Home / Indonesia / Museum RA kartini Jepara-Menelusuri Jejak Kehidupan Sang Pahlawan Emansipasi Wanita RA Kartini

Museum RA kartini Jepara-Menelusuri Jejak Kehidupan Sang Pahlawan Emansipasi Wanita RA Kartini

Jepara, merupakan kota kelahiran pahlawan emansipasi wanita yaitu RA Kartini. Terdapat museum yang menyimpan berbagai benda koleksi Ra Kartini yang hingga kini masih terjaga kelestariannya. Museum ini menjadi salah satu museum bersejarah yang ada di Indonesia. Sebagai situs sejarah yang banyak menyimpan history masa lampau, Museum Kartini banyak dikunjungi oleh wisatawan khususnya para pelajar guna untuk menambah pembelajaran sekolah.

RA Kartini lahir pada 21 April tahun 1879 dan wafat pada usia yang ke-25 pada 17 September 1904. Namun, namanya tetap harum hingga sekarang. Bahkan pada setiap tahunnya pada tanggal 21 April dijadikan sebagai Hari Kartini sebagai bentuk menghargai perjuangan sang pahlawan emansipasi wanita.

Pada zaman penjajahan, anak perempuan tidak diperbolehkan mengenyam pendidikan. Hanya anak bangsawan semacam anak pejabat daerah yang boleh sekolah. RA KArtini bertekad untuk menghapuskan hal tersebut. Perjuangannya yang tak pernah menyerah, akhirnya mampu menghapus ketentuan yang membelenggu perempuan. Kini, semua anak perempuan diperbolehkan sekolah setinggi-tingginya dan berbagai posisi pekerjaan pun juga bisa dipegang oleh perempuan.

Museum Kartini dibangun pada 30 Maret 1975. Diresmikan oleh Bupati Soedikto pada 21 April 1977. Bangunan museum berdiri di atas tanah seluas 5.210 meter persegi. Jika dilihat dari atas, gedung-gedung dari bangunan tersebut membentuk huruf K, T, dan N yang merupakan singkatan dari KARTINI.

Meski dinamakan sebagai Museum Kartini namun, didalamnya tidak hanya terdapat koleksi RA Kartini. Juga terdapat berbagai koleksi kakaknya Yang bernama Sosro Kartono. Selain itu berbagai benda sejarah yang ditemukan di Jepara juga tersimpan di dalam museum yang dulunya merupakan rumah keluarga RA Kartini.

Begitu memasuki Museum Kartini kita akan melihat berbagai bangunan khas Jepara, beberapa bagian identik dengan batu bata. Kemudian kita akan disambut oleh lukisan besar RA Kartini. Kemudian kita juga akan melihat mesin jahit dan meja kerja milik RA Kartini, koleksi buku berbahasa Belanda dan berbagai kumpulan surat Kartini.

Museum RA Kartini terbagi menjadi 4 ruangan dengan berbagai koleksi yang berda setiap ruangnya. Pada ruang pertama, gedung K terdapat berbagai koleksi RA Kartini berupa benda-benda pribadi dan koleksi foto semasa hidupnya. Pada Ruang kedua, gedung K terdapat berbagai koleksi benda peninggalan Sosro Kartono. Pada ruang ketiga, terdapat benda-benda bersejarah dan purbakala yang ditemukan di wilayah Jepara. Selain itu, juga terdapat hasil karya kerajinan Jepara seperti tenun ikat troso, anyaman bambu dan rotan. Pada ruang keempat, gedung T terdapat fosil tulang ikan raksasa dari Laut Karimunjawa bernama ikan Joko Tua jenis paus gajah, ikan paus yang mempunyai belalai. Ikan raksasa ini sepanjang 16 meter seberat 6 ton ditemukan pada April 1989. Sedangkan, pada ruang kelima, gedung N terdapat ruangan yang cukup luas yang digunakan sebagai panggung kesenian.

Tempatnya nyaman, terjaga dengan baik, rapi dan bersih. Kita pun akan merasa tenang saat mengelilingi museum untuk melihat koleksi di setiap sudut ruangannya. Penataannya juga disesuaikan dengan alur yang urut sehingga tampak menarik dan menyenangkan. Setiap harinya museum bersejarah ini selalu ramai pengunjung. Tak heran jika berbagai fasilitas pun mulai diadakan demi memberi kenyaman terhadap pengunjung. Ada cafetaria, tempat asyik untuk minum kopi maupun sekedar melepas rasa lelah setelah berkeliling museum. Panggung Opera, yang biasa dijadikan sebagai tempat pertunjukan teater. Bioskop Film Kartini, bioskop yang khusus dibuat untuk menayangkan perjuangan hidup RA Kartini dalam bentuk film. Selain itu juga terdapat toilet, area parkir yang luas dan berbagai toko souvenir.

Keluar dari Museum Kartini, kita bisa singgah di objek wisata yang tidak jauh dari Museum Kartini. Ada Pantai Kartini, Pusat Pengrajin Ukiran Jepara,

 

HTM pada 10 Mei 2017:

Dewasa Rp1.500,- dan Anak-anak Rp1.000,-

 

Fasilitas: cafetaria, panggung opera, bioskop Kartini, toko souvenir, toilet, area parkir, taman bermain, penginapan.

 

Lokasi: Museum Kartini Jepara

Jl. Alun-Alun No.1, Panggang, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59411, Indonesia

Rute:

-Dari Kabupaten Jepara>Jl. Shima>Jl. Raden Ajeng Kartini>Jl. Jendral Ahmad Yani>Jl. Brigjen Katamso>Museum RA Kartini, Jl. Alun-Alun No.1, Panggang, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat