Home / Indonesia / KEINDAHAN PANTAI BATAKAN TANAH LAUT

KEINDAHAN PANTAI BATAKAN TANAH LAUT

Pantai Batakan merupakan obyek wisata alam yang mempunyai keindahan pantai serta nuansa alam yang asri dan sedap dipandang mata. Secara administrative pantai ini terletak di Desa Batakan Kecamatan Penyipatan Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimatan Selatan.

Sejak Pantai ini ditetapkan sebagai tempat wisata, pemerintah setempat mulai mengembangkan lokasi ini dengan membangun beberapa fasilitas wisata yang membantu para wisatawan dalam menikmati alam Pantai Batakan.

pantai-batakan-30

Akses Menuju Pantai Batakan

Untuk menuju ke Pantai Batakan kita membutuhkan waktu sekitar  3 jam perjalanan atau berjarak sekitar 145 Km dari Kota Banjarmasin. Pantai yang memiliki ombak yang rendah ini memiliki wilayah yang cukup luas dengan panjang garis pantainya sekitar 2 Km.

Bila ingin ke Pantai Batakan dapat kita tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum, dari Kota Banjarmasin kita menuju Kota Palaihari dengan jarak sekitar 105 Km, sepanjang jalan ke Palaihari kita akan melewati jalan naik turun dengan pemandangan alam perbukitan yang indah. Sesampai di Kota Palaihari selanjutnya kita menuju Pantai Batakan dengan jarak tempuh sekitar 40 Km.

Berada di Pantai Batakan kita akan melihat deburan ombak yang sedang dengan hamparan pasir putih halus serta air laut yang berwarna biru, pemandangan ini menambah kesan eksotis pantai Batakan.  Pada hari minggu atau libur nasional pantai ini akan ramai dikunjungi wisatawan, sebagian dari mereka terlihat menikmati alam pantai dan sebagian lagi beraktifitas di atas pasir yang halus sambil melakukan olahraga pantai serta ada juga yang bermain istana pasir.

pantai-batakan-kalimantan-selatan

Biaya Akomodasi Pantai Bantakan

Di sebelah timur pantai Batakan kita akan melihat pemandangan perbukitan yang ditumbuhi pepohonan pinus dan menjadi bagian pegunungan meratus. Bila ingin ke perbukitan ini kita dapat menggunakan andong yang terdapat di tempat wisata ini dengan harga sewa sekitar Rp. 10.000,- sampai dengan Rp. 5.000,-. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin menikmati alam laut di atas airnya yang biru dapat menyewa perahu motor yang terdapat di tepi Pantai Batakan.

Bila kita ingin bersantai sambil berjemur di pinggir pantai terdapat beberapa tempat berjemur yang dapat kita gunakan sambil beristirahat, kita pun dapat memesan berbagai macam minuman yang terdapat di kios-kios. Letak pantai Batakan ini cukup dekat dengan persawahan dan ladang jagung, untuk itu disini banyak dijajakan jagung bakar yang dapat kita nikmati dengan harga sekitar Rp. 1.000 per buah. Selain itu di tempat wisata ini masih banyak kuliner khas Kalimantan dapat kita rasakan di warung-warung makan yang ada.

Bila kita ingin mengetahui lebih jauh mengenai Pantai Batakan beserta adat istiadat di daerah ini, pengelola wisata ini menyediakan jasa pemandu wisata dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar Rp. 5.000,-.

Di sekitar kawasan pantai kita juga dapat bermalam di Cottage yang disediakan pengelola untuk para wisatawan yang ingin bermalam, harganya pun cukup murah yaitu sekitar Rp. 150.000 per malam, selain itu masih banyak fasilitas wisata lainnya seperti mushollah, MCK, arena bermain dan tempat parkir yang luas.

Selepas menikmati alam pantai Batakan kita dapat melanjutkan wisata alam yang terdapat di seberang pantai ini yaitu Pulau Datu, Pulau yang memiliki luas sekitar 10.000 Km2 ini dapat kita lihat dari Pantai Batakan dan dapat ditempuh dengan menggunakan Perahu Motor yang ada di tepi pantai. Di Pulau Datu terdapat juga sebuah makam keramat yang biasa dikunjungi oleh wisatawan yaitu makam Datu Pamulutan seorang ulama penyebar agama Islam di Kabupaten Tanah Laut.

 

Selamat Berwisata..

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.