Home / Indonesia / Museum Ranggawarsito Semarang-Menelusuri Sejarah Perjuangan Rakyat Jawa Tengah

Museum Ranggawarsito Semarang-Menelusuri Sejarah Perjuangan Rakyat Jawa Tengah

Foto: travel.detik.com

Foto: travel.detik.com

Museum Ranggawarsito merupakan museum bersejarah yang berisi warisan dan benda budaya Jawa Tengah. Museum bersejarah di Semarang ini didirikan pada 5 Juli tahun 1989 di atas tanah seluas 2 hektar. Dari pusat Kota Semarang sekitar 8 km atau sekitar 30 menit perjalanan. Museum bergaya rumah joglo ini dibangun dengan arsitektur Ir. Totok Rusmanto ini sudah mempunyai 50.000 koleksi dari zaman prasejarah sampai zaman kemerdekaan. Museum ini dibangun untuk melestarikan kebudayaan Jawa Tengah serta menjadi sarana belajar bagi generasi selanjutnya. Dinamakan Museum Ronggowarsito karena berasal dari nama seorang pujangga Keraton Surakarta Hadiningrat yang karya-karyanya dikenal luas oleh masyarakat Jawa.

Foto: coretanpetualang.wordpress.com

Foto: coretanpetualang.wordpress.com

Foto: planologijuliandevi.blogspot.com

Foto: planologijuliandevi.blogspot.com

IMG20160424111400

Museum ini mempunyai 4 gedung yang masing-masing menyimpan sejarah tersendiri. Gedung A terdapat sejarah Geologi dan Geografi berupa bebatuan, meteorit, mineral, batuan alam, batu mulia, stalagtit dan stalagmite. Paleontologi (zaman purba) berupa fosil kayu, bebatuan, tulang hewan dan hewan langka yang diawetkan. Gedung B berisi peninggalan budaya dan kerajinan dari peradaban Hindu Budha dan Islam. Wahana batik dan keramik yang dipamerkan dengan diorama dan patung. Gedung C berisi ruang sejarah perjuangan Jawa Tenga berikut dengan koleksi senjatanya. Ruang koleksi teknologi, kerajinan tradisional, teknologi industry dan transportasi derta kerajinan rumahan. Gedung D berisi tentang pameran pembangunan, numistik, heraldic, tradisi nusantara, ruang intisari dan hibah. Dan yang terakhir ruang kesenian yang memamerkan beragam kesenian nusantara dari berbagai daerah.

Foto: hellosemarang.com

Foto: hellosemarang.com

Foto: coretanpetualang.wordpress.com

Foto: coretanpetualang.wordpress.com

pelajar-mengamati-berbagai-jenis-batu-yang-dipajang-pada-pameran-_150520153352-261

IMG_20150516_120221

Koleksi-budaya-dari-beragam-wayang-museum-ronggowarsito

maxresdefault

Foto: coretanpetualang.wordpress.com

Foto: coretanpetualang.wordpress.com

Foto: kisahklasikduniaku.blogspot.com

Foto: kisahklasikduniaku.blogspot.com

Di dalam museum yang masing-masing gedung berlantai 2 ini kita bisa menemukan berbagai sejarah melalui diorama, patung maupun tulisan dengan konsep dalam ruangan maupun luar ruangan. Suasananya sangat ramah, meski banyak koleksi namun penataannya masih renggang sehingga para pengunjung bisa berlalu lalang dengan bebas.

IMG_20150516_113722

20151230_125743

Selain ruang pameran, Museum Ranggawarsita juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Ada perpustakaan yang menyimpan beragam buku budaya dan ilmu pengetahuan yang sangat berguna bagi pengunjung. Ruang audio visual yang didesain seperti bioskop mini. Coin box yaitu kotak audio yang memperdengarkan cerita rakyat dari Jawa Tengah. Ruang apresiasi disediakan khusus untuk digunakan dalam berbagai acara lomba, festival, dan pergelaran budaya. Selain itu, juga terdapat taman bermain, souvenir shop, dan auditorium serbaguna.

Museum Ranggawarsita sangat cocok untuk wistawan dari semua kalangan. Selain harganya terjangkau juga mendapatkan banyak pengetahuan baru mengenai sejarah dan budaya Jawa Tengah. Tak heran jika setiap musim liburan, museum ini selalu dikunjungi oleh para pelajar dari berbagai penjuru sekolah.

Foto: sp.beritasatu.com

Foto: sp.beritasatu.com

Setelah puas menikmati objek wisata Museum Ranggawarsita kita bisa singgah sebentar ke wisata didekatnya seperti Klenteng Sam Poo Kong dan Masjid Agung Jawa Tengah.

 

Rute: Jl. Jend. Sudirman-Jl. Pamularsih-Jl. S. Parman (Bundaran Kalibanteng, Museum Ranggawarsita)

Fasilitas: ruang pameran, taman bermain, toko, auditorium, toilet, area parkir

Lokasi: Jl. Abdulrahman Saleh No. 1, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia (Bundaran Kalibanteng)

Telp. (024) 7602389

Fax. (024) 7602389

Jam Buka: 08.00-15.00 WIB

HTM:

Wisatawan local: Rp4.000,- (dewasa) dan Rp2.000,- (anak-anak)

Wisatawan asing: Rp10.000,-

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat