Home / Tempat Wisata / BELANJA BATIK KHAS KALIMANTAN BARAT
Foto: adat-ku.blogspot.com

BELANJA BATIK KHAS KALIMANTAN BARAT

Batik, mungkin setiap daerah di Indonesia mempunyai kerajinan batik. Akan tetapi, dari setiap daerah ciri khas batik berbeda-beda seperti batik asal Kalimantan Barat ini. Banyak corak yang menarik dan pastinya cocok untuk kita miliki. Harganya pun beragam, berkisar 100rb sampai 1 juta lebih, tergantung kualitas tulis atau printing.

Foto: adat-ku.blogspot.com

Foto: adat-ku.blogspot.com

Batik Kalimantan Barat terpengaruh oleh beberapa etnis, termasuk Melayu. Corak Melayu dikenal dengan kesan yang meriah dengan bentuk yang beragam. Selain itu, kita juga sering menemukan pola bunga hingga arwana. Untuk memeriahkan motifnya, sebagian batik khas Melayu pewarnaanya lebih cerah. Setidaknya ada 56 motif batik Kalimantan Barat dan ada beberapa pola yang dipakai, sebagai berikut.

-Insang

Foto: specialpengetahuan.blogspot.com

Foto: specialpengetahuan.blogspot.com

Corak atau motif ini akan paling sering dijumpai di Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat. Kain dengan motif Insang umumnya dipakai untuk kelengkapan pakaian adat di sana. Salah satunya adalah dalam acara pernikahan. Corak ini juga mempunyai beragam jenis yang unik seperti Insang Berantai, Insang Delima, Insang Berombak, dan Insang Awan.

-Awan Berarak

Sesuai dengan namanya, kita akan menemukan bentuk awan dalam motif batik ini. Kain dengan corak berawan juga dipakai oleh kaum kerabat dari pihak Amantubillah Mempawah dan sering ditemui pada hajatan besar di kerajaan. Lantas, kita juga bisa menemukan corak batik kalbar lain yang terinspirasi dari rumah adat Kalimantan Barat seperti Kembang Sesaki, Mahkota, dan Cengkrama.

-Dayak

Foto: falentinaferluci.blogspot.com

Foto: falentinaferluci.blogspot.com

Dayak merupakan salah satu suku paling terkenal di Indonesia yang tinggal di Kalimantan. Lantas budaya dari suku tersebut pun mempengaruhi corak dalam batik khas Kalimantan Barat. Namun, kita harus minta izin dahulu pada kepala adat atau suku setempat. Setidaknya ada tiga hal yang mempengaruhi corak Dayak, yaitu alam, religius, dan hal-hal yang hanya bisa ditemukan pada suku itu.

-Tidayu

tidayu

Corak ini terilhami dari tiga budaya sekaligus, yakni Dayak, Melayu, dan Tionghoa. Sehingga motifnya akan sangat unik dan menarik saat dilihat. Beberapa bahan bahkan menggunakan warna hitam dengan bubuhan tinta emas untuk corak batiknya. Maka tak heran kalau pola Tidayu sangat diminati meski harganya tergolong mahal.