Home / Indonesia / Masjid Raya Sumatera Barat-Masjid Tak Berkubah Yang Tahan Gempa Bergaya Rumah Gadang

Masjid Raya Sumatera Barat-Masjid Tak Berkubah Yang Tahan Gempa Bergaya Rumah Gadang

Masjid Raya Sumatra Barat merupakan salah satu masjid terbesar, termegah, termewah dan tahan gempa di Sumatra Barat. Masjid ini berada di persimpanagan Jalan Khatib Sulaiman dan Jalan Ahmad Dahlan. Dibangun pada 21 Desember 2007 dan dalam 4 tahap pembangunan. Berdiri di atas tanah seluas 40.343 meter persegi. Memiliki 3 lantai untuk menampung berbagai aktifitas.

Masjid Raya ini terletak di tengah Kota Padang. Ditetapkan sebagai pusat keagamaan regional untuk penyelenggaraan ibadah umat Islam seperti tabligh akbar, pertemuaan jamaah, peringatan hari besar islam, shalat id dan sholat jumat. Tempatnya yang strategis juga mampu menarik perhatian wisatawan yang tengah melintas. Mereka tidak hanya mampir untuk beribadah namun, juga menyusuri setiap sudut keindahan Masjid Raya Sumatra Barat.

Masjid ini mempunyai arsitektur modern yang dipadukan dengan arsitektur Minangkabau karya dari Rizal Muslimin. Atap masjid tidak berkubah seperti bangunan masjid pada umumnya. Atap masjid berbentuk menyerupai rumah gadang. Eksteriornya dipenuhi dengan kaligrafi dan motif songket Minangkabau. Sedangkan, interiornya dipenuhi dengan dinding berukir tulisan Arab. Di dalam masjid yang mampu menampung 5-6 ribu jamaah ini di dalamnya juga terdapat mihrab yang menyerupai Hajar Aswad, di atasnya terukir kalimat Asmaul Husna yang berlapiskan warna emas dengan latar belakang putih.

 

Masjid Raya terdiri dari 3 lantai yang berbeda fungsinya. Pada lantai dasar dijadikan sebagai ruang pertemuan, ruang penjagaan, ruang pustaka dan instalasi listrik. Pada lantai kedua dijadikan sebagai ruang sholat yang terbagi menjadi 2 berupa ruangan lepas yang kemudian landai ke jalan. Dan pada lantai ketiga dijadikan sebagai ruang sholat juga, namun kini masih dalam tahap pembangunan.

 

Karena daerah Sumatra berpotensi gempa dan tsunami yang tinggi, Masjid Raya sengaja dibangun dengan kelebihan tahan terhadap gempa 10 SR. Selain itu, Masjid Raya juga dijadikan sebagai shelter lokasi evakuasi tsunami. Meski sudah dibangun cukup lama namun, karena terbatasnya dana pembangunan belum juga selesai. Sampai saat ini, Masjid Raya masih terus digarap. Namun, meski masih dalam tahap pembangunan, pengunjung yang datang sudah cukup banyak. Sepertinya, jika pembangunan telah selesai Masjid Raya akan menjadi ikon wisata religi yang akan menarik minat banyak wisatawan.

Kabarnya, Masjid Raya masih akan ada penambahan menara, taman dan area parkir. Bahkan dalam wacana pengurus Masjid Raya akan ditetapkan oleh pemerintah setempat dan keamanannya juga akan dibantu oleh Satpol PP. Betapa besar dan mewahnya hingga segalanya diperhatikan sampai detail. Semoga tidak hanya menjadi ikon besar dan mewah saja, semoga jamaahnya juga semakin banyak dan tetap menjadi sentral kegiatan-kegiatan umat Islam.

 

Lokasi: Masjid Raya Sumatra Barat

Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Padang Utara, Alai Parak Kopi, Padang, Kota Padang, Sumatera Barat 25173, Indonesia

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat