Home / Tempat Wisata / JEMBATAN BARITO-PESONA BRIDGE GATE DI INDONESIA

JEMBATAN BARITO-PESONA BRIDGE GATE DI INDONESIA

JEMBATAN BARITO – BARITO KUALA – KALIMANTAN SELATAN
Jembatan Barito merupakan obyek wisata berupa sebuah jembatan yang menghubungkan antara Provinsi Kalimantan Selatan dengan Kalimantan Tengah. Secara administratif Jembatan ini berada di dalam wilayah Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan.
jembatan-barito5
Jembatan Barito adalah salah satu obyek wisata kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan, hal ini dikarenakan jembatan ini pernah menjadi Jembatan terpanjang di Indonesia dan tercatat ke dalam Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Seiring dibangunnya beberapa jembatan penghubung di daerah lain maka saat ini Jembatan Barito menempati urutan ke-5 di catatan MURI.
Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1993 oleh PT. Adhi Karya dengan menghabiskan dana sekitar 98 Milyar. Empat tahun kemudian yaitu di Tahun 1997 Jembatan ini selanjutnya diresmikan oleh Presiden RI Soeharto sebagai sarana penghubung antara Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.
Untuk menuju Jembatan ini dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Pusat Kota Banjarmasin yang berjarak sekitar 20 Km. Jembatan yang merupakan Golden Gatenya orang Banjar ini memiliki panjang sekitar 1.082 Km dengan lebar sekitar 200 meter. Jembatan ini terdiri dari jembatan utama sepanjang 902 meter dan jembatan pendekat sepanjang 180 meter dengan lebar sekitar 10,37 meter. Jarak antara sungai dengan jembatan setinggi 15 – 18 meter.
Bila ingin ke tempat wisata ini dapat kita tempuh melalui dua jalur yaitu melalui sungai atau jalan darat. Melalui jalan darat dari Kota Banjarmasin sebaiknya kita menggunakan kendaraan motor, hal ini agar memudahkan kita bila ingin berhenti sejenak di tengah-tengah jembatan, sedangkan melalui sungai kita dapat menggunakan perahu motor atau biasa disebut kelotok dari pelabuhan kuin menuju hulu dengan melintasi ujung Pulau Kembang – Pasar Terapung – Pulau Alalak – Pulau Muara Anjir.
Untuk menikmati wisata di tempat ini kita tidak dikenakan biaya apapun dikarenakan lokasinya yang berada di tempat yang bebas.
Jembatan Barito termasuk jenis jembatan gantung sistem kabel ganda dengan menggunakan tiang pancang baja pada bagian bawahnya. Di bagian atas Jembatan terdapat plang bertuliskan Jembatan Barito, pada sisi jembatan terdapat trotoar setinggi 0,5 meter yang diperuntukkan bagi pejalan kaki yang ingin menikmati suasana pemandangan di sekitar jembatan.
jembatan-barito-kalimantan-selatan
Jembatan yang biasanya rame di waktu pagi dan sore hari ini menawarkan aktifitas wisata yang cukup menarik, di sisi jembatan kita dapat melihat beberapa perahu yang lalu lalang serta pemukiman penduduk yang berada di sisi kanan jalan. Selain itu kita juga dapat melihat kapal tongkang yang hilir mudik di bawah jembatan yang menyusuri sungai Barito. Jangan lupa bila berada di tengah-tengah jembatan untuk mengabadikan suasana jembatan serta pemandangan di sekitarnya melalui kamera.
Bila kita menyukai olahraga menantang, kita bisa melakukan bridge jumping dari atas Jembatan Barito. Hal ini biasa dilakukan oleh para mahasiswa pencinta alam bila waktu telah sore hari, tentunya kita harus melakukannya ditemani dengan orang yang telah ahli.
Di tengah-tengah jembatan kita juga dapat melihat sebuah Pulau Bakut yang memiliki lebar sekitar 200 meter dengan ditumbuhi beberapa pohon yang hijau dan lebat, menurut penduduk setempat pulau ini masih tergolong pulau yang rawan dikarenakan didalamnya masih dapat ditemukan ular serta binatang buas lainnya.
jembatan-barito-jump
Di bawah jembatan kita dapat melakukan olahraga memancing dengan menggunakan perahu kelotok yang terdapat di sisi Sungai Barito dan bagi wisatawan yang membawa keluarga di tempat ini telah disediakan sarana bermain anak-anak serta tempat untuk beristirahat di sekitar jembatan. Terdapat juga warung makan serta kios souvenir bila kita ingin makan dan membeli beberapa oleh-oleh untuk dibawa pulang.
Salah satu panorama alam yang dinanti-nantikan wisatawan yang berkunjung ke tempat ini adalah di waktu sore hari yaitu pemandangan sunset yang dapat kita nikmati dari atas Jembatan Barito.
jembatan-barito-sunset
Selepas berwisata di Jembatan Barito kita dapat melanjutkan wisata di obyek wisata alam yaitu Pulau Kembang Yang juga terdapat di daerah ini. Melalui pasar terapung yang ada di Sungai Barito kita dapat menuju pulau tersebut dengan waktu sekitar 10 menit dengan menggunakan perahu kelotok.

pulau-kembang-wisata-kalsel

Support by Auto Travel Software. Adalah Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour&Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Dan juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.