Home / Indonesia / Air Terjun Riam Merasap-Niagara Mini Di Tengah Hutan Tropis Kalimantan

Air Terjun Riam Merasap-Niagara Mini Di Tengah Hutan Tropis Kalimantan

Air Terjun Riam Merasap merupakan sebuah obyek wisata alam yang memiliki arus air yang cukup deras dengan keindahan alam sekitar cukup indah. Tempat wisata ini terletak di Dusun Dawar/Segonde, Desa Pisak Kecamatan Tujuh Belas/Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat.

Air Terjun ini belum sepenuhnya dikelola oleh Pemerintah Daerah setempat, sehingga kondisi alamnya masih alami. Namun walau demikian tempatnya sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin mengetahui lebih dekat suasana di Air Terjun Merasap ini. Air Terjun ini mempunyai aliran yang deras dan dari aliran tersebut menimbulkan kabut dingin dari percikan air yang jatuh, hal inilah yang membuat para penduduk setempat menamakan tempat ini menjadi Air Terjun Merasap.

Untuk menuju ke tempat wisata ini dibutuhkan waktu sekitar 8 jam dari Kota Pontianak yang berjarak sekitar 300 Km, sedangkan dari Kota Bengkayang sendiri berjarak sekitar 65 Km. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan lebar 8 meter.

Bila kita menggunakan kendaraan pribadi ke tempat wisata ini, kita dapat menempuh perjalanan dari arah Kota Pontianak  melalui rute Pontianak – Pinyu – Mempawah –  Singkawang – Samalatan – Bengkayang lalu ke Sanggau Ledo. Dari tempat parkir  untuk menuju pusat Air Terjun Riam Merasap kita lanjutkan dengan berjalan kaki yang berjarak sekitar 1 Km. Dikarenakan tempat wisata ini belum dikelola oleh Pemerintah Daerah maka untuk masuk ke Air Terjun Riam Merasap kita tidak perlu membayar retribusi.




Air Terjun Riam Merasap memiliki lingkungan yang masih alami dan memiliki air terjun yang jernih dengan panorama keindahan alam ekosistem hutan hujan tropis dan ditumbuhi habitat pohon yang masih alami.

Foto: husnuadibprayogi.blogspot.com

Oleh para pengunjung air terjun ini sering juga dinamakan sebagai miniatur dari air terjun Niagara yang ada di Negara Amerika Serikat, hal ini dikarenakan lebar air terjunnya yang cukup panjang bila dibandingkan dengan air terjun yang ada di Indonesia. Bila kita ingin merasakan air terjunnya sebaiknya kita berhati-hati dikarenakan kondisi jalannya yang cukup licin dan belum ada tangga untuk turun. Di bawah air terjun tersebut banyak kita jumpai pengunjung yang sedang bermain air, mandi atau rafting.

Foto: jejakrocky.wordpress.com

Bila kita lihat, lokasi dari air terjun ini sebenarnya cukup dekat dengan perbatasan Negara Malaysia yaitu berjarak sekitar 10 Km. Untuk itu di tempat ini kita dapat melihat cukup banyak pengunjung yang berasal dari negeri jiran tersebut.

Air terjun ini juga dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik oleh Pemerintah Daerah setempat dengan dibangunnya sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air yang memanfaatkan air terjun yang ada di tempat ini.




Bila kita ingin ke tempat ini sebaiknya di bulan Mei dan Oktober, pada bulan ini kita akan melihat banyak pengunjung yang datang ke tempat ini. Hal ini dikarenakan para pengunjung tersebut ingin berziarah ke Goa Maria yang berada di Hulu Air Terjun ini. Goa Maria ini merupakan tempat ziarah bagi umat katolik yang pada bulan tersebut merupakan penutupan bulan Maria bagi pemeluknya.

Selepas dari Air Terjun Riam Merasap kita juga dapat berwisata di obyek wisata alam yang terdapat tidak jauh dari tempat ini yaitu Riam Naik Kubik yang masih satu kawasan dengan Riam Merasap.

Foto: singkawang99.blogspot.com

 

Lokasi: Air Terjun Riam Merasap

Desa Batang Air, Sahan, Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat 79285, Indonesia




 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat