Home / Indonesia / Air Terjun Banangar-Eksotisme Air Terjun Di Tengah Hutan Rawa Kalimantan

Air Terjun Banangar-Eksotisme Air Terjun Di Tengah Hutan Rawa Kalimantan

Air Terjun Banangar merupakan air terjun yang memiliki keindahan alam sekitar yang indah dan sejuk serta mempunyai fasilitas wisata air yang cukup menantang. Air terjun ini berada di Dusun Perbua Desa Merayuh Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat.




Air terjun ini merupakan sebuah anomali  yang ada di daerah Kabupaten Landak yang memiliki panorama alam unik dan membuat lokasi tersebut menjadi salah satu kawasan wisata yang cocok untuk dikunjungi. Tempat ini dahulu oleh masyarakat setempat dikenal dengan nama Air Terjun Melanggar namun saat ini tempat wisata ini lebih dikenal dengan nama Air Terjun Banangar.

Untuk menuju ke tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 7 hingga 8 jam dari Kota Pontianak atau berjarak sekitar 290 Km dari arah timur laut. Air terjun ini berada di ketinggian 700 meter dari permukaan laut dan memiliki tinggi sekitar 60 meter dengan lebar yang hampir sama yaitu sekitar 55 meter.

Bila kita ingin ke Air Terjun Banangar dari Kota Pontianak kita menuju Desa Serimbu, dari desa ini kita dapat menggunakan 2 alternatif transportasi yang pertama yaitu dengan menggunakan perahu menuju dermaga yang ada di Air Terjun Banangar melalui Sungai Landak, alternatif kedua yaitu dengan menggunakan Ojek Motor menuju ke Kampung Tauk  dari sini kita menggunakan perahu menuju dermaga yang ada sebelum Air Terjun Banangar.

Foto: jdlines.com

Selama dalam perjalanan ke dermaga ini kita akan melihat pemandangan alam sungai yang indah dengan hutan rawa di kanan dan kiri sungai. Di kejauhan kita akan melihat Gunung Bentuang yang menjulang tinggi di sebelah timur Sungai Landak, sesekali kita akan melihat biawak yang muncul dari sela-sela pepohonan yang ada di pinggir sungai. Panorama alam ini membuat kita tidak terasa lama dalam perjalanan menuju dermaga yang memiliki waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari Kampung Tauk  atau 3 jam dari Desa Serimbu.

Dari dermaga kita akan menyusuri jalan dari batu dan akar pepohonan tinggi dan rindang, sekitar 1 jam berjalan kaki kita telah sampai ke Air Terjun Banangar. Air Terjun ini berada di kawasan alam luas dan belum dikelola sepenuhnya oleh pihak Pemerintah Daerah setempat sehingga memasuki tempat ini kita belum dikenai biaya retribusi. Walau tempat wisata ini belum dikelola namun sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, sebagian dari mereka takjub dengan keindahan alam sekitar yang masih kelihatan asri.




Air Terjun Banangar merupakan sebuah hulu dari patahan Sungai Landak, di bawahnya kita dapat melakukan berbagai wisata alam yang menantang seperti Rafting, Arung jeram, berenang dan lainnya, namun peralatannya harus kita bawa dari rumah dikarenakan di tempat ini belum menyediakan penyewaan alat tersebut. Sebagian dari wisatawan ada juga yang menikmati air terjun ini dari atas, biasanya mereka tidak lupa untuk mengabadikan keindahan air terjun yang memiliki arus yang cukup deras ini melalui kamera.

Foto: wisataku.id

Bila kita ingin turun ke dasar air terjun, kita perlu hati-hati dikarenakan kondisi jalan setapaknya sebagian tertutup dengan semak belukar sehingga kita perlu menerabasnya. Namun tidak sedikit pengunjung yang turun ke bawah untuk berenang dan menikmati langsung nikmatnya Air Terjun Banangar yang dasarnya merupakan sebuah kubangan yang cukup luas mirip sebuah kolam. Udara di sekitar tempat wisata ini cukup sejuk, apalagi bila di waktu pagi hari kita akan melihat kabut yang turun dari pegunungan yang ada disekitarnya.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam, di sekitar tempat ini terdapat sebuah perkampungan yang terdapat di pinggiran hulu sungai Landak. Salah satu perkampungan yang dapat kita pilih yaitu Perkampungan Tauk dengan kondisi lingkungan pedesaan dan sebagian rumah yang ada di tempat ini masih berbentuk tradisional Dayak berupa rumah panggung kayu.

Selepas menikmati Air Terjun Banangar kita dapat menikmati tempat wisata yang terdapat di sekitar air terjun yaitu obyek wisata Goa Sanjen yang dapat kita temukan sebelum menuju air terjun.




 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat