Home / Indonesia / Bukit Jaddih Madura-Luka Alam Yang Berubah Menjadi Spot Wisata Fotogenik

Bukit Jaddih Madura-Luka Alam Yang Berubah Menjadi Spot Wisata Fotogenik

Wisata Alam Batu Kapur kini menjadi salah satu wisata yang tengah populer. Guratan bekas pertambangan meninggalkan corak motif yang indah. Hal tersebut kemudian menjadi spot foto yang menarik. Tanpa mereka sadari, luka alam yang menyakitkan kini semua berubah menjadi wisata indah yang banyak diburu pecinta foto-foto unik.

Foto: berangan.com

Foto: berangan.com



Di Indonesia sendiri sudah banyak bekas pertambangan batu kapur yang kemudian menjadi tempat wisata yang banyak diminati pengunjung seperti Tebing Breksi di Jogja, Bukit Jaddih di Madura, Danau Kaolin di Belitung, Brown Canyon di Semarang, Arosbaya di Bangkalan dan masih banyak bekas tambang kapur lainnya yang masing-masing menpunyai keunikan tersendiri.

Foto: gilangramadani.wordpress.com

Foto: gilangramadani.wordpress.com

Bukit Jaddih merupakan salah satu objek wisata bekas pertambangan kapur yang berada di Madura Jawa Timur. Sekitar 28 km dari pusat kota Surabaya dan bisa ditempuh dengan perjalanan selama 1,5 jam. Bukit Jaddih tepat berada di kawsan pertambangan batu kapur di bukit Madura, sekitar 10 km dari pusat Kota Bangkalan. Meski sudah menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan namun, di kawasan Bukit Jaddih masih terdapat aktifitas penambangan batu kapur. Sehingga, disini akan banyak kita temui para penambang batu kapur.

Foto: liburmulu.com

Foto: liburmulu.com

Bukan hanya batu kapurnya saja yang indah namun, panorama alam disekitar Bukit Jaddih juga tak kalah indahnya. Batu kapur dengan perbukitan yang membentang luas penuh dengan pepohonan semakin menjadikan Bukit Jaddih menjadi semakin fotogenik. Tak heran jika banyak wisatawan yang memanfaatkan moment ini untuk dijadikan foto pribadi maupun foto prawedding.

Foto: deviantart.com

Foto: deviantart.com

Selain itu di Bukit Jaddih ini kita juga bisa menikmatinya sambil bersepeda maupun berenang. Ada kolam renang di tengah bukit batu kapur tersebut. Suasananya tenang, tempatnya nyaman dan meski ramai pengunjung kita masih bisa mengambil foto karena di Bukit Jadih ini punya banyak spot foto yang banyak. Puncak keramaian pengunjung terjadi pada saat akhir pekan maupun hari libur namun, setiap harinya juga tidak pernah sepi pengunjung. Terlebih pada saat sore hari, banyak pengunjung yang memanfaatkan Bukit Jadih untuk menikmati keindahan sunset. Tenggelamnya matahari ke peraduan memancarkan sinar diantara batu kapur akan menimbulkan panorama yang indah menakjubkan.




Foto: liburmulu.com

Foto: liburmulu.com

Untuk sampai di objek wisata ini kita harus melalui pedesaan dan area tambang batu kapur terlebih dahulu. Setelah keluar dari jalan raya kita akan melalui jalan yang sedikit terjang namun, masih bisa dilewati kendaraan khususnya motor dan mobil.

Foto: jijihans.com

Foto: jijihans.com

 



 

Tips saat berwisata:

-Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup.

-Patuhi peraturan yang berlaku.

-Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

-Tidak merusak atau mencoret-coret batu yang ada.

-Jika datang siang hari, sebaiknya membawa masker dan kecamata karena saat aktifitas penambangan berjalan akan banyak debu yang beterbangan.

 

 

Rute: Dari Surabaya-Jembatan Suramadu-Jalan Raya Labang-Jalan Raya Jaddih-Bukit Jaddih

HTM: Rp2.000,-

Parkir: motor Rp3.000,- dan mobil Rp10.000,-

Lokasi: Bukit Jaddih

Desa Jaddih, Kecamatan Bangkalan, Madura, Jawa Timur

 

 

Selamat Mencoba…

 







 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat