Home / Tempat Wisata / KAWAH PUTIH CIWIDEY

KAWAH PUTIH CIWIDEY

Kawah Putih adalah sebuah obyek wisata alam dan juga merupakan sebuah kawah yang anggun dan indah dari Gunung Patuha, Kawah Putih ini  letaknya berada di daerah Ciwidey Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung.

kawah-putih1

Foto: utiket.com

Gunung Patuha dulunya adalah sebuah gunung yang memiliki nilai mistik yang tinggi, oleh penduduk setempat pada waktu itu gunung tersebut disebut gunung angker. Hal ini dikarenakan banyak warga yang melihat bila ada sekawanan burung yang terbang melewati gunung tersebut maka tanpa ada yang mengganggu, burung tersebut tiba-tiba jatuh dan menukik ke bawah.

Pada awal abad 19 tepatnya pada tahun 1837, seorang peneliti Belanda keturunan Jerman yang bernama Dr. Franz W. Junghuhn meneliti kejadian-kejadian yang ada di gunung patuha ini. Ditemani oleh beberapa pendamping dari warga setempat, peneliti ini kemudian melakukan perjalanan ke Gunung Patuha dengan menembus hutan belantara. Tidak lama kemudian Dr. Franz W. Junghuhn secara tidak sengaja menemukan sebuah kawah yang memiliki pemandangan alam yang cukup indah dan masih asri, sampai sekarang kawah tersebut dinamakan Kawah Putih. Mengenai kejadian yang menimpa burung tersebut, ternyata di daerah ini mempunyai unsur belerang yang cukup tinggi dan berasal dari asap kawah, hal inilah yang menyebabkan burung-burung tersebut banyak yang mati bila melintasi Gunung Patuha.

patuha

Foto: tita-tinu-wisata,blogspot.com

Untuk menuju kawasan ini kita memerlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan jarak sekitar 45 Km dari selatan Kota Bandung.

Obyek wisata yang timbul dari aktifitas alam /letusan Gunung Patuha ini berada di ketinggian 2.194 mdpl dengan luas hutan yang terdapat di sekitar kawah sekitar 25 Ha, untuk kawasan Kawah Putih nya sendiri memiliki luas sekitar 5 Ha.

Untuk menuju ke lokasi obyek wisata ini dapat kita lakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi roda 2 atau roda 4. Rute yang bisa kita lalui bila dari arah Kota Bandung kita mengarah ke daerah Soreang kemudian ke daerah Ciwidey, selanjutnya kita melewati Pintu gerbang Wisata Kawah Putih. Setelah membayar tiket masuk di pintu gerbang perjalanan kita lanjutkan lurus serta tanjakan dengan mengambil arah ke atas gunung. Tanjakan ke kawah ini lumayan tajam namun jalannya relative cukup baik sehingga dapat dilalui dengan kendaraan roda 2 atau roda 4.

Sedangkan dari kota Jakarta kita dapat melalui Tol Cipularang lalu menuju Tol Kopro selanjutnya ke arah Soreang kemudian ke arah selatan kota Ciwidey.

kawah-putih

 

Untuk menikmati alam Kawah Putih ini biaya tiket masuknya seharga Rp. 15.000,- per orang untuk wisatawan domestik sedang untuk wisatawan mancanegara seharga Rp. 30.000,-, para pengunjung juga disediakan angkutan wisata yang disebut ontang anting untuk sampai langsung ke kawah ini dengan harga tarifnya yaitu Rp. 10.000 per orang, sedangkan bagi pengunjung yang berkendaraan pribadi dapat juga langsung ke kawasan kawah ini namun dikenakan jasa lingkungan sebesar Rp. 150.000,- per mobil. Obyek wisata ini dapat kita kunjungi kapanpun dikarenakan tempat ini dibuka setiap hari dengan waktu bukanya yaitu dari jam 07.00 -17.00 Wib.

Foto: medischfun.wordpress.com

Foto: medischfun.wordpress.com

Obyek wisata kawah Putih ini memiliki keindahan alam yang indah dengan dikelilingi pepohonan, bila diperhatikan kondisi air yang ada di kawah ini akan berubah-ubah tergantung dengan pancaran matahari yang ada di tempat ini. Selain itu kita terkadang dapat melihat sekumpulan asap yang keluar dari Kawah ini serta menghalangi pemandangan kita dalam menikmati keindahan kawah karena tebalnya asap tersebut. Asap yang keluar juga membawa bau belerang dan terkadang kita sering ikut menghirupnya bila tiupan angin mengarah ke kita.

kawah-putih-gazebo

Foto: indonesiaexplorer.net

Foto: indonesiaexplorer.net

Di kawasan ini disediakan juga fasilitas mushollah, area parkir dan berbagai warung makan untuk menikmati kuliner yang ada di kawasan Kawah Putih ini. Makanan khas yang ada di tempat ini  dan biasanya digemari oleh para pengunjung yaitu sate kelinci.

Bila kita ingin menginap, terdapat penginapan yang memiliki type bermacam-macam dan tidak jauh dari obyek wisata ini yaitu di daerah Situ Patengan.

Situ Patengan adalah obyek wisata danau yang dapat kita nikmati juga selain obyek wisata Kawah Putih ini, jaraknya cukup dekat yaitu sekitar 6 Km dari Kawah Putih.

Support by Auto Travel Software. Adalah Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour&Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Dan juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*