Home / Jawa Timur / Telaga Sarangan Magetan-Menikmati Dinginnya Udara Puncak Jawa Timur

Telaga Sarangan Magetan-Menikmati Dinginnya Udara Puncak Jawa Timur

Telaga Sarangan merupakan sebuah telaga di bawah kaki gunung Lawu yang terletak di kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Telaga Sarangan menempati luas sekitar 30 Hektar dan mempunyai kedalaman 28 meter.



Lokasi Telaga Sarangan berada 16 KM sebelah barat kota Magetan. Karena berada di bawah kaki gunung, untuk menuju lokasi ini kita harus melewati jalan yang berliku-liku dengan kondisi jalan yang cukup curam. Pohon yang rindang serta pemandangan alam yang terlihat masih segar dan asri akan mengiringi perjalanan kita di sepanjang jalan menuju lokasi ini.

Memasuki lokasi wisata, suasana akan kelihatan cukup ramai oleh pengunjung yang lalu lalang menikmati indahnya Telaga Sarangan, ini diramaikan juga oleh pengunjung yang berbelanja di di kios-kios sekitar lokasi tempat wisata yang berada di kanan kiri jalan.




Obyek Wisata Telaga Sarangan ini memiliki suhu udara yang cukup dingin. Bagi pengunjung yang tidak tahan dengan udara dingin, siapkan jaket yang cukup tebal terutama apabila kita berencana untuk bermalam dan menikmati keindahan malam di telaga ini, karena Suhu di lokasi wisata ini bisa mencapai 18 s/d 25 derajat Celcius.

Apabila kita ingin menginap di tempat ini, kita tidak usah ragu, karena hotel yang di bangun di tempat ini cukup banyak, ada hotel kelas melati dan juga beberapa hotel berbintang. Kondisi hotel melati di lokasi ini cukup representative dan nyaman. Hotel melati rata-rata dibangun dengan tinggi 2 lantai, sehingga kita dapat melihat indahnya pemandangan telaga dari kamar hotel. Harga sewa hotel yang bervariasi memberikan kita banyak pilihan. Ada hotel yang hanya 1 kamar tidur, tetapi ada juga hotel yang menyediakan ruang dapur beserta ruang tamu.

Di sekitar lokasi wisata, kita akan menemukan pasar yang menjual sayuran dan buah-buahan. Pasar ini tidak seperti pasar yang kita jumpai, pasar ini cukup rapi dan tertata dengan baik. Buah dan sayuran terlihat segar dan berjejer rapi seperti ada keseragaman dan aturan untuk menatanya.

Bila kita mengunjungi wisata Telaga Sarangan ini, pagi hari atau sore hari adalah pilihan waktu yang tepat, karena di waktu-waktu ini sangat cocok dan nyaman untuk menikmati cuaca dan udara di sekitar telaga.

Lokasi Telaga Sarangan ini sebagian tempatnya di kelilingi pohon-pohon pinus yang cukup tinggi serta berjejer.

Tidak hanya pemandangan yang dapat kita nikmati, bagi kita yang ingin lebih mendekat lokasi air, di pinggir telaga terdapat sepeda air dan perahu boat. Mainan tersebut sengaja disewakan bagi pengunjung yang ingin mengelilingi telaga. Harga sewapun akan disesuaikan dengan berapa kali putaran kita berputar mengelilingi telaga.




Bagi pengunjung yang ingin mengelilingi telaga melalui jalur darat, penyewaan kuda atau delman juga tersedia di lokasi ini. Pilihan ini biasanya yang sering dipilih anak-anak, karena mereka merasa memiliki pengalaman baru bila menaiki kuda.

Bagi pengunjung yang memiliki hobi makan, ada makanan khas yang tidak boleh ketinggalan untuk dicoba. Di sekitar telaga terdapat warung makan yang menyediakan sate kelinci. Sate kelinci merupakan makanan khas tempat ini. Harga per porsi sate ini cukup terjangkau yaitu sekitar Rp. 7.000,-. Sambil duduk di tepi telaga, kita dapat menikmati sate sambil menikmati pemandangan alam dan pegunungan di sekitar telaga sarangan.

Obyek Wisata Telaga Sarangan ini akan selalu kelihatan ramai dikarenakan tempat penginapan, para pedagang souvenir dan warung makan serta telaganya itu sendiri memiliki jarak yang cukup berdekatan, sehingga bila kita ingin menuju telaga dapat kita lakukan hanya dengan berjalan kaki saja dengan waktu 5 menit kita sudah dapat menikmati pemandangan Telaga Sarangan.




Pengelola Telaga Sarangan ini memiliki kalender event yang berguna untuk menarik pengunjung agar dapat lebih banyak lagi yaitu labuh sesaji pada Jum’at Pon Bulan Ruwah, 1 sura di bulan Muharram serta pesta kembang api di pergantian tahun.

Setelah puas berwisata di Telaga Sarangan, kita dapat berbelanja oleh-oleh dan cinderamata. Kita dapat membeli tas, kaos atau kerajinan tangan khas Telaga Sarangan, yang juga merupakan hasil kerajinan dari penduduk sekitar.

 




 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat