Home / Indonesia / Kota Lama Semarang-Miniatur Eropa Yang Terjaga Kelestariannya

Kota Lama Semarang-Miniatur Eropa Yang Terjaga Kelestariannya

Jakarta mempunyai Kota Tua yang menyimpan sejarah kehidupan pada masa silam. Semarang juga mempunyai hal serupa yang dikenal dengan Kota Lama. Kota Lama ini berada di Jalan Letnan Jenderal Suprapto, Tanjungmas, Semarang Utara. Di kawasan Kota Lama seluas 31 hektare ini terdapat sekitar 50 bangunan kuno yang masih berdiri kokoh dengan ciri khas masing-masing. Setiap bangunan tersebut memiliki fungsi yang berbeda dengan ornamen-ornamen bergaya Eropa. Ada Mercusuar, Stasiun Semarang Tawang, Gereja Blenduk Semarang, Susteran Ordo Fransiskan, Jembatan Mberok, PT Djakarta Lloyd, PT Pelni, PT Perkebunan XV, Kantor Gabungan Koperasi Batik, Gedung Marabunta, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Polder Air Tawang, Gedung Marba, Kantor Pos Pusat, Samudera Indonesia, Titik Nol KM Semarang dan bangunan-bangunan rumah yang berada di sekitarnya.

3.-Kota-Lama-Miniatur-Belanda-di-Semarang1

Dengan penampakannya yang sangat kuno menjadikan Kota Lama kian menarik perhatian masyarakat. Banyak pengunjung yang datang sekedar menikmati suasananya maupun mengambil foto dengar background bangunan kuno yang unik, ruang bawah tanah maupun benteng Vijhoek. Selain berwisata disini kita juga bisa bernostalgia dengan kehidupan pada masa penjajahan Belanda.

Kota yang sempat dikuasai Belanda selama 2 abad ini terpisah dari daerah disekitarnya dan kawasannya terlihat seperti miniatur Kota Belanda sehingga, Kota Lama ini diberi julukan “Little Netherland”. Jika dulu kawasan kota ini dipenuhi bangunan rumah, hotel, kantor sampai gedung maka, sekarang bangunan tersebut dialihfungsikan menjadi cafe, galeri seni, maupun museum. Namun, masih dengan bangunan kuno dan dengan ornamen-ornamen yang ada pada jaman kolonial. Sehingga, siapa pun akan merasa nyaman di tempat tersebut. Tidak semua bangunan dialihfungsikan, masih ada beberapa bangunan yang masih aktif sesuai fungsi bangunannya seperti Gereja Blenduk. Ada juga Pabrik Rokok Praoe Lajar yang masih terjaga hingga kini.

Kota lama Semarang

Foto: emakmbolang.com

Di kawasan Kota Lama banyak barang-barang antik peninggalan dari setiap bangunan yang ada. Sampai sekarang masih dijaga sebagai koleksi Kota Lama. Saat berwisata ke Kota lama kita kan menemukan banyak pengetahuan baru. Selain kita bisa beriwsata kita juga bisa membeli barang antik dengan harga yang beragam di Pasar Klitikan.

 

Lokasi:

Jalan Letnan Jenderal Suprapto, Tanjungmas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174, Indonesia

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat