Home / Indonesia / Pasar Semawis Semarang-Menikmati Beragam Kuliner dari Menu Kaki Lima Hingga Bintang Lima

Pasar Semawis Semarang-Menikmati Beragam Kuliner dari Menu Kaki Lima Hingga Bintang Lima

Pasar Semawis, yang berdomisili di Semarang pasti sudah tidak asing lagi dengan pasar kuliner malam ini. Pasar Semawis dulunya hanya festival imlek yang digelar selama 3 hari saja. Namun, lambat laun karena banyaknya animo pengunjung dijadikanlah Pasar Semawis sebagai pasar kuliner malam. Pasar ini hanya buka pada saat malam hari dengan menutup jalan gang pecinan sehingga pengunjung bisa bebas berlalu lalang.

Pasar Semawis, atau dikenal juga sebagai Waroeng Semawis berada di daerah pecinan Kota Semarang. Pasar ini merupakan gagasan dari perkumpulan Kopi Semawis (Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata). Pasar Semawis kemudian ditetapkan sebagai pusat kuliner bagi masyarakat Semarang.




Pasar Semawis buka setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu malam di sepanjang jalan Gang Warung, Pecinan – Semarang. Pasar Semawis menyajikan beraneka ragam kuliner dalam tenda-tenda. Dari kuliner nusantara, kuliner mancanegara khususnya kuliner Tionghoa bisa kita temukan di Pasar Semawis. Sehingga, kita harus berhati-hati dalam memilih kuliner jangan sampai salah memilih kuliner yang tidak halal seperti kuliner babi.

Adapun kuliner yang bisa kita nikmati sangat beragam. Kita akan dimanjakan dengan berbagai pilihan yang berlimpah dengan harga yang murah. Dari menu kaki lima hingga menu bintang lima, semua tersaji dengan ciri khasnya masing-masing. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp5.000,- hingga Rp70.000,- kita sudah bisa menikmati berbagai kuliner yang ada sepuasnya. Ada nasi ayam, nasi gudeg, nasi pindang, nasi goreng, nasi pela, nasi pecel, nasi gandul. Soto sapi, babat gonso, bakmi jawa, sate, seafood. Tahu gimbal, tahu petis, bubur. Aneka kue basah dan kue kering, lumpia, cakue, pisang plenet, . Takoyaki, tom yum, okonomiyaki, dim sum, zuppa soup, churros dan masih banyak lagi kuliner-kuliner yang menggugah selera begitu kita menginjakkan kaki di Pasar Semawis.

Setiap pedagang mempunyai cara tersendiri untuk manrik perhatian pengunjung. Ada beberapa pedagang yang memperlihatkan aksi memasaknya, ada juga yang memberikan tawaran menarik dan berbagai trik menarik lainnya. Pada saat-saat perayaan hari besar Cina, di Pasar Semawis sering diadakan pertunjukan seperti barongsai, tarian dan musik yang semakin menambah semarak Pasar Semawis.Ditambah dengan tambahan dekorasi lampion dan ornamen khas Tionghoa.

Tidak hanya kuliner saja yang dijajakan di Pasar Semawis, berbagai pakaian, mainan, buah-buahan dan aksesoris juga banyak bertebaran. Di Pasar Semawis kita juga tidak perlu khawatir untuk menikmati kuliner karena sudah disediakan bangku yang cukup banyak di setiap stand. Begitu memesan kuliner kita bisa menikmatinya langsung sambil menikmati ramainya suasana Pasar Semawis.

Saat Pasar Semawis dibuka sekitar pukul 18.00-23.00, maka ditutuplah jalan gang pecinan sehingga, pengunjung bisa bebas memarkirkan kendaraannya di sekitar Gang Besen, Gang Belakang, Gang Tengah, Gambiran, dan Gang Baru. Untuk menuju Pasar Semawis kita bisa mengambil dari Jalan Gajah Mada-Jalan Kranggan-Pekojan-Gang Pinggir (parkir). Tempatnya cukup strategis dan mudah dijangkau.

 

Lokasi: Pasar Semawis

Jl. Gg. Wr. No.50, Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139, Indonesia

Jam Buka: Jumat, Sabtu dan Minggu 18.00-23.00 WIB

 

 

Selamat Mencoba…



 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat