Home / Jawa / DIY Yogyakarta / Kebun Buah Mangunan-Negeri Di Atas Awan Ala Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan-Negeri Di Atas Awan Ala Yogyakarta

Yogyakarta selalu mempunyai hal baru untuk dijelajahi, wisata alamnya selalu memberi tantangan untuk menaklukkannya. Seperti Kebun Buah Mangunan yang satu ini, menjelajahi wisata alam, perkebunan serta menambah wawasan baru mengenai perkembangan tanaman kebun. Kebun yang berdiri diatas tanah seluas 23 hektare dengan ketinggian 200 mdpl ini mempunyai suasana yang sejuk sehingga menjadi destinasi wisata populer di Jogja. Pasalnya dari puncak Kebun Mangunan kita bisa menyaksikan bentang alam yang indah. Terlebih lagi panorama sunset di sore harinya.

Foto: lookjogja.blogspot.com

Foto: lookjogja.blogspot.com

Kebun Buah Mangunan letaknya berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Sekitar 35 km dari pusat Kota Yogyakarta dan sekitar 15 km dari Bantul. Dibangun pada tahun 2003 oleh Pemerintah Kota Bantul. Sesuai dengan namanya Kebun Buah Mangunan terdapat berbagai kebun yang berisi beraneka buah seperti jambu air, sawo, duku, manggis, matoa, cempedak, kelengkeng, jambu biji, jeruk, durian,  mangga, rambutan, belimbing dan masih banyak lagi. Setiap pohonnya berbuah sesuai musim masing-masing. Ada sekitar 3.000 pohon buah yang dapat kita lihat di kawasan kebun tersebut. Namun, disini kita tidak diperbolehkan memetik buahnya. Jika kita ingin menikmati buah tersebut maka kita harus membelinya terlebih dahulu.

buah-buah-di-kebun-buah-mangunan

Foto: paketwisatajogja.net

Disini kita bisa mengetahui berbagai hal mengenai tanaman di lahan pembelajaran pembibitan tanaman, pembelajaran pembuatan pupuk dan aneka tanaman buah.

Puas berkeliling kebun, kita juga bisa melepas lelah sejenak di tempat yang sudah disiapkan untuk bersantai. Di sekitarnya terdapat gazebo, aneka permainan anak, outbound games, flying fox, jembatan goyang, reflying, bumi perkemahan dan juga kolam yang semakin menambah suasana menjadi menyenangkan. Selain itu kita juga bisa melihat pemandangan disekitar dari ketinggian melalui gardu pandang yang berada di punak, dari sini bentang alam yang indah akan semakin menakjubkan mata. Hijaunya alam berpadu dengan pemandangan pedesaan yang asri. Dan jika kita beruntung kita bisa menyaksikan gumpalan awan di sekitarnya, seolah-olah kita akan merasa seperti berada di atas negeri awan. Namun, panorama ini hanya terlihat pada waktu-waktu tertentu seperti pagi hari sebelum matahari terbit atau pada saat cuaca akan hujan. Untuk mencapainya kita harus berjalan menaiki anak tangga yang lumayan banyak. Rasa lelah akan hilang seketika setelah kita sampai di puncaknya. Bentang alam yang indah, memukau akan memanjakan sejauh mata memandang. Kita pun akan betah untuk berlama-lama disini.

Foto: yukpiknik.com

Foto: yukpiknik.com

SAM_4045

Foto: youtube.com

Foto: youtube.com

Wisata Kebun Buah Mangunan setiap harinya ramai dikunjungi wisatawan. Terutama pada gardu pandangnya, meski berada di puncak gardu pandang ini selalu ramai karena dari sini kita bisa mengambil foto dengan panorama yang indah baik dengan bentang alam maupun bentang awan.

Foto: webwisata.com

Foto: webwisata.com

Adapun wisata lain disekitarnya yang dapat kita kunjungi ada Goa Jomblang, Air Terjun Sri Gethuk, Hutan Pinus Imogiri, Pantai Nglambor, Pantai Ngobaran, Pantai Kukup dan masih banyak lagi.

20140202_111813-resized

Untuk menuju ke Kebun Buah Mangunan, dari Jalan Lingkar (ring road) Selatan berbelok ke arah selatan menuju Jalan Imogiri Timur yang berada di perempatan Terminal Giwangan Jogja. Sampai di perempatan Jalan Bakulan (terdapat papan petunjuk Kebun Buah Mangunan). Ambil arah kiri dan ikuti terus jalannya sampai bertemu dengan tugu bertuliskan Kebun Buah Mangunan. Sampai disini kita akan memarkirkan kendaraan, membeli tiket dan memulai penjelajahan.

Foto: rudiharto.com

Foto: rudiharto.com

Belum ada kendaraan umum yang langsung menuju ke kawasan Kebun Buah Mangunan. Sehingga, jika kita naik bus gunakan bus jurusan Terminal-Dlingo. Turun di Dlingo lalu melanjutkan perjalanan dengan naik ojek. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi untuk memperlancar perjalanan kita.

 

Tips berwisata ke Kebun Buah Mangunan:

  1. Pastikan fisik dalam keadaan baik.
  2. Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup, karena saat menuju puncak tidak ada warung.
  3. Taati peraturan yang berlaku.
  4. Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  5. Bawa kendaraan pribadi karena belum ada kendaraan umum yang melintas ke kawasan Kebun Buah Mangunan.
  6. Pastikan kendaraan dalam keadaan baik dan bahan bakar mencukupi.

 

Foto: sulispurwanto.blogspot.com

Foto: sulispurwanto.blogspot.com

Rute: Jalan Lingkar (ring road Selatan-Jalan Imogiri Timur-Jalan Bakulan-Tugu Kebun Buah Mangunan.

Fasilitas: penginapan, bumi perkemahan, gardu pandang, warung makan, musholla, outbound games, gazebo.

HTM: Rp5.000,- (termasuk parkir)

Jam Buka: 04.30-18.00 WIB

Lokasi Kebun Buah Mangunan:

Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783, Indonesia

kebun-buah-mangunan-yogyakarta

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat