi.com

Foto: medina-andini.blogspot.com

Tempatnya yang nyaman dan pelayanannya yang ramah membuat Bakso Cak Kar semakin digemari wisatawan. Tersedia meja dan kursi makan yang cukup banyak untuk menampung pengunjung. Tempatnya cukup luas dengan parkiran di bagian depan  kedai. Uniknya lagi, di Bakso Cak Kar ini sistemnya prasmanan jadi kita tidak dilayani oleh pelayan seperti pada kedai bakso pada umumnya. Begitu mendapatkan satu porsi bakso, kita tinggal membayar di kasih sesuai yang kita ambil.

Bakso Cak Kar



 

 

5. Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Tumpak Sewu atau Coban Sewu atau Grojogan Sewu merupakan salah satu dari beberapa wisata air terjun yang ada di Jawa Timur, tepatnya berada di Lumajang. Air terjun ini mempunyai banyak pancuran mata air yang  masih menjadi  bagian dari aliran sungai Glidih. Airnya masih sangat jernih dan pemandangan disekitarnya juga sangat indah. Udaranya sejuk karena adanya pepohonan rimbun yang mengelilingi air terjun setinggi 120 meter  tersebut. Setiap mata air mengalirkan air yang kemudian  jatuh pada tebing yang berada dibawahnya.

Foto: amirenesia.id

Foto: amirenesia.id

Surga tersembunyi, begitulah banyak orang yang menyebut Air Terjun Tumpak Sewu ini. Mungkin karena letaknya tersembunyi dan jauh dari pusat kota.

Adapun rute yang dapat kita tempuh untuk sampai di objek wisata ini, kita bisa melalui jalan Kota Malang-Jawa Timur sekitar 3 jam perjalanan untuk sampai di Lumajang dengan rute Bululawang-Dampit-Tirtomoyo-Pronojiwo. Kita tidak perlu khawatir karena disetiap jalan terdapat petunjuk jalan yang akan membantu perjalanan kita. Dari Pronojiwo kita akan melewati Jembatan Gladak Perak. Kemudian kita akan menemukan petunjuk jalan Air Terjun Tumpak Sewu 6 km kea rah kanan. Kita akan melewati Coban Telu, Coban Kapas Biru, Coban Kabut Pelangi dan petunjuk Air Terjun tumpak Sewu 2 km. Sampai disini, ikuti terus petunjuk yang ada sampai menemukan gang masuk Air Terjun Goa Tetes. Tidak jauh dari sini, kita akan sampai di gang masuk Air Terjun Tumpak Sewu. Sampailah kita di kawasan wisata yang kita tuju. Kemudian kita akan memarkirkan kendaraan dan membayar tiket masuk. Setelah itu, kita melanjutkan perjalanan sekitar 150 meter melewati perkebunan warga untuk sampai di Air Terjun tumpak Sewu. Disepanjang jalan tak henti-hentinya kita akan disuguhi pemandangan alam Lumajang yang indah dan menyejukkan.

Air Terjun Tumpak Sewu

 

6. Go Fun Theme Park, Bojonegoro

Bojonegoro merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Bojonegoro mempunyai bnayak destinasi wisata yang menarik pada umumnya. Dan Go Fun Theme Park ini tempat wisata yang berisi dengan berbagai wahana permainan yang seru. Selain itu di GFTP Anda juga dapat menikmati berbagai kedai kuliner yang beraneka ragam.

GFTP ini baru beberapa bulan dibuka namun, telah mampu menarik perhatian banyak pengunjung. Tempatnya yang nyaman juga pelayanannya yang ramah menjadi jurus andalannya dalam mengembangkan Go Fun Theme Park sebagai wahana bermain yang disukai pengunjung.

kereta-koboi-gofun-bojonegoro-728x486

Foto: andimuchtar05.blogspot.com

GFTP berada di depan Terminal Bojonegoro jalan raya Bojonegoro-Surabaya. Lokasi yang sangat strategis untuk ditempuh dari mana saja.

Wahana bermain yang dibangun di atas tanah seluas 5 hektar ini mempunyai keunikan dari setiap wahana.

Harga tiket masuk GFTP sebesar Rp20.000,- pada hari biasa dan Rp25.000,- pada akhir pekan dan hari libur. Harga tiket belum termasuk, tiket wahana. Untuk menikmati wahana permainan Anda harus membayar lagi di loket wahana masing-masing.

tiket go fun

7. Masjid Agung Baitul Hakim (Masjid Kubah Biru) Madiun

Masjid sudah tidak asing lagi di Indonesia. Rumah ibadah bagi umat Islam ini semakin berkembangnya teknologi juga semakin diperbarui dengan bangunan modern yang unik dan menarik. Kini, masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah namun, juga sebagai wisata religi untuk menimba banyak ilmu dan wawasan Islami. Selain itu ciri khas yang menonjol juga mampu menjadi daya tarik pengunjung seperti ciri khas Masjid Kubah Biru atau Masjid Agung Baitul Hakim yang ada di Madiun.

 

Masjid yang dijuluki Masjid Kubah Biru ini mempunyai kubah sebanyak 5 buah. 1 kubah di tengah merupakan kubah terbesar. 3 kubah kecil dengan ukuran yang sama berada di depan kubah besar. Dan 1 kubah di sebelah selatan, agak terpisah jauh dari keempat kubah lainnya. Masing-masing kubah berwarna biru dan memiliki corak yang sama. Sehingga, saat kita memandangnya terlihat sangat serasi.

Memasuki bagian dalam masjid, kita akan dimanjakan oleh guratan tulisan Arab yang maknanya menyentuh kalbu. Banyak tiang penyanggga yang ada di setiap sudut. Bersih dan terawat karena penjagaan yang baik oleh pihak setempat. Suasana hening dan adem akan membuat siapa saja enggan untuk berlalu dari tempat suci ini. Lokasinya strategis, berada di sebelah barat Alun-Alun Madiun yang mudah dijangkau dari arah mana saja.

Masjid Agung Baitul Hakim (Masjid Kubah Biru)

 

Selamat Berwisata…

 






 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat