Home / Indonesia / Coban Rondo Malang-Eksotisme Air Terjun Di Tengah Hutan

Coban Rondo Malang-Eksotisme Air Terjun Di Tengah Hutan

COBAN RONDO merupakan salah satu air terjun yang berada di Malang, Jawa Timur. Medan untuk menempuhnya terbilang mudah dibandingkan dengan Coban Talun yang harus menembus hutan terlebih dahulu. Coban Rondo berada pada ketinggian sekitar 1135 mdpl. Jarak dari Malang sekitar 20 km atau sekitar 1 jam perjalanan. Dan jarak dari Kecamatan Batu sekitar 10 km atau sekitar 1,5 jam perjalanan.

Foto: dailyvoyagers.com

Foto: dailyvoyagers.com

Tersebutlah Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro yang jatuh cinta. Keduanya memutuskan untuk mengikat janji dalam pernikahan. Baru beberapa hari menjadi suami-istri, Dewi Anjarwati mengajak suaminya untuk bertandang ke rumah orang tua mereka yang ada di Gunung Anjasmoro. Niat ini ditentang oleh orangtua Dewi Anjarwati. Menurut tradisi Jawa kuno, pasangan pengantin baru dilarang bepergian sebelum usia pernikahan mencapai selapan. Hal ini diyakini bisa mendatangkan kesialan bagi pasangan tersebut. Tetapi keduanya tetap bersikeras untuk pergi. Di tengah perjalanan, Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo bertemu dengan Joko Lelono. Rupanya orang asing itu terpikat kecantikan Dewi Anjarwati pada pandangan pertama. Joko Lelono pun menantang Raden Baron Kusumo berduel untuk memperebutkan Dewi Anjarwati. Sang istri diminta untuk menyembunyikan diri di balik air terjun sembari menunggu suaminya datang menjemput. Tak disangka, Raden Baron Kusumo dan dan Joko Lelono sama-sama tewas dalam pertarungan. Janji Raden Baron Kusumo untuk menjemput istrinya tak bisa dipenuhi. Tinggallah Dewi Anjarwati yang menjanda meratapi nasibnya di balik air terjun. Hal tersebut yang kemudian menjadi nama dari air terjun tersebut, Coban Rondo. Coban berarti air terjun dan Rondo berarti janda.

Foto: catatanhariankeong.com

Foto: catatanhariankeong.com

Objek wisata air terjun setinggi 84 meter ini konon sudah ada sejak tahun 1980. Udaranya yang sejuk serta panorama alamnya yang menawan membuat objek wisata ini diminati wisatawan dari masa ke masa. Air terjun tersebut bersumber dari mata air Cemoro Mudo lereng Gunung Kawi sehingga airnya jernih dan segar.

Coban Rondo 1

Selain menikmati wisata alam, disini kita juga bisa menikmati berbagai wahana air dan wahana permainan dari yang menyenangkan sampai yang menegangkan. ada fun tubing (berenang mengelilingi sungai dengan ban dan baju pelampung), point ball (tembak-tembakan dengan senapan mainan dan peluru karet), berkuda, bersepeda, outbound, kereta kelinci, labirin, melihat satwa dan petik apel.

Tempat-Wisata-Kebun-Apel-Batu1

Fun Tubing Coban Rondo

coban rondo malang-8

 

Jarak dari loket tiket ke lokasi Air Terjun Coban Rondo adalah 2 km. Setelah sampai di lokasi objek wisata, kita harus berjalan kaki sejauh 50 meter untuk menuju air terjun. Di Coban Rondo kita juga bisa menginap di villa dan penginapan dengan harga dan fasilitas yang beragam atau bisa juga berkemah di camping ground. Di kawasan objek wisata ini juga sudah terdapat banyak warung makan serta toko oleh-oleh dan souvenir.

parkir crondo

Fasilitas: area parkir, gazebo, warung makan, oleh-oleh dan souvenir

Foto: dailyvoyagers.com

Foto: dailyvoyagers.com

Rute:

-Kendaraan umum, dari Terminal Arjosari Malang naik Bus jurusan Landungsari. Setelah tiba di Landungsari lanjut lagi naik bus jurusan Pujon (Arah ke Kediri). Sesampainya di daerah Pujon, turun tepat di Patung Sapi. Dan dari Patung Sapi naik ojek ke lokasi Air Terjun Coban Rondo.

Kendaraan pribadi, dari arah Batu langsung menuju Pujon. Ketika sampai di puncak perbukitan terdapat papan petunjuk yang menunjukkan arah wisata Air Terjun Coban Rondo. Setelah itu tinggal mengikuti petunjuk yang ada.

patung sapi coban rondo

 

HTM:

Wisatawan Lokal: Rp8.000,-

Wisatawan Asing: Rp10.000,-

Kendaraan Roda 2: Rp2.000,-

Kendaraan Roda 4: Rp4.000,-

Kendaraan Roda 6: Rp6.000,-

Parkir Roda 2: Rp2.000,-

Parkir Roda 4: Rp4.000,-

Parkir Roda 6: Rp6.000,-

TiketMasukCobanRondo

Fun Tubing: Rp35.000,- per orang

Point Ball: Rp450.000,- per 6 0rang (150 peluru)

 

Lokasi:

Jl. Coban Rondo, Desa Pandesari, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur 65391, Indonesia

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat