Home / Indonesia / BENTENG PORTUGIS JEPARA-Menyusuri Jejak Peninggalan VOC Pada Masa Penjajahan

BENTENG PORTUGIS JEPARA-Menyusuri Jejak Peninggalan VOC Pada Masa Penjajahan

Di daerah Kota Jepara terdapat sebuah obyek wisata yang sering di kunjungi para wisatawan datang ke kota ukir. Obyek wisata tersebut adalah Museum Benteng Portugis yang merupakan bangunan benteng peninggalan pada jaman Bangsa Portugis masuk ke Indonesia. Museum ini terletak di Desa Banyumanis Kecamatan Keling Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah.




Pada tahun 1619 Kota Jayakarta atau Sunda Kelapa atau Batavia dimasuki oleh VOC Belanda yang kemudian menundukkan Kota Jayakarta, hal ini juga menandakan tumbuhnya penjajahan Belanda di Negara Indonesia. Melilhat hal ini Sultan Raja Mataram merasakan bahwa kedatangan VOC Belanda ini dapat membahayakan dan mengancam keutuhan wilayahnya, untuk itu Sultan Agung Raja Mataram kemudian mempersiapkan angkatan perangnya guna mengusir penjajahan Belanda yang sudah mulai menyebar ke daerah-daerah lain.

Foto: lihat.co.id

Hasrat Sultan Agung Raja Mataram untuk mengusir penjajahan Belanda dilakukan selama periode tahun 1628 sampai dengan tahun 1629 dan mengakibatkan kekalahan di pihak Mataram. Kekalahan ini membuat Sultan Agung berpikir kembali untuk mengalahkan penjajah Belanda, dari evaluasi tersebut Sultan Agung merasa bahwa Belanda hanya dapat dikalahkan melalui melalui jalur darat dan udara secara bersamaan. Dengan demikian Sultan Agung meminta bantuan Bangsa Portugis yang juga sedang berseteru dengan VOC Belanda. Pusat Militer Bangsa Portugis terdapat di Benteng Portugis ini.




Untuk menuju lokasi wisata ini diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan atau sekitar 45 Km dari sebelah utara Kota Jepara.

Bila kita ingin ke Museum Benteng Portugis ini, dari Terminal Kota Jepara kita naik Bus jurusan Kelet kemudian turun di Terminal Sambung Oyot, selanjutnya kita naik angkutan umum menuju Benteng Portugis atau kita juga dapat naik ojek.

Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai dari jam 08.00 Wib sampai dengan 17.00 Wib dan untuk tiket masuk ke tempat wisata ini bila hari Senin sampai dengan Jum’at dikenakan biaya masuk yaitu Rp3.000,- untuk anak-anak, Rp. 2.000,- untuk dewasa sedangkan untuk hari sabtu, minggu dan hari libur dikenakan biaya Rp. 10.000,- untuk anak-anak dan Rp. 7.000,- untuk Dewasa. Biaya tiket sudah termasuk biaya parkir kendaraan sehingga, hal tersebut sangat memudahkan para wisatawan untuk memasuki kawasan Benteng Portugis.

Foto: triptrus.com

Memasuki gerbang Museum Benteng Portugis kita akan melihat hamparan rumput yang cukup luas diselingi beberapa pohon kelapa dan pohon rindang lainnya. Di sini terdapat juga taman bermain untuk anak-anak, areal parkir yang luas serta beberapa kios yang menjual berbagai souvenir untuk oleh-oleh.

Benteng ini terdapat di atas sebuah bukit batu di pinggir laut, sehingga di tempat ini kita dapat dengan leluasa melihat pemandangan alam sekitar yang indah dan dari kejauhan kita juga akan dapat melihat Pulau Mondolik di seberang laut.

Pada sisi sebelah barat terdapat 2 buah bangunan yang merupakan tempat mengintai musuh dan pintu terowongan ke atas menuju meriam utama yang terdapat di dalam benteng. Melihat posisi Benteng kita dapat membayangkan pada waktu jaman penjajahan dulu begitu kokohnya pertahanan benteng ini dikarenakan pemantauannya yang cukup luas dan mengarah ke arah Selat yang ada di depan benteng, dengan meriam-meriam yang sudah siap ditembakkan.

Foto: jejaksandal.com

Pada jalan-jalan di sekitar benteng oleh pengelola sudah ditata rapi dengan menggunakan paving blok, sehingga pengunjung yang datang ke tempat ini dapat merasa nyaman, selain itu disekitarnya pun tumbuh-tumbuh pohon-pohon rindang dan membuat kita tidak terlalu kepanasan bila di siang hari.

Foto: yogyakarta.panduanwisata.id

Selepas dari Museum ini kita dapat menuju obyek wisata lain yang terdapat di daerah Jepara yaitu Museum Benteng VOC.

 

Lokasi: Benteng Portugis Jepara

Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

 

Selamat Berwisata…




 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat