Home / Jawa Timur / Hutan Bambu Keputih Surabaya-Tempat Pembuangan Sampah Yang Disulap Menjadi Objek Wisata Hutan Bambu Yang Indah

Hutan Bambu Keputih Surabaya-Tempat Pembuangan Sampah Yang Disulap Menjadi Objek Wisata Hutan Bambu Yang Indah

Surabaya memiliki banyak lahan kosong yang terbengkalai namun dengan hadirnya Ibu Tri Rismaharini kini setiap lahan kosong disulap menjadi taman indah sebagai tempat wisata gratis untuk semua masyarakat. Dan Surabaya yang dulunya hijau sekarang semakin tambah hijau, sejuk dan asri. Tidak ada lagi lahan kosong yang terbengkalai seperti sebelumnya. Salah satu usaha yang dilakukan Pemkot Surabaya dalam mengelola lahan kosong adalah adanya Hutan Bambu Keputih.

Foto: wisatasenibudaya.com

Foto: wisatasenibudaya.com

Hutan bambu ini dulunya merupakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah namun, seiring waktu berlalu TPA tersebut dipindah ke Benowo dan sudah tidak digunakan lagi. Pemerintah kemudian menjadikan tempat tersebut sebagai tempat wisata alam Hutan Bambu Keputih. Benar saja, dalam waktu beberapa minggu hutan bambu tersebut mulai banyak pengunjung dan viral di media social lantaran foto-foto yang diunggah pengunjung.

Foto: tripadvisor.com

Foto: tripadvisor.com

Hutan bambu yang berada di tengah keramaian kota menjadikan hutan bambu menjadi sejuk dengan semilir angin yang sepoi-sepoi. Rimbunnya bambu yang tumbuh menjulang memayungi jalan dibawahnya sehingga di sini tidak terasa panas. Pertumbuhan setiap ruas bambunya sangat cepat karena adanya kompos sisa sampah.

Tidak hanya itu saja, di seberang hutan bamboo terdapat Taman Sakura yang berisi beraneka macam tanaman dan taman bermain. Udaranya juga tak kalah sejuk, terdapat banyak bangku taman yang dapat kita gunakan untuk beristirahat sambil menikmati keindahan pemandangan yang ditawarkan oleh Taman Sakura.

Foto: trepling.xyz

Foto: trepling.xyz

Jika Taman Bambu berada di seberang Terminal Keputih maka, Taman Sakura tepat berada di belakang Terminal Keputih. Sebuah tempat yang sangat strategis untuk dikunjungi dari berbagai penjuru kota.

Keunikan Hutan Bambu Keputih mampu menarik banyak pecinta fotografi yang ingin mendapatkan background indah seindah Hutan Bambu Sagano Jepang. Tidak hanya itu saja, sudah banyak pasangan yang mengambil moment praweddingnya di hutan bambu ini.

Foto: misteraladin.com

Foto: misteraladin.com

Untuk dapat sampai di Hutan Bambu Keputih, dari RS Bersalin Putri ambil arah Perumahan Araya. Sekitar 2km kita akan menemukan Terminal Keputih, jika ke Terminal Keputih arah kanan maka, kita ambil arah kiri. Nah.. sampailah kita di Hutan Bambu Keputih. Terlihat betapa rapat dan rapinya hutan bamboo yang terlihat dari jalan.

Foto: surabaya-bagus.blogspot.com

Foto: surabaya-bagus.blogspot.com

Adapun tips saat kita berwisata ke Hutan Bambu adalah sebagai berikut:

  1. Saat berkunjung di musim kemarau sebaiknya jangan merokok dan membuang punting rokok sembarangan karena banyak daun bamboo kering yang mudah terbakar.
  2. Untuk melihat pesona sunsetnya, kita bisa datang pada waktu sore hari sebelum matahari terbenam.
  3. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak atau mencoret-coret apa pun yang ada di dalam hutan bambu.

 

Fasilitas belum begitu memadai sehingga kita harus bisa mengantisipasi sendiri. Seperti toilet dan musholla kita harus mencari disekitar terminal. Namun, untuk fasilitas parkir termasuk sangat luas untuk menampung berbagai kendaraan pengunjung. Jika kita datang dari luar kota dan butuh penginapan maka kita harus mencarinya ke pusat kota Surabaya. Untuk makan kita bisa mencarinya disepanjang jalan menuju hutan bambu.

 

Alamat Hutan Bambu Keputih:

Jl.Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60111

HTM: tidak ada

Biaya Parkir: mobil Rp5.000,- dan sepeda motor Rp2.000,-

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat