Iklan Gratis
Home / Indonesia / Makanan Khas Cianjur Yang Membuat Lidah Tergiur
es.foursquare.com

Makanan Khas Cianjur Yang Membuat Lidah Tergiur

Makanan Khas Cianjur Yang Membuat Lidah Tergiur

Cianjur memang terkenal dengan beraneka ragam tempat wisata yang menyita perhatian wisatawan. Suasana yang sejuk akan membuat siapa pun betah berada di kota ini. Terlebih lagi kelezatan kuliner yang ditawarkan oleh setiap tempat makan menggugah selera dengan ciri khasnya. Berikut beberapa makanan khas Cianjur yang harus Anda cicipi saat berada di Cianjur.

 

  1. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah olahan daging sapi yang dibuat menjadi sate. Daging dipotong kecil-kecil lalu diberi tusukan. Yang membedakan Sate Maranggi dengan sate lainnya adalah sate direndam dan dilumuri dengan bumbu bacem secara merata. Bumbu yang digunakan adalah rempah-rempah (ketumbar, jahe, lengkuas, kunyit dan cuka) dan juga ditambahkan kecap manis untuk mempercantik tampilan. Kemudian baru sate dibakar sampai bumbu kering dan meresap. Meski dibakar, Sate Maranggi mempunyai tekstur yang empuk dan tidak alot. Sate Maranggi biasa disajikan bersama nasi, lontong, ketan bakar maupun sambal oncom.

es.foursquare.com

 

2. Geco (Tauge Tauco)

Selain Sate Maranggi, Cianjur juga terkenal dengan kelezatan Geco yang menggugah selera pecinta kuliner. Geco sendiri adalah singkatan dan Tauge dan Tauco. Geco merupakan olahan tauge rebus yang disiram dengan bumbu tauco diberi sedikit cuka. Geco biasa disajikan bersama irisan ketupat, nasi, kentang maupun tahu. Kemudian ditambahkan tomat, daun bawang, udang, kacang, telur rebus, mie sagu dan kerupuk. Geco memiliki rasa manis dan asam yang khas berpadu dengan segarnya tauge dan kuah tauco yang pekat.

ukhiethetraveler.com

 

3. Bandrek

Bandrek adalah sejenis minuman khas Cianjur dari rempah-rempah pilihan. Bandrek terbuat dari seduhan gula aren, jahe merah dan kayu manis. Selain itu banyak juga yang menambahkan Bandrek dengan merica, serai, dan susu. Bandrek mempunyai rasa yang pedas dan manis. Minuman khas Sunda ini begitu menghangatkan tubuh sehingga sangat cocok untuk melawan hawa dingin Kota Cianjur.

 

4. Batagor Cianjur

Berbeda dengan batagor lainnya, Batagor Cianjur disajikan dengan timun maupun acar. Sehingga batagor tersebut mempunyai ciri khas sedikit asam. Bakso, tahu goreng yang disiram dengan bumbu kacang. Bertekstur renyah, bercita rasa gurih berpadu dengan manisnya bumbu kacang juga rasa segar dan asam dari acar. Batagor sangat cocok untuk dinikmati di suasana yang dingin.

cookpad.com

 

5. Mochi

Mochi terkenal di sekitar Jawa Barat khususnya Cianjur. Mochi merupakan cemilan atau jajanan pasar yang berasal dari olahan tepung terigu dan kacang bertabur tepung. Mochi mempunyai cita rasa yang gurih dan manis dengan tekstur yang sedikit alot. Mochi biasa dikemas menggunakan kotak kecil yang terbuat dari bambu atau yang sering disebut dengan besek. Mochi menjadi salah satu pillihan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang dari Cianjur.

 

 

 

 






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*