Home / Tempat Wisata / FORT ROTTERDAM MAKASSAR-Menyusuri Jejak Peninggalan Sejarah Rakyat Makassar

FORT ROTTERDAM MAKASSAR-Menyusuri Jejak Peninggalan Sejarah Rakyat Makassar

Fort Rotterdam atau yang disebut juga dengan Benteng Ujung Pandang merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang ada pada masa penjajahan.

LOKASI BENTENG FORT ROTTERDAM
Letak obyek wisata ini berada di pinggir atau tepi Pantai Losari yang persisnya berada di titik pusat kota Makassar-Sulawesi Selatan.
fort-rotterdam-dr-atas
Asal mula berdirinya benteng ini yaitu pada masa kerajaan Gowa yang pada masa itu cukup disegani lawan maupun kawan, tepatnya pada tahun 1545 di masa pemerintahan Raja Gowa ke – 9. Pada masa itu benteng ini merupakan benteng pertahanan kerajaan Gowa yang utama dan ditempati oleh pasukan khusus Gowa yaitu Pasukan Katak, bila dilihat dari sketsanya bentuk benteng ini menyerupai binatang penyu yang juga merupakan falsafah Kerajaan Gowa pada saat itu yaitu dapat bertahan hidup di darat maupun di laut.
Benteng ini berhasil diambil alih oleh penjajah Belanda yang dipimpin oleh Cornelis Speerman dan oleh Cornelis benteng ini berubah nama menjadi Fort Rotterdam. Oleh Belanda pada masa itu Benteng ini dialihfungsikan menjadi tempat untuk menimbun hasil bumi berupa rempah-rempah.



RUTE PERJALAN MENUJU BENTENG FORT ROTTERDAM
Untuk menuju Fort Rotterdam ini kita dapat menempuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Bandara Sultan Hasanuddin.
Namun bila kita berada di dalam kota kita hanya dapat menempuh perjalanan sekitar 15-20 menit dikarenakan letak obyek wisata ini yang berada di tengah-tengah kota Makassar. Akses menuju benteng ini pun cukup mudah, bila kita naik angkutan kota, cukup dengan mengatakan tujuan kita maka oleh supir angkutan kota kita akan di antar langsung ke depan pintu masuk Fort Rotterdam.







TIKET MASUK BENTENG FORT ROTTERDAM
Bila ingin memasuki Fort Rotterdam kita tidak akan dikenakan biaya karcis masuk, namun cukup dengan sumbangan sukarela maka kita dapat masuk dan menikmati suasana di dalam Benteng Ujung Pandang ini. Benteng ini dibuka mulai dari pukul 09.00 sampai dengan sore hari setiap hari.
fort-rotterdam-gerbang

PESONA BENTENG FORT ROTTERDAM
Obyek Wisata Fort Rotterdam memiliki tembok yang cukup tebal dan masih asli, di dalam kawasan benteng ini terdiri dari beberapa bangunan dengan kamar-kamar dan terdapat pula penjara bawah tanah yang dulunya digunakan Belanda untuk menawan pejuang-pejuang Indonesia. Menurut sejarah Pahlawan Diponegoro juga pernah ditahan di tempat ini yaitu pada Tahun 1930.
Disamping itu terdapat juga sebuah museum di dalam kawasan Fort Rotterdam yang bernama Museum La Galigo dahulu museum ini adalah sebuah gudang. Untuk masuk ke tempat ini terlebih dahulu kita harus membeli tiket masuk.
fort-la-galigo
fort-fott-museum

fort-museumm

Museum ini menyimpan berbagai peninggalan warisan kebudayaan orang bugis, ada perahu miniatur serta peralatan untuk bercocok tanam serta alat tradisional lainnya. Di lantai 2 kita dapat melihat bermacam-macam pakaian tradisional bugis yang berwarna-warni serta peralatan tenun dan musik.
fort-rott-museum

Di luar Fort Rotterdam ini terdapat sebuah Taman yang oleh Pemda Sulawesi Selatan dibuat sarana bermain bagi keluarga, namun biasanya bila di malam hari oleh penduduk Makassar taman ini biasanya dipergunakan sebagai tempat untuk berkumpul khususnya para remaja.
fort-rotterdam-depan
Pada seberang jalan Benteng ini terdapat pula sebuah Food Court yang persis berada di tepi pantai, di tempat ini memiliki cukup banyak pengunjung apalagi bila di malam hari dijamin kita akan mengantri untuk mendapatkan tempat duduk.
Selepas menikmati suasana di Fort Rotterdam kita juga dapat menikmati obyek wisata Pantai Losari yang memiliki jarak yang tidak jauh dari tempat ini, hanya dengan berjalan kaki ke arah utara selama 10 menit kita sudah sampai ke pantai tersebut.
pantai-losari




Support by Auto Travel Software. Adalah Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour&Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Dan juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.

13 comments

  1. Hello, I enjoy reading through your article post. I like to write a little comment to support you.

  2. Great post. I was checking continuously this blog and I’m inspired!

    Extremely useful info particularly the ultimate section 🙂 I take
    care of such information much. I was seeking this certain information for a
    very lengthy time. Thank you and best of luck.

    • Yes, thank you so much. Alhamdulillah, when our blog can give a benefit for readers especially you.

  3. I was able to find good advice from your content.

  4. What i do not realize is in fact how you are no longer actually a lot more smartly-preferred than you might be now.
    You are very intelligent. You know therefore significantly when it comes to this topic, made me individually consider it from numerous various
    angles. Its like men and women don’t seem to be involved except it’s one thing to accomplish with Lady gaga!
    Your personal stuffs nice. All the time care for it up!

  5. In fact when someone doesn’t know then its up to other users that they will assist, so here it
    occurs.

  6. This is a topic which is close to my heart…
    Best wishes! Where are your contact details though?

  7. Keep on writing, great job!

  8. Hi there are using WordPress for your site platform?
    I’m new to the blog world but I’m trying to get started and set up my own. Do you need any html
    coding knowledge to make your own blog? Any help would be greatly appreciated!

  9. Superb post however , I was wondering if you could write a litte more on this
    topic? I’d be very grateful if you could elaborate a little bit more.
    Thank you!