Home / Indonesia / Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang-Keindahan Air Terjun Niagara Mini Versi Indonesia

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang-Keindahan Air Terjun Niagara Mini Versi Indonesia

Tumpak Sewu atau Coban Sewu atau Grojogan Sewu merupakan salah satu dari beberapa wisata air terjun yang ada di Jawa Timur, tepatnya berada di Lumajang. Air terjun ini mempunyai banyak pancuran mata air yang  masih menjadi  bagian dari aliran sungai Glidih. Airnya masih sangat jernih dan pemandangan disekitarnya juga sangat indah. Udaranya sejuk karena adanya pepohonan rimbun yang mengelilingi air terjun setinggi 120 meter  tersebut. Setiap mata air mengalirkan air yang kemudian  jatuh pada tebing yang berada dibawahnya.

Foto: amirenesia.id

Foto: amirenesia.id

Surga tersembunyi, begitulah banyak orang yang menyebut Air Terjun Tumpak Sewu ini. Mungkin karena letaknya tersembunyi dan jauh dari pusat kota.

Jika kita ingin melihat Air Terjun Tumpak Sewu dari dekat maka kita harus berjalan menuruni tangga yang berada di tebing dengan ketinggian 120 meter, kita akan menemukan pos dan membayar retribusi sebesar Rp5.000,- per orang. Memang perjalanan akan sangat melelahkan namun, semua akan hilang seketika setelah kita sampai dan dapat melihat langsung panorama yang indah dari air terjun yang menjadi destinasi favorit para wisatawan dari berbagai penjuru kota bahkan Negara. Bagi yang suka fotografi, tentunya tempat ini sangat cocok karena banyak spot foto alam yang sangat sayang untuk dilewatkan moment nya.

Foto: fanyrachmawati.wordpress.com

Foto: fanyrachmawati.wordpress.com

Air terjun ini merupakan penemuan para pemuda disekitar yang ingin memajukan wilayahnya melalui wisata. Benar saja, dalam sekejap Air Terjun Tumpak Sewu menjadi viral dan ramai pengunjung. Biaya retribusi mereka gunakan untuk pengelolaan objek wisata sekaligus biaya kompensasi bagi warga yang kebunnya dijadikan jalan menuju air terjun. Tidak heran jika, objek wisata ini mampu meraup ratusan juta rupiah setiap bulannya.



Adapun rute yang dapat kita tempuh untuk sampai di objek wisata ini, kita bisa melalui jalan Kota Malang-Jawa Timur sekitar 3 jam perjalanan untuk sampai di Lumajang dengan rute Bululawang-Dampit-Tirtomoyo-Pronojiwo. Kita tidak perlu khawatir karena disetiap jalan terdapat petunjuk jalan yang akan membantu perjalanan kita. Dari Pronojiwo kita akan melewati Jembatan Gladak Perak. Kemudian kita akan menemukan petunjuk jalan Air Terjun Tumpak Sewu 6 km kea rah kanan. Kita akan melewati Coban Telu, Coban Kapas Biru, Coban Kabut Pelangi dan petunjuk Air Terjun tumpak Sewu 2 km. Sampai disini, ikuti terus petunjuk yang ada sampai menemukan gang masuk Air Terjun Goa Tetes. Tidak jauh dari sini, kita akan sampai di gang masuk Air Terjun Tumpak Sewu. Sampailah kita di kawasan wisata yang kita tuju. Kemudian kita akan memarkirkan kendaraan dan membayar tiket masuk. Setelah itu, kita melanjutkan perjalanan sekitar 150 meter melewati perkebunan warga untuk sampai di Air Terjun tumpak Sewu. Disepanjang jalan tak henti-hentinya kita akan disuguhi pemandangan alam Lumajang yang indah dan menyejukkan.

 




Untuk fasilitas sudah sangat memadai seperti toilet, musholla, area parkir. Dan jika kita ingin menginap disini banyak homestay yang disewakan dengan harga mulai dari Rp30.000,- per malam. Atau kita juga bisa mendirikan tenda di kawasan air terjun dengan membayar Rp30.000,- per tenda. Untuk kuliner kita bisa menikmati beraneka macam kuliner yang berada di kawasan objek wisata dengan harga mulai dari Rp15.000,-. Selain itu kita juga bisa menyewa jasa guide untuk membantu perjalanan kita di Tumpak Sewu dan wisata sekitar lainnya dengan tarif seiklasnya.

Alamat Air Terjun Tumpak Sewu:

Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur

HTM: Rp5.000,- per orang

Biaya Parkir: mobil Rp10.000,- dan sepeda motor Rp5.000,-

 

Selamat Berwisata…

 




 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat