Home / Jawa Tengah / Kopeng-Eksotisme Keindahan Lembang Ala Salatiga
Foto: nsrsalatiga.blogspot.com (Gunung Merbabu)

Kopeng-Eksotisme Keindahan Lembang Ala Salatiga

Kalau Bandung mempunyai Lembang sebagai wisata alam di dataran tinggi maka, Salatiga pun juga mempunyai Kopeng. Kopeng sendiri sering disebut dengan Lembangnya Salatiga. Ada juga yang menyebut Kopeng seperti Puncak Bogor. Sebenarnya Kopeng bukan bagian dari Salatiga, Kopeng bagian dari Semarang  namun, karena akses menuju Kopeng melewati Salatiga membuat Kopeng disebut sebagai bagian dari Salatiga. Dari Salatiga sendiri, Kopeng berada di kejauhan sekitar 15 km di lereng Gunung Merbabu.

Foto: denmasbrindhil.wordpress.com

Foto: denmasbrindhil.wordpress.com

Wisata Kopeng dikelola oleh PERUM PERHUTANI UNIT I JATENG dan kawasannya merupakan kawasan Hutan Taman Nasional Gunung Merbabu. Gunung Merbabu sendiri juga dijadikan sebagai wisata pendakian yang banyak diminati para wisatawan.

Foto: nsrsalatiga.blogspot.com (Gunung Merbabu)

Foto: nsrsalatiga.blogspot.com (Gunung Merbabu)

Berada di atas ketinggian 1.500 mdpl membuat udara di Kopeng sangatlah dingin. Di sini kita bisa menikmati fasilitas rekreasi keluarga,, taman wisata, waterpark, wisata kebun, berkemah, menikmati wahana outbound yang ada, berkuda, melakukan pendakian, berjalan diantara hutan pinus, maupun  belanja berbagai tanaman, buah dan sayur segar. Selain itu, di Kopeng juga terdapat ruangan khusus yang biasanya digunakan untuk rapat, seminar maupun acara-acara lainnya.

Taman-Wisata-Kopeng

Foto: jelajahoutbound.com

Foto: jelajahoutbound.com

 

Camping-Ground-Taman-Wisata-Kopeng-2

 

Foto: touringsesukamu.blogspot.com

Foto: touringsesukamu.blogspot.com

 

Foto: teraswarta.com

Foto: teraswarta.com

Di kawasan Kopeng sudah banyak bertebaran villa dan hotel yang disewakan dengan harga yang beragam dengan fasilitas yang terbilang cukup memuaskan. Terdapat banyak warung yang menjual berbagai makanan yang dapat kita nikmati seperti wedang ronde, sate kelinci dan mendoan yang masih panas.

Foto: nomaditrip.com

Foto: nomaditrip.com

Kopeng mempunyai pemandangan yang indah dengan adanya pedesaan dan perkebunan bunga, buah dan sayur yang terlihat sangat asri. Meski udaranya dingin namun, terasa sangat menyejukkan. Hal ini yang membuat banyak wisatawan yang memilih Kopeng sebagai tujuan wisatanya. Panorama alam yang indah tak henti-hentinya memanjakan mata kita. Dan kita akan merasa enggan untuk beranjak dari tempat tersebut. Sejauh mata memandang hamparan hijau kebun bunga, buah dan sayur nampak sangat asri.

Foto: yogyakarta.panduanwisata.id

Foto: yogyakarta.panduanwisata.id

 

Puas menikmati keindahan Kopeng, kita juga bisa mengunjungi wisata terdekat yaitu Umbul Songo, Air Terjun Kalipancur, Agrowisata Kopeng,Taman Wisatas Kopeng dan Pendakian Gunung Merbabu.

Umbul Songo

 

Tips saat berwisata ke Kopeng:

  1. Pakai pakaian yang tebal karena udara di Kopeng dingin.
  2. Jika menginap di villa, pilihlah villa yang ada perapiannya.
  3. Jaga kebersihan.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku.
  5. jika, ingin berkemah sebaiknya meminta izin ke pihak terkait.

 

 

Lokasi Kopeng:

Foto: destinasiwisatakami.blogspot.com

Foto: destinasiwisatakami.blogspot.com

 

Jl. Raya Salatiga-Magelang KM.15 Kopeng, Getasan, Semarang, Jawa Tengah

Telp. 0298318344

Jam Buka: 08.00-16.30 WIB

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat