Home / Indonesia / Lembah Kahung Kalimantan Selatan-Panorama Alam Dan Air Terjun Di Kawasan Hutan Tropis Kalimantan Selatan

Lembah Kahung Kalimantan Selatan-Panorama Alam Dan Air Terjun Di Kawasan Hutan Tropis Kalimantan Selatan

Lembah Kahung adalah obyek wisata alam yang memiliki panorama alam serta air terjun yang membuat para pegunjung penasaran untuk menikmati langsung suasana alamnya. Lembah Kahung yang berada di kawasan hutan tropis ini berada di Desa Belangian Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.

Obyek Wisata Lembah Kahung cukup banyak diminati oleh wisatawan yang menggemari sesuatu yang menantang. Saat ini Obyek wisata ini belum tergarap oleh Pemerintah Daerah setempat, namun walaupun demikian obyek yang berada di pegunungan Meratus ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di lihat dari kawasan lembah kahung ini, menurut Pemerintah Daerah setempat obyek ini akan menjadi salah satu andalan wisata kabupaten Banjar selain itu dapat juga menjadi salah satu devisa daerah.




Untuk menuju ke tempat wisata ini dibutuhkan waktu sekitar 7 jam perjalanan dari Kota Banjarmasin. 2 jam melalui jalur darat, 2 jam menyusuri sungai dan 3 jam menuju titik wisata Lembah Kahung.

 

Bila ingin ke lembah ini dari Banjarmasin kita menuju Desa Aranio dengan menyusuri jalan Ahmad Yani – Banjarmasin menggunakan kendaraan bermotor, selanjutnya  dari desa Aranio kita menuju sebuah dermaga untuk menyewa kapal motor. Selanjutnya kita menyusuri Riam Kanan menuju Desa Belangian, selama dalam perjalanan kita dapat menikmati keindahan sungai Kalimantan yang kanan kirinya merupakan rawa-rawa dan juga terdapat puluhan keramba ikan air tawar yang berjejer di atas permukaan sungai.

Tanpa terasa kita telah sampai ke dermaga yang ada di Desa Belangian, dari sini kita melanjutkan perjalanan ke Lembah Kahung. Jarak Lembah Kahung cukup jauh, namun kita tidak perlu khawatir dikarenakan selama dalam perjalanan terdapat 3 shelter atau pemberhentian yang biasa digunakan wisatawan untuk beristirahat. Dari desa Balangian kita berjalan kaki menyusuri alam terbuka yang berbukit dengan ilalang kanan kirinya, selama 30 menit perjalanan kita akan menemukan shelter pertama, 1,5 jam kemudian kita akan menemukan sebuah sungai yang bening, di sekitarnya terdapat shelter kedua yang dapat kita gunakan untuk mandi dan beristirahat biasanya para pengunjung bermalam di tempat ini. Keesokan harinya kita melanjutkan perjalanan melalui jalan setapak serta anakan sungai kecil menuju Lembah Kahung.

 

Berada di Lembah Kahung kita akan merasa seperti menyatu dengan alam hutan tropis Kalimantan. Di lembah ini juga terdapat aneka flora dan fauna yang beraneka ragam seperti Meranti, Ulin, Pohon Keruing dan masih banyak flora lainnya, sedangkan untuk aneka faunanya terdapat lutung merah, bekatan, owa-owa, kijang, landak dan lainnya. Di lembah ini terdapat juga tanaman anggrek hitam yang merupakan salah satu kebanggan Kalimantan.




Selain kehidupan flora dan faunanya, kita juga dapat menjumpai panorama alam berupa air terjun yang mengalir deras melalui sungai. Air terjun ini memiliki air yang jernih dengan jumlah undakan sebanyak 8 tingkat, lokasi ini  merupakan salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan yang datang ke tempat ini. Tempat ini sangat cocok untuk kita abadikan sebagai kenang-kenangan dalam melakukan wisata yang boleh dibilang cukup menantang ini.

Bila kita ke tempat ini jangan lupa untuk membawa segala perlengkapan untuk berwisata seperti makanan dan minuman, peralatan P3K dan lainnya, hal ini dikarenakan tempat ini belum terdapat fasilitas wisata namun kondisi alamnya yang asri dan unik membuat para pengunjung tidak terlalu menghiraukan hal tersebut.

Selesai menikmati alam wisata Lembah Kahung kita dapat berwisata di Pulau Bukit Batas yang merupakan obyek wisata air dengan sarana wisata olahraga alam yang memacu adrenalin.

 

Lokasi: Lembah Kahung

Desa Belangian, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Tips saat berwisata ke Lembah Kahung:

-Pastikan tubuh kita fit, karena untuk menuju ke Lembah Kahung diperlukan stamina yang kuat untuk menempuh setiap jalurnya.

-Jaga kebersihan lingkungan.

-Bawa bekal makanan. Dianjurkan membawa air minum yang cukup.

-Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman, pakaian yang nyaman dan sandal gunung.

-Bawa pakaian bersih, untuk antisipasi jika pakaian yang kita kenakan basah.

-Bawa obat-obatan.

-Bawa barang bawaan secukupnya.

 

 

Selamat Berwisata…






 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat