Home / Indonesia / Mata Air Senjoyo Salatiga-Kesegaran Mata Air Pegunungan Yang Sayang Untuk Dilewatkan Saat Di Salatiga

Mata Air Senjoyo Salatiga-Kesegaran Mata Air Pegunungan Yang Sayang Untuk Dilewatkan Saat Di Salatiga

Mata Air Senjoyo merupakan tempat wisata alam yang berada Desa Tegal Waton, Kabupaten Semarang. Untuk menuju lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 10 menit dari Terminal Tingkir Salatiga, atau sekitar 5 km dari pusat kota Salatiga dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Mata Air Senjoyo terkenal dengan sumber mata airnya  yang sangat jernih. Mata air yang keluar dari Mata Air Senjoyo cukup besar, sehingga sebagian digunakan untuk PDAM dan selebihnya di buang melalui saluran irigasi.

Di lokasi Mata Air Senjoyo ini terdapat beberapa kolam air yang telah dibuat dengan bentuk kotak-kotak. Di mana masing-masing kolam mempunyai kedalaman air yang berbeda. Tersedia kedalaman air yang sedang dan kedalaman air yang cukup dalam. Kita pun bisa memilih kolam sesuai keinginan kita. Sambil berendam maupun berenang kita bisa menikmati kesejukan udara dan kesegaran mata air Senjoyo dengan pemandangan alam yang memanjakan mata.




Untuk anak anak biasanya bermain di sebelah luar dari kolam. Terdapat persawahan yang cukup luas yang ditumbuhi selada air dengan ketinggian air semata kaki. Sehingga anak-anak dapat bermain-main air sambil mencari ikan-ikan kecil di sela bebatuan. Hal ini lah yang paling disukai oleh anak-anak, mereka bisa bermain air sepuasnya juga belajar mengenal hewan.

Di persawahan sekitar kolam, banyak kita temui tanaman selada air atau masyarakat setempat menyebutnya dengan jembak. Tanaman inilah yang oleh penduduk setempat diolah menjadi Rolade Jembak. Dan makanan tersebut menjadi ciri khas kalau kita berkunjung ke Mata Air Senjoyo. Rolade Jembak merupakan olahan dari selada air yang campur dengan tepung dan diberi bumbu kemudian digoreng. Rolade Jembak menjadi cemilan yang cocok kita nikmati sambil bersantai menikmati suasana sekitar Mata Air Senjoyo yang menyejukkan.

Walaupun lokasi Mata Air Senjoyo ini belum dikelola resmi oleh pemerintah setempat. Namun tempat ini sudah menjadi favorit bagi warga Salatiga dan sekitarnya. Terlebih pada saat menjelang puasa, lokasi ini akan ramai dikunjungi wisatawan. Mereka berdatangan untuk mandi sebelum melaksanakan ibadah puasa atau dalam istilah Jawa Siraman atau padusan. Padusan atau siraman merupakan ritual rutin yang dilakukan oleh masyarakat menjelang ibadah puasa untuk membersihkan badan dengan air yang suci.

Selain menyajikan kejernihan air, lokasi Mata air senjoyo ini juga memberikan suasana nyaman dan sejuk. Suasana ini didukung oleh Mata Air Senjoyo yang lokasinya berada di daerah pedesaan serta dikelilingi pohon-pohon yang cukup besar dan rindang. Sebagai tempat wisata yang banyak diminati wisatawan, di sekitar kawasan Mata Air Senjoyo berdiri warung-warung kecil yang menyediakan berbagai keperluan wisatawan. dari keperluan makan sampai keperluan mandi, Selain itu berbagai fasilitas pendukung juga sudah tersedia dengan berbagai kenyamanannya. Termasuk penginapan, bagi para wisatawan yang ingin bermalam di Salatiga.




Lokasi: Mata Air Senjoyo Salatiga

Jl. Senjoyo IV, Gendongan, Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50743, Indonesia

Jam Buka: 24 jam

Rute:

-Dari Semarang (57 km, 1 jam 20 menit)-Jl. Rambutan Raya menuju Jl. Sompok-Jl. Sompok Baru-Jl. Tentara Pelajar-Jalan Dokter Wahidin-Jl. Semarang-Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta/Jl. Teuku Umar-Jl. Karang Rejo Raya (rambu Purwodadi/Surabaya)-Jl. Murbei 3/Jl. Tol Srondol-Jatingaleh (rambu Purwodadi)-Jl. Tol Srondol-Jatingaleh/Jl. Tol Tembalang-Banyumanik-Jl. Tol Tembalang-Ungaran-Jl. Tol Ungaran-Bawen-Jl. Semarang-Surakarta/Jl. Slamet Riyadi, Bawen-Salatiga/Jl. tol Semarang-Solo-Jl. Fatmawati/Jl. Nasional 16-Jl. Lkr. Sel. Salatiga-Jl. Raya Salatiga-Solo/Jl. Semarang-Surakarta/Jl. Soekarno Hatta/Jl. Tingkir Raya-Jl. Senjoyo IV-Mata Air Senjoyo, Jl. Senjoyo IV, Gendongan, Tingkir, Salatiga.






Tips saat berwisata ke Mata Air Senjoyo:

-Jaga kebersihan lingkungan.

-Bawalah pakaian bersih yang cukup.

-Bawa bekal makanan bila perlu. Air minum sangat dianjurkan.

-Pastikan kondisi badan sedang fit.

-Bawa uang tunai yang cukup.

 

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat