Home / Indonesia / Danau Linow Tomohon-Danau Cantik Yang Airnya Bisa Berubah Warna Setiap Saat

Danau Linow Tomohon-Danau Cantik Yang Airnya Bisa Berubah Warna Setiap Saat

Danau Linow adalah salah satu obyek wisata danau yang cukup unik dari sekian banyak tempat wisata di daerah Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya obyek wisata ini berada di Desa Lahendong Kabupaten Tomohon Kota Minahasa. Dahulu danau ini tidaklah terlalu dikenal oleh para wisatawan yang berkunjung ke Manado, namun semenjak danau ini dikelola dengan baik, apalagi saat ini telah diambil alih oleh pihak swasta sejak tahun 2006, obyek wisata Danau Linow makin dikenal banyak oleh para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Untuk menuju ke lokasi ini diperlukan waktu sekitar 50 menit perjalanan dari kota Manado ke Kota Tomohon dengan jarak tempuh sekitar 38 Km, selanjutnya dari Tomohon kita dapat melanjutkan perjalanan ke Danau Linow dengan jarak tempuh sekitar 700 meter. Bila kita lihat tempat wisata ini cakupan wilayahnya cukup luas yaitu sekitar 34 hektar.

Untuk mencapai lokasi ini kita dapat menggunakan kendaraan pribadi atau taksi dari Kota Manado, di samping itu bila kita menaiki kendaraan umum dari kota Manado kita menuju terminal Tomohon untuk selanjutnya mengganti angkutan yang menuju Danau Linow kemudian setelah turun dari angkot kita harus berjalan kaki kembali sekitar 500 meter ke tempat tujuan dengan kondisi jalan yang menanjak.




Memasuki obyek wisata Danau Linow kita harus membeli tiket masuk seharga Rp. 25.000,-, tiket ini sudah termasuk dengan minuman secangkir teh atau kopi dan kue kecil seperti kue kelapa. Tempat ini di buka dari jam 08.00 sampai dengan 18.00 selama setiap hari senin sampai hari minggu.

Foto: cnnindonesia.com

Melihat Danau Linow lebih dekat membuat kita begitu takjub akan pemandangan alamnya yang begitu indah serta warna-warni danaunya yang sering berganti-ganti. Kadar belerang yang terdapat di tempat ini cukup tinggi, hal ini dapat kita rasakan selama kita berada di kawasan ini dengan adanya bau belerang. Namun tidak usah takut, menurut penduduk setempat bau belerang yang timbul dapat menyembuhkan penyakit. Karena kadar belerang yang tinggi menyebabkan timbulnya warna warni di danau, terkadang warna danau akan berganti menjadi biru keputihan bila di pagi hari dan bila di siang hari akan berubah menjadi hijau kebiruan.

Foto: rachman14.wordpress.com

Bila kita lebih ke pinggir mendekati bibir danau kita akan melihat kondisi air di bibir danau ini timbul gelembung-gelembung dari dalam. Hal ini adalah lumpur panas yang terdapat di sekitar danau, untuk itu kita perlu berhati-hati jangan sampai tercebur ke lumpur tersebut.

Selain keindahan danaunya di sekililing danau pun terdapat jejeran pohon yang tumbuh rapih salah satunya pohon cemara dengan berbagai jenis cemara, misalnya cemara jarum dan cemara besar. Terdapat juga  beberapa hewan terbang merendah di sekitar danau, hewan yang sering ada yaitu burung belibis dan beberapa serangga. Di daerah wisata ini terdapat serangga yang oleh penduduk setempat menamakannya Komo, serangga ini sebenarnya hidup di air namun memiliki sayap dan dapat terbang. Yang lebih unik serangga ini sering dikonsumsi oleh penduduk setempat.




Di tempat ini terdapat juga sebuah cafeteria yang di desain mirip sebuah dermaga, oleh pengunjung tempat ini adalah salah satu favorit. Dikarenakan sambil duduk-duduk dan menikmati hidangan yang terdapat di café ini kita juga dapat sekalian menikmati suasana alam yang terdapat di Danau ini.

Foto: metryan.my.id

Selain Danau Linow kita juga dapat mengunjungi tempat wisata Danau yang terdapat di Minahasa yaitu Danau Tondano. Danau ini juga memiliki keindahan dan keunikan tersendiri, bila ke tempat Danau Tondano dari Danau Linow kita membutuhkan waktu sekitar 30 menit.




 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat