Home / Tempat Wisata / AIR TERJUN MORAMO-PESONA AIR TERJUN BERTINGKAT SULAWESI TENGGARA

AIR TERJUN MORAMO-PESONA AIR TERJUN BERTINGKAT SULAWESI TENGGARA

Terjun Moramo adalah obyek wisata alam yang mempunyai keindahan alam beserta air terjun bertingkat sehingga membuat pesona alamnya semakin menakjubkan.
LOKASI AIR TERJUN MORAMO
Tempat wisata ini terletak di daerah kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, tepatnya berada di Desa Sumber Sari Kecamatan Moramo Kabupaten Konewa Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.
air-terjun-moramo-konawe-selatan-wisata-sulawesi
Pada tahun 1980 warga transmigran yang berasal dari daerah Jawa membuka lahan dan berniat untuk menjerat binatang Anoa namun secara tidak sengaja, warga tersebut menemukan sebuah pemandangan alam yang cukup manakjubkan yaitu air terjun yang bertingkat dengan airnya yang jernih, kemudian pada tahun 1989 dibuatlah jalan untuk menuju ke lokasi tersebut dan selanjutnya pada tahun 1990 air terjun tersebut resmi dibuka sebagai obyek wisata yang kemudian dinamakan Air Terjun Moramo.
RUTE PERJALANAN MENUJU AIR TERJUN MORAMO
Untuk menuju ke tempat wisata ini dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan atau berjarak sekitar 75 km dari pusat Kota Kendari. Air terjun Moramo terletak di daerah kawasan hutan yang banyak ditumbuhi pohon-pohon tinggi, luas tempat wisata ini yaitu sekitar 38.937 hektar.
Bila ingin ke tempat wisata ini, kita dapat menggunakan kendaraan yang disewa dengan harga sebesar Rp. 250.000,- sampai dengan Rp. 300.000 dari bandara Wolter Monginsidi ke daerah Desa Sumber Sari sepanjang perjalanan kita akan menemukan pemandangan hamparan sawah di sudut-sudut sawah terkadang kita melihat tugu tempat sesajen orang yang beragama Hindu hal ini menandakan di tempat ini selain transmigran dari Jawa dari Bali pun banyak yang bertransmigran ke tempat ini. Sesampai di pintu gerbang Air Terjun Moramo kita dapat memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang cukup luas, selanjutnya kita berjalan kaki ke Air Terjun Moramo selama 20 menit atau sepanjang 2 km.
air-terjun-moramo-jalan
HARGA TIKET MASUK
Tempat Wisata Air Terjun ini di buka setiap hari dan dikenakan biaya masuk dengan tarif sebesar Rp. 3.000,- per orang dan untuk kendaraan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 1.000,- per kendaraan.
PESONA AIR TERJUN MORAMO
air-terjun-moramo-atas
Air Tejun Moramo merupakan air terjun yang bertingkat dan keindahan alamnya tidak kalah dengan tempat wisata lain. Air terjun bertingkat ini mencapai ketinggian sekitar 100 meter dan mengalir melalui 7 undakan utama dan puluhan undakan kecil yang membentuk sebuah kolam. Tiap susun undakannya memiliki ketinggian 0,5 sampai 3 meter, terkadang pengunjung tergona untuk mandi di air terjun tersebut dikarenakan kondisi airnya yang cukup jernih dan menyejukkan.
Menurut penduduk setempat, bila kita beruntung kita akan menemukan pemandangan pancaran pelangi yang berbenturan dengan buih air terjun yang mengalir. Di air terjun ini memiliki dinding-dinding batu yang tidak licin sehingga kita dapat dengan mudah untuk naik ke undakan yang berada di atas hal ini disebabkan kondisi alamnya yang merupakan daerah batuan kapur. Air terjun ini sendiri berasal dari Sungai Biskori yang berhulu di Pegunungan Tambolosu.
air-terjun-moramo
Selain suasana air terjun, di tempat ini kita juga akan mendengar kicauan burung dan kupu-kupu yang beterbangan serta kita dapat melihat beragam fauna seperti monyet hitam dan anoa.
Bila ke tempat ini sebaiknya kita membawa makanan dari rumah atau membeli di warung yang terdapat di depan gerbang masuk, dikarenakan di lokasi air terjun ini tidak ada warung yang menjajakan makanan.
Bagi pengunjung yang ingin menginap sebaiknya ke hotel, selain mempunyai fasilitas kamar yang baik, juga sebagai sarana informasi atau pemandu ke lokasi Air Terjun Moramo.
Selepas dari tempat wisata ini kita dapat juga mengunjungi obyek wisata alam yang terdapat di Kota Kendari daerah Sulawesi Tenggara yaitu obyek wisata Pantai Mayaria yang hanya berjarak sekitar 10 Km dari arah timur pusat Kota Kendari.
Selamat berwisata…

Support by Auto Travel Software. Adalah Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour&Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Dan juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.