Home / Indonesia / Jawa Barat / Bogor / Taman Ade Irma Suryani Bogor-Menikmati Berbagai Wahana Asyik Di Taman Topi

Taman Ade Irma Suryani Bogor-Menikmati Berbagai Wahana Asyik Di Taman Topi

Taman Topi merupakan taman bermain yang berada di dekat Stasiun Bogor. Sebenarnya Taman Topi hanyalah julukannya saja. Nama yang sebenarnya adalah Taman Ade Irma Suryani. Ade Irma Suryani adalah nama dari putri bungsu Jendral Nasution yang tewas tertempak pada saat peristiwa G30S PKI. Karena bangunan depannya berbentuk menyerupai topi maka, disebutlah taman ini  Taman Topi.

Tahun 1975 Gubernur Jawa Barat, Yogi S.M meresmikan Taman Ade Irma Suryani, dan kemudian pada tahun 1985 meresmikan Taman Plaza Kapten Muslihat. Nama dari taman-taman ini diambil dari nama pahlawan dari Bogor dan Indonesia yang sekarang biasa disebut dengan nama Taman Topi, dahulunya pada jaman pemerintahan Belanda taman ini disebut Kebun Kembang.

Kapten Muslihat adalah pejuang muda Bogor yang gugur di usia ke 19 saat mempertahankan kemerdekaan sekitar pada Desember tahun 1945. Beliau tewas ditembak tentara Inggris ketika melakukan perang terbuka merebut Kota Bogor. Patung Kapten Muslihat dibuat untuk menghormati dan mengenang perjuangan beliau. Patung Kapten Muslihat menghadap ke arah Jembatan Merah, sedangkan tangan kiri menunjuk ke arah Kebun Raya dan tangan kanan memegang pistol. Pada bagian bawah patung tersebut, tertera tulisan Plaza Kapten Muslihat. Meski bernama Plaza namun, tempat ini bukan pusat perbelanjaan melainkan sebuah taman kota.

Dulu Taman Topi sangat ramai dikunjungi anak-anak namun, sekarang intensitasnya mulai sedikit berkurang lantaran banyaknya pengalihan tempat menjadi tempat komersil. Namun, pengunjung masih bisa menikmati berbagai wahana yang masih ada di bagian belakang. Ada bombom car, komidi putar, gajah terbang, helikopter, monorail, ayunan, jungkat-jungkit, waterpark, flying fox dan masih banyak lagi. Masing-masing dengan tarif yang terjangkau yaitu berkisar antara Rp5.000,- hingga Rp25.000,-.

 

Meski dalam cuaca panas namun, Taman Topi tetap sejuk karena banyaknya pepohonan rindang di sekitarnya. Kita juga bisa duduk di bangku-bangku yang telah disediakan. Saat menikmati berbagai wahana permainan kita juga bisa menikmati beraneka macam jajanan yang dijajakan oleh pedagang. Dari yang makanan ringan, minuman sampai makanan berat. Semua dijual dengan harga yang terjangkau berkisar antara Rp2.000,- hingga Rp30.000,-.

Tahun 1975 Gubernur Jawa Barat, Yogi S.M meresmikan Taman Ade Irma Suryani, dan kemudian pada tahun 1985 meresmikan Taman Plaza Kapten Muslihat ini dengan luas area kurang lebih sekitar 23.750meter persegi, nama dari taman-taman ini diambil dari nama pahlawan dari Bogor dan Indonesia yang sekarang biasa disebut dengan nama Taman Topi, dahulunya pada jaman pemerintahan Belanda taman ini disebut Kebun Kembang.

Tidak hanya bermain saja, di Taman Topi ini kita bisa makan, bersantai di taman, menikmati udara sejuk, dan membeli berbagai keperluan sehari-hari di toko-toko yang berjajar di dalamnya.

 

HTM pada Januari 2017:

-HTM Rp10.000,- per orang

-Parkir Rp3.000,-

-Tarif wahana Rp5.000,- hingga Rp25.000,-

-Kuliner Rp2.000,- hingga Rp30.000,-

 

 

Lokasi: Taman Topi Bogor (dekat Stasiun Bogor)

Jalan Raya Dramaga – Bogor No. 15, Pabaton, Bogor Tengah, Cibogor, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122, Indonesia

Jam Buka:

-Senin-Jumat 09.00-17.00 WIB

-Sabtu-Minggu 08.00-18.00 WIB

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat