Home / Indonesia / Masjid Agung Tasikmalaya-Menengok Masjid Bergaya Kontemporer

Masjid Agung Tasikmalaya-Menengok Masjid Bergaya Kontemporer

Masjid Agung Tasikmalaya merupakan masjid bergaya arsitektur kontemporer yang masih berdiri dengan megahnya di Kota Tasikmalaya. Masjid ini berada terletak di persimpangan jalan Jl. K.H. Z Mustofa, Jl. Dr. Soekarjo, Jl. Yudanegara, dan Jl. Otto Iskandar Dinata tepat di pusat kota.

Masjid Agung Tasikmalaya dibangun pada tahun 1886. Berdiri di atas tanag seluas 7.215 meter persegi. Desain bangunan masjid ini mempunyai filosofis Islam yang sangat mendalam. Mempunyai 5 atap yang mencerminkan adanya kewajiban menjalankan shalat 5 waktu dan juga mengacu pada 5 rukun Islam. Mempunyai menara masjid setinggi 33 meter sebagai simbol dzikir berupa tasbih, tahmid dan takbir. Menara tersebut berjumlah 3 yang mencerminkan 3 pondasi umat Islam yaitu iman, islam, dan ihsan.

Memasuki kawasan Masjid Agung Tasikmalaya, kita akan dibuat kagum dengan bangunan kontemporer yang kokoh, megah dan mewah. Bangunan masjid dominan dengan warna putih, dari kejauhan masjid terlihat seperti kastil. Masjid ini mempunyai 2 lantai untuk menampung ribuan jamaah. Masjid Agung Tasikmalaya juga mempunyai desain interior yang berbeda dengan masjid pada umumnya yang dominan dengan kaligrafi di dindingnya. Masjid Agung Tasikmalaya hanya memiliki beberapa kaligrafi. Dindingnya berkonsep klasik, dimana penghiasnya adalah batuan dan batu bata yang dibentuk sedemikian rupa.

Di halamannya yang luas, juga terdapat taman yang asri dipenuhi dengan pepohonan yang rindang. Dari taman ini kita bisa melihat secara keseluruhan konsep bangunan masjid kontemporer ini. Terlihat betapa megahnya masjid tanpa kubah ini dengan menara dan atap yang saling berdekatan.

Masjid Agung Tasikmalaya tidak hanya dijadikan sebagai pusat ibadah namun, juga untuk dijadikan sebagai pusat dakwah dan kegiatan-kegiatan Islam lainnya. Seperti Shalat Id, kajian Iskam dan tabligh akbar. Masjid Agung Tasikmalaya juga dalam penjagaan yang baik oleh pihak terpercaya. Sehingga terkesan bersih dan terawat. Tempatnya yang strategis juga memungkinkan banyaknya orang yang singgah untuk beribadah maupun berwisata religi.

Lokasi: Masjid Agung Tasikmalaya

Jl. Mesjid Agung, Yudanagara, Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat 46121, Indonesia

 

 

Selamat Beribadah…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat