Home / Indonesia / JEMBATAN AMPERA-MENIKMATI KEINDAHAN KOTA PALEMBANG DI ATAS SUNGAI MUSI

JEMBATAN AMPERA-MENIKMATI KEINDAHAN KOTA PALEMBANG DI ATAS SUNGAI MUSI

Jembatan Ampera merupakan obyek wisata bahari yang memiliki struktur dan keindahan bangunan yang banyak membuat para pengunjung tertarik untuk melihatnya. Obyek wisata ini terletak di daerah Sungai Musi Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan.




Setelah Presiden pertama RI Bapak Soekarno menyetujui rencana pembangunan Jembatan ini, maka pada bulan April tahun 1962 pembangunannya mulai dilaksanakan. Biaya pembangunan jembatan ini berasal dari hasil rampasan perang Jepang, bahkan arsitekturnya pun berasal dari Negara Jepang. Jembatan Ampera diresmikan oleh Jendral Ahmad Yani pada tanggal 30 September 1965, sekaligus mengukuhkan namanya menjadi Jembatan Bung Karno. Namun setelah beberapa lama Nama Jembatan tersebut oleh Soekarno diubah menjadi Jembatan Ampera sebagai tanda perjuangan bangsa Indonesia khususnya Warga Palembang, dalam menjunjung Amanat Penderitaan Rakyat (AMPERA). Oleh warga setempat selain Jembatan Ampera, jembatan ini biasa juga dinamakan Proyek Musi.

Pada tahun 1981 Jembatan Ampera direnovasi karena dikhawatirkan jembatan ini mengalami kerusakan dan ambruk. Renovasi jembatan tersebut mengeluarkan biaya sebesar Rp. 850 juta, sedangkan warna dari Jembatan Ampera telah mengalami 3 kali perubahan mulai dari warna abu-abu, kemudian pada tahun 1992 diubah menjadi warna kuning dan terakhir tahun 2002 menjadi warna merah hingga sekarang.

Untuk menuju Jembatan ini memerlukan waktu sekitar 45 menit dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Struktur jembatan ini yaitu memiliki panjang 1.117 meter, Bagian tengahnya 71,90 meter, Lebar 22 meter, tinggi dari permukaan air 11,5 meter, Tinggi menaranya 63 meter, jarak menara 75 meter dan berat jembatan 944 ton.




Bila kita ingin ke tempat ini dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II yang berada di Jl. Tanjung Api Api kita dapat menggunakan taksi atau mobil sewa yang ada menuju Pusat Kota yang berjarak sekitar 6 Km. selanjutnya dari pusat kota kita dapat menggunakan bus kota atau angkutan umum yang arahnya menuju Jembatan Ampera. Sesampai Jembatan Ampera iniĀ  kita dapat berjalan kaki di pinggir jalan Jembatan sambil menikmati keindahan dari struktur Jembatan Ampera. Perlu diketahui bahwa Jembatan ini berada di atas Sungai Musi yang cukup terkenal di kota Palembang, adapun fungsinya yaitu untuk menghubungkan antara daerah seberang hulu dan seberang hilir.

Jembatan Ampera merupakan salah satu Jembatan kebanggaan masyarakat Palembang, oleh karenanya mereka sangat menjaga kebersihan serta keindahan Jembatan ini. Bila kita perhatikan jembatan ini seolah-olah kita berada di Jembatan yang ada di San Fransisco Negara Amerika Serikat yaitu Golden Gate dikarenakan keindahan serta bentuknya.

Diantara jembatan ini yaitu di sebelah hulu dan disebelah hilir, terdapat 4 buah Taman yang letaknya berada di sudut-sudut jembatan biasanya oleh pengunjung digunakan untuk beristirahat sambil menikmati keindahan jembatan.




Sebaiknya bila kita ke Jembatan Ampera kita melakukannya pada malam hari, karena bila hari telah gelap suasana jembatan akan semakin indah dikarenakan adanya nyala lampu yang kerlap kerlip dan berada di sepanjang jembatan. Para pengunjung biasanya tidak akan pernah lupa untuk mengabadikannya pada kamera.

Selain menikmati keindahan Jembatan Ampera, disini kita juga dapat berwisata sambil melakukan kuliner yang berada tak jauh dari Mesjid Agung Palembang. Biasanya kulineryang dicari oleh pengunjung yaitu mpe mpe Palembang serta kerupuknya yang cukup terkenal itu, adapun harganya mulai dari Rp. 1.500,- sampi dengan Rp. 22.000,-. Di sekitar jembatan yaitu di Sungai Musi terdapat juga restoran terapung yang dapat kita datangi untuk berkuliner.




Bila kita ingin berbelanja oleh-oleh, di sekitar Jembatan Ampera kira-kira 50 meter terdapat sebuah pasar yang menjual berbagai khas makanan kering serta souvenir seperti songket, ukir-ukiran dan buah-buahan. Pasar ini bernama Pasar Ilir.

Selepas menikmati keindahan obyek wisata Jembatan Ampera kita juga dapat mengunjungi dan menikmati keindahan Sungai Musi yang juga merupakan salah satu obyek wisata kebanggaan masyarakat Palembang.

 

Lokasi: Jembatan Ampera

Sungai Musi, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia




 

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat