Home / Indonesia / Air Terjun Benang Kelambu Lombok NTB-Keindahan Air Terjun Bak Tirai Hijau Raksasa

Air Terjun Benang Kelambu Lombok NTB-Keindahan Air Terjun Bak Tirai Hijau Raksasa

Lombok, siapapun pasti sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata yang sangat mempesona. Keindahan alam, kekayaan laut juga berbagai objek wisata lain yang mampu menarik minat wisatawan untuk menapakkan kaki di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Wisatawan yang berkunjung biasanya tidak akan melewatkan kesempatan menyelam di lautnya yang jernih dan mengunjungi pulau-pulaunya cantik yang belum banyak dijamah wisatawan. Namun, jangan hanya terpaku pada wisata pantai saja, di kaki gunung Lombok juga mempunyai objek wisata air terjun yang tak kalah indahnya. Air terjun tersebut adalah Air Terjun Benang Kelambu.

Air Terjun Benang Kelambu merupakan salah satu air terjun yang berasal dari mata air Danau Segara Anak yang berada di kawasan Gunung Rinjani. Air tersebut mengalir dari balik tebing setinggi 30 meter. Di tebing tersebut dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang menjuntai seperti tirai hijau raksasa sehingga, air terlihat seperti keluar dari tumbuhan yang rimbun. Dinamakan Air Terjun Benang Kelambu karena, pada dasarnya air terjun yang menyembul dari balik tumbuhan tersebut alirannya sangat teratur menyerupai sekumpulan benang yang sekilas terlihat seperti kelambu berwarna putih.

Perlu diketahui, untuk menuju lokasi Air Terjun Benang Kelambu kita harus menempuh perjalanan yang sedikit jauh. Dari Loket pembayaran kita memarkirkan kendaraan terlebih dahulu, kemudian kita akan menyusuri jalan di hutan yang rimbun. Sepanjang perjalanan kita akan dimanjakan oleh panorama alam yang indah. Tampak dari kejauhan terlihat kegagahan Gunung Rinjani. Di sekitarnya terdapat pepohonan hijau dan semak-semak yang semakin mempercantik hutan. Selain itu juga terdapat beberapa air terjun kecil yang tak kalah menarik. Tak terasa perjalanan kita sudah sejauh 500 meter. Sayup-sayup terdengar gemuruh air terjun, namun itu bukan air terjun yang akan kita tuju. Itu merupakan Air Terjun Benang Setokel. Air terjun setinggi 20 meter dengan 2 aliran yang mengalir dari balik tebing. Di bawahnya terdapat kolam penampungan yang cukup besar. Kita bisa mampir sebentar menikmati keindahannya.

Dari Air Terjun Setokel, perjalanan menuju Air Terjun Benang Kelambu masih beberapa meter lagi melewati hutan dengan medan jalan berliku, menanjak dan menurun. Setelah beberapa menit, kita akan sampai pada anak tangga menurun sepanjang 500 meter. Gemuruh air terjun sudah terdengar jelas dan suasana sejuk juga sudah terasa. Sekitar 20 menit, kita sudah selesai menapaki tangga tersebut. Sampailah kita di Air Terjun Benang Kelambu. Hawa sejuk dengan panorama alam yang menawan akan memanjakan kita.

Air terjun yang tepat berada di kaki Gunung Rinjani ini memiliki 3 tingkatan yang berbeda. Tingkatan pertama setinggi 30 meter, tingkatan ke-2 setinggi 10 meter dan tingkatan yang ke-3 setinggi 5 meter. Meski mengalirkan debit air yang sangat banyak namun, air terjun tersebut tidak memiliki kolam penampungan di bawahnya. Air yang jatuh langsung mengalir ke sungai. Karena air mengalir dari mata air pegunungan, tidak heran jika airnya sangat segar, jernih dan menyejukkan. Kita pun bisa bermain air sepuasnya sambil menikmati panorama hijau yang terpampang di depan mata.

Konon, barangsiapa yang mandi atau membasuh muka dengan air tersebut akan awet muda dan bisa menyembuhkan segala penyakit. Hal itu di karenakan air tersebut berasal dari mata air yang dianggap suci yaitu mata air Danau Segara Anak. Tanpa ada embel-embel tersebut, para wisatawan sepertinya jelas akan menggunakan air untuk membasuh muka ataupun mandi lantaran airnya yang bersih dan menyegarkan. Begitu terkena percikannya seolah mengundang kita untuk bermain dengannya. Bukan hanya airnya saja yang segar namun, udaranya juga tak kalah segar. Udara khas pegunungan yang menyejukkan di tambah dengan percikan air yang terbawa angin. Tanpa menceburkan diri sudah terasa segar di badan.

Setelah puas menikmati kesegaran air terjun kita bisa beristirahat sejenak dengan duduk di bebatuan yang ada di dekatnya. Sambil duduk kita bisa menikmati sajian panorama alam yang tak henti-hentinya memanjakan mata. Siapa pun pasti akan betah berlama-lama di kawasan yang menyejukkan ini. Setiap hari objek wisata ini selalu ramai pengunjung. Wisatawan dari berbagai kota selalu menyempatkan untuk mengunjungi air terjun ini. Bahkan wisatawan asing juga banyak yang jatuh hati pada Air Terjun Benang Kelambu.

Karena berada di lokasi yang bisa terbilang tersembunyi. Fasilitas dan akomodasi belum begitu memadai.Di kawasan objek wisata hanya terdapat toilet, mushola, warung kecil, warung makan dan souvenir. Kita bisa membeli makanan ringan dan makanan khas Lombok seperti Sate Bulayak, Ayam Taliwang, Nasi Balap Pucung dan makanan lain di warung-warung yang ada di sepanjang jalan. Jika kita ingin bermalam kita harus mencari hotel penginapan di sekitar Mataran atau di sekitar Senggigi.

Fasilitas dan akomodasi: toilet, mushola, warung makan, warung kecil, souvenir.

 

Tips Saat Berwisata Air Terjun Benang Kelambu:

-Bawa uang tunai yang cukup.

-Bawa bekal makanan bila perlu.

-Bawa bekal minuman yang cukup.

-Bawa pakaian bersih dan perlengkapan mandi.

-Pakai pakaian dan alas kaki yang nyaman.

-Jaga kebersihan.

 

HTM pada 2 Mei 2017:

Rp5.000,-

Parkir Rp5.000,-

 

 

Lokasi: Air Terjun Benang Kelambu

Aik Berik, Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83552, Indonesia

Jam Buka: 07.00-18.00 WIB

Rute:

-Dari Mataram (32 km, 1 jam)>Narmada>Sedau>Pancor Dau>Teratak>Desa Aik Berik.

-Dari Mataram (32 km, 1 jam)>Jl. Aneka Raya>Jl. Udayana>Jl. Adi Sucipto>Jl. Jend. Sudirman>Jl. Ahmad Yani>Jalan Raya Mataram – Labuan Lombok/Jl. Raya Mataram – Sikur>Aik Berik, Batukliang Utara.

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat