Home / Tempat Wisata / CANDI SUROWONO

CANDI SUROWONO

Candi Surowono merupakan sebuah candi Hindu dari jaman Kerajaan Majapahit, berukuran kecil namun terpahat relief yang cantik, yang berada di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur.  Diperkirakan oleh para ahli arkeolog bahwa candi tersebut merupakan  peninggalan Pendharmaan Bhre Wengker dari masa Kerajaan Majapahit, seperti yang tersirat dalam kitab Negarakertagama bahwa Pendharmaan Bhre Wengker telah meninggal pada sekitar tahun 1388 M dan di makamkan di Curabhana. Saat itu, Pendharmaan merupakan seorang raja. Setelah 12 tahun meninggal serta telah dilakukan upacara Srada dibangunlah sebuah candi untuk memberikan penghormatan untuk Raja Pendharmaan.

Foto: thearoengbinangproject.com

Foto: thearoengbinangproject.com

Di dalam kitab Nagarakretagama juga disebutkan bahwa Candi Surowono berada di Visnubuvanapura, sebuah tempat pemujaan bagi Dewa Wisnu, yang berada di bawah kekuasaan Majapahit. Candi Surowono, yang nama aslinya adalah Wishnubhawanapura

Foto: ukartquilts.blogspot.co.id

Foto: ukartquilts.blogspot.co.id

Candi Surowono berbentuk bujur sangkar yang menghadap ke arah barat, Candi Surowono mempunyai ukuran 7.8 M x 7.8 M serta mempunyai tinggi  sekitar 4.72 M, pada bagian pondasi terbuat dari batu bata sedalam 30 Cm dari permukaan tanah. Dan di setiap dindingnya terpahat relief yang menggambarkan kisah Kerajaan Majapahit.

Foto: thearoengbinangproject.com

Foto: thearoengbinangproject.com

Candi Surowono berjarak kurang lebih 28 KM dari Kota Kediri, tiap hari di lokasi Candi Surowono selalu di jaga oleh 3 orang juru kunci yang mempunyai rumah di sekitar candi tersebut , merekalah yang selalu merawat kenyamanan dan keamanan Candi Surowono.

RUTE CANDI SUROWONO
Bila Anda dari Kota Pare maupun Kediri, Anda bisa langsung menuju ke lokasi  Candi Surowono, yang letaknya tidak terlalu jauh, dari alun alun Kota Pare Anda bisa langsung menuju ke RS HVA Toeloengredjo di sebelah Rumah sakit ada perempatan besar, Anda belok kanan dan langsung menuju Dusun Surowono. Candi Surowono mudah di jumpai karena berada di pinggir jalan dusun tersebut, serta jalannya yang mudah di akses dari manapun.

TIKET MASUK CANDI SUROWONO
Untuk memasuki area Candi Surowono Anda tidak di pungut biaya, kecuali sumbangan sukarela. Dan nantinya Anda juga akan disuruh mengisi buku tamu oleh juru kunci Candi Surowono.

ALAMAT CANDI SUROWONO
Dusun Surowono, Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur.

Foto: thearoengbinangproject.com

Foto: thearoengbinangproject.com

Foto: thearoengbinangproject.com

Foto: thearoengbinangproject.com

 

Support by Auto Travel Software. Adalah Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour&Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Dan juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan Mudah, Otomatis dan Akurat.