Home / Indonesia / Air Terjun Pancur Aji-Pesona Tersembunyi Di Balik Hutan Kalimantan

Air Terjun Pancur Aji-Pesona Tersembunyi Di Balik Hutan Kalimantan

Kalimantan, mempunyai poensi wisata yang beragam. Daerahnya yang masih luas menjadikan Kalimantan kaya akan pemandangan alam yang masih indah dan alami. Tidak hanya itu saja, Kalimantan juga masih mempunyai suku yang masih lestari. Adapun beberapa suku yang masih menetap di pedalaman Kalimantan adalah suku Dayak, suku Banjar, suku Punan, suku Paser, suku Kutai dan masih banyak lagi. Mereka hidup rukun dan damai meski tertinggal jauh dengan teknologi. Jika berwisata ke Kalimantan mengunjungi suku tertentu, Anda pun juga bisa singgah di Air Terjun Pancur Aji.




Air Terjun Pancur Aji merupakan obyek wisata alam yang cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Lokasi obyek wisata ini berada di Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat. Air Terjun Pancur Aji menyajikan pemandangan alam yang menyegarkan di tengah hutan yang asri.

Asal-Usul Air Terjun Pancur Aji

Air Terjun Pancur Aji memiliki nilai historis yang cukup tinggi. Menurut cerita penduduk lokasi ini dahulu merupakan tempat persembunyian Raja Malaka dari kejaran musuh. Di kawasan wisata ini masih terdapat bukti sejarah tersebut. Melihat nilai historis serta panorama alam di tempat ini. Pemerintah Daerah setempat kemudian mulai mengelola kawasan Pancur Aji sebagai tempat wisata alam. Yang kemudian menjadi salah satu pendapatan daerah. Ke depan di areal yang luas ini Pemerintah Daerah Kabupaten merencanakan akan membuat tempat wisata yang cukup lengkap. Sehingga para wisatawan makin banyak berkunjung ke tempat ini.

Untuk dapat ke tempat ini kita membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari sebelah barat kota Sanggau atau berjarak sekitar 6 Km. Dari jalan raya menuju kota Pontianak juga cukup dekat yaitu hanya berjarak sekitar 3 Km. Secara keseluruhan kawasan pancur aji ini cukup luas yaitu sekitar 1.150 Hektar diantaranya termasuk kawasan hutan, sungai, dan air terjun.



Bila kita menggunakan kendaraan pribadi menuju tempat ini haruslah berhati-hati dikarenakan jalan ke tempat ini berliku dan berbukit. Dari Kota Sanggau kita cukup mengikuti petunjuk jalan yang terpasang di sisi jalan. Memasuki tempat wisata alam ini kita diharuskan membeli tiket masuk seharga Rp6.000,- per orang. Dari tempat parkir selanjutnya kita berjalan kaki menuju air terjun dengan waktu sekitar 5 menit perjalanan.

Pesona Air Terjun Pancur Aji

Air Terjun Pancur Aji memiliki tiga tingkat air terjun yang berasal dari sungai-sungai disekitarnya, setiap tingkat memiliki arus yang cukup deras dengan ketinggian sekitar 4 sampai 5 meter. Di tempat wisata ini kita akan merasakan sensasi yang luar biasa dengan dinginnya air terjun serta suara gemericik air dari atas ditambah dengan sejuknya udara yang berasal dari pepohonan yang tinggi dan rindang.

Di sini kita juga dapat melihat kawasan hutan lindung yang didalamnya hidup berbagai flora dan fauna seperti taman anggrek, kayu tengkawang yang merupakan bahan dasar kosmetik, orang utan, kijang, berbagai jenis burung yang merupakan khas Kalimantan serta masih banyak lagi lainnya.

Bagi pengunjung yang ingin melakukan wisata yang menantang seperti arung jeram, kita dapat melakukannya di tempat ini yaitu di bawah air terjun yang mengalir deras menuju beberapa sungai seperti sungai Merobu, Engkuli, Bayu, Kenian, Setapang, Mongan dan Sungai Mawang.

Bagi pengunjung yang ingin membeli makanan dan oleh-oleh ditempat ini terdapat warung makan serta kios yang menjual berbagai cinderamata khas Kota Sanggau seperti kalung manik-manik,  gantungan kunci serta tas anyaman dari rotan dan bambu dan lain-lain sedangkan makanannya kita dapat membeli lempok durian, lemang, dodol. Di sini juga terdapat kebun buah, kita bisa memetik sendiri buah tersebut dan membelinya untuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Bila telah puas menikmati alam wisata yang ada di Air Terjun Pancur Aji kita dapat melanjutkan wisata ke obyek wisata museum yang juga berada di lokasi ini yaitu Benteng Buang Malaka di sini kita akan melihat sebuah meriam yang konon kabarnya akan berbunyi jika ada bencana alam.

 

 

Alamat:

Air Terjun Pancur Aji

Jl. Jenderal Sudirman, Beringin, Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 78516 Indonesia

 

 






 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat