Home / Bali / Museum Bajra Sandhi-Menilik Saksi Bisu Perjuangan Rakyat Bali

Museum Bajra Sandhi-Menilik Saksi Bisu Perjuangan Rakyat Bali

Jakarta mempunyai Monumen Nasional sebagai monumen perjuangannya, Bali juga mempunyai monumen perjuangan yang serupa yaitu Monimen Bajra Sandhi. Tidak heran jika banyak wisatawan yang menyebut Bajra Sandhi dengan sebutan Monas-nya Bali. Monumen Bajra Sandhi dapat kita tempuh sekitar 3 jam perjalanan dari pusat Kota Bali atau sekitar 40 menit dari Bandara Ngurah Rai Bali.

Foto: bali-indonesia.com

Foto: bali-indonesia.com

Museum Bajra Sandhi merupakan monumen perjuangan rakyat Bali yang dibangun pada tahun 1987 yang diresmikan oleh Presiden Megawati Sukarno Putri pada tanggal 14 Juni 2003. Tujuan dari pembangunan museum ini adalah untuk mengenang para pahlawan Bali dan untuk melestarikan budaya Bali secara turun-temurun. Museum Bajra Sandhi juga melambangkan persatuan dan kesatuan Negara Kemerdekaan Republik Indonesia. Hal itu, terbukti dari 17 anak tangga yang ada di pintu utama melambangkan tanggal 17. 8 buah tiang agung yang berada di dalam monumen melambangkan bulan ke delapan yaitu bulan Agustus. Dan monumen setinggi 45 meter melambangkan tahun 1945. 17 Agustus 1945 merupakan hari kemerdekaan Indonesia.

Foto: blog.kura2guide.com

Foto: blog.kura2guide.com

Dinamakan Bajra Sandhi karena monumen tersebut berbentuk bajra atau genta dan sandhi berarti suci. Bajra Sandhi berarti genta suci yang sering digunakan oleh Pendeta Hindu dalam mengucapkan Weda (mantra) pada saat upacara keagamaan.

Monumen Bajra Sandhi tepat berada di kawasan Lapangan Niti Mandala Renon di atas tanah seluas 13,8 hektar dengan luas bangunan 4.900 meter persegi. Monumen Bajra Sandhi mempunyai arsitektur Bali yang identik dengan pahatan dan ukiran yang khas. Bangunan dan ornamennya sangat unik. Arsitektur tersebut merupakan hasil gagasan dari Ir Ida Gede Yadnya pada tahun 1981 dan mulai dibangun pada tahun 1987 atas prakarsa Gubernur Bali, Ida Bagus Mantra.

Foto: sketsabudaya.blogspot.com

Foto: sketsabudaya.blogspot.com

Memasuki monumen ini kita akan menaiki 17 anak tangga di pintu utama. Di lantai 1 terdapat gedung, perpustakaan, ruang pertemuan, ruang informasi, ruang administrasi, ruang pameran dan toilet. Untuk neik ke lantai 2 kita bebas memilih 4 anak tangga yang ada. Di lantai 2 kita berada di museum yang berisi tentang perjuangan rakyat Bali dari masa pra sejarah, perkembangan peradaban rakyat Bali, sejarah perkembangan kerajaan Bali, hingga jaman perjuangan rakyat Bali merebut kemerdekaan. Cerita perjuangan rakyat Bali ini digambarkan dalam 33 diorama yang unik dan menarik dengan 3 macam bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Bali. Sehingga, kita tidak akan bosan dalam mempelajari setiap sejarahnya. Di lantai 2 ini terdapat tangga yang melingkar untuk menuju ke lantai 3. Untuk naik ke atas, kita harus dalam keadaan suci (untuk perempuan tidak sedang haid). Tinggi tangga tersebut sekitar 30 meter, memang sangat melelahkan saat melewatinya namun, semua perjuangan akan terbayarkan ketika kita sampai di lantai 3. Di lantai 3 ini terdapat ruangan yang luas dengan jendela kaca disekelilingnya sehingga, dari sini kita bisa melihat pemandangan Kota Denpasar yang indah berupa bentang alam yang hijau dan perkotaan yang padat. Monumen ini menjadi batas tinggi pembangunan gedung bertingkat di Denpasar tidak boleh lebih dari 30 meter.

ground-floor-1

second-floor-2

Foto: alamasedy.com

Foto: alamasedy.com

Foto: kompasiana.com

Foto: kompasiana.com

Dikawasan museum ini terdapat lapangan yang luas, biasa digunakan oleh masyarakat Bali untuk berolah raga. Banyak juga warung-warung yang menjual berbagai makanan ringan sampai kerajinan tangan. Setiap harinya Museum Bajra Sandhi tidak pernah sepi pengunjung. Terlebih pada saat musim liburan banyak rombongan siswa yang melakukan study tour dari sekolah di seluruh Indonesia bahkan dunia. Tempatnya yang penuh dengan sejarah mampu menarik wistawan dari berbagai penjuru karena, dari museum inilah mereka akan mengetahui seluk beluknya Bali secara detail.

Lokasi Museum Bajra Sandhi sangatlah strategis namun, akses untuk mencapainya agak susah. Jarang ada kendaraan umum yang menuju ke Museum Bajra Sandhi. Setelah sampai di Terminal Denpasar, kita harus naik ojek untuk sampai di Museum Bajra Sandhi. Sebaiknya membawa kendaraan pribadi maupun menyewa jasa travel. DanĀ  apabila kita ingin menginap, di kawasan Museum Bajra Sandhi sudah banyak berdiri hotel dengan harga dan fasilitas yang beragam.

Setelah lelah menikmati waktu di Monumen Bajra Sandhi kita bisa melepaskan lelah di Pantai Sanur yang berada tidak jauh dari monumen ini.

 

Fasilitas: perpustakaan, kolam ikan, lapangan, kerajinan tangan, toilet, area parkir luas.

HTM: Rp5.000,- per orang.

wisatawan asing Rp10.000,-

siswa Rp1.000,- sampai Rp2.000,-

Parkir mobil: Rp5.000,- per mobil.

Parkir sepeda motor: Rp2.000,- per sepeda motor

 

Lokasi: Lapangan Niti Mandala

Jalan Raya Puputan No. 142, Panjer, Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234

Jam Buka: 08.30-16.30 WITA

Rute: Dari pusat Kota Bali, Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk>Jl. Danau Tamblingan>Jl. Munduk – Wanagiri>Jl. Raya Wanagiri>Jl. Pancasari – Baturiti>Jl. Raya Singaraja-Denpasar>Jl. Raya Bedugul>Jl. Baturiti Bedugul>Jl. Pancasari – Baturiti>Jl. Raya Baturiti>Jl. Gunung Agung> Jl. Raya Pacung>Jl. Baturiti – Mekarsari>Jl. Mekarsari – Baturiti Bedugul> Jl. Perean Tengah> Jl. Raya Denpasar>Jl. I Gusti Ngurah Rai>Jl. I. Gusti Ngurahrai-Mengwi>Gg. Walmiki/Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk>Jl. Raya Lukluk – Sempidi/Jl. Raya Sempidi>Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk/Jl. Raya Sempadi>Jl. Cokroaminoto>Jl. Gatot Subroto Barat>Jl. Ahmad Yani>Jl. Kartini>Jl. Nakula>Jl. Werkudara>Jl. Arjuna>Jl. Gajah Mada>Jl. Surapati>Jl. Kapten Agung>Jl. Letda Made Putra>Jl. Letda Reta>Jl. Letda Tantular>Jl. Cok Agung Tresna>Jl. Penjaitan>Jl. Juanda Karta Wijaya>Jl. Raya Puputan>Monumen Bajra Sandhi, Jalan Raya Puputan No. 142

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat