Home / Indonesia / DKI Jakarta / Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) Semarang-Melihat Koleksi Rekor Prestasi Anak Bangsa

Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) Semarang-Melihat Koleksi Rekor Prestasi Anak Bangsa

Museum Rekor Indonesia (MURI) merupakan museum tempat dicatatnya berbagai prestasi superlatif nasional maupun internasional. MURI bertugas menghimpun data dan memberi penghargaan terhadap setiap prestasi yang tercatat. Baik itu prestasi dari bidang bendera, budaya, busana, ekonomi, flora dan fauna, fotografi, furniture, geografi, hukum, inventor, iptek, jurnalistik, keagamaan, kendaraan, kerajinan, kesehatan, ketrampilan, kolektor, komersial, konstruksi, kuliner, mainan, manusia, musik, olahraga, pemerintahan, pendidikan, pentas, radio, rias, rupa, sinema, sosial, tari hingga tulis.

MURI berdiri pada 27 Januari 1990 dengan nama Museum Rekor Indonesia. Didirikan oleh Jaya Suprana bersama PT. Jamu Jago. Seiring berjalannya waktu MURI tidak hanya mencatat prestasi nasional saja, MURI juga mencatat prestasi internasional. Oleh karena itu, pada 14 Agustus 2005 MURI diganti dengan nama Museum Rekor-Dunia Indonesia.

Tujuan didirikannya MURI yaitu untuk menegakkan pilar-pilar kebanggan nasional bangsa Indonesia. Sesuai slogan MURI “Menginspirasi putra-putri bangsa untuk menciptakan rekor-rekor dunia”. Hal tersebut semakin memperkuat harapan agar bangsa Indonesia mampu dan mau menghargai karsa dan karya bangsanya sendiri.

MURI berdiri di kawasan PT. Jamu Jago tepatnya di Jl. Setiabudi No. 179 dengan luas 600 meter persegi. Terdiri dari ruang ekshibisi data dan ruang koleksi foto MURI. Di sisi lain juga terdapat ruang ekshibisi PT. Jamu Jago dan ruang koleksi foto PT. Jamu Jago. Sehingga, keadaan MURI bersebelahan dengan Museum Jamu Jago. Jamu Jago merupakan perusahaan jamu yang pertama di Indonesia, di bawah pimpinan Jaya Suprana generasi yang ke tiga.

Hingga saat ini, Juni 2017 MURI telah mencatat rekor sebanyak 3413 dalam berbagai bidang. MURI juga telah menerbitkannya menjadi buku yang kini sudah mencapai volume kelima. Adapun pencetakan buku rekor MURI diprakarsai oleh Aylawati yang merupakan Direktur MURI dan juga yang menciptakan managemen MURI yang profesional tersebut. Koleksi MURI berupa catatan rekor dan juga benda-benda berwujud yang diberi rekor. Ada replika Candi Borobudur yang terbuat dari kaca, ada ukiran pada batang korek api, ada cacatan rumus matematika terpanjang, replika lipstik raksasa Mustika Ratu, plakat nama Jamu Jago yang pertama, lukisan sidik jari, buku dengan halaman terbanyak, Al-Qur’an ukir kayu, dan masih banyak lagi koleksi yang unik dan menarik lainnya.

Adapun kantor MURI tersebar di 2 Kota di Indonesia. Pertama di Jakarta yaitu di Mall of Indonesia LG Floor Kelapa Gading, dan yang kedua di Semarang, yaitu di Jalan Perintis Kemerdekaan 275 Srondol. MURI sudah dikenal banyak umat di dunia, bahkan negara lain juga terinspirasi untuk membuat apresiasi serupa pada warganya.

Untuk bisa melihat koleksi MURI kita bisa datang ke museumnya yang ada di Semarang tanpa dipungut biaya. Semua catatan prestasi putra-putri Indonesia dan juga benda-benda yang diberi rekor tertata rapi. MURI buka pada hari Senin sampai Jumat dari pukul 09.00 sampai pukul 14.00. Selain berwisata, sekaligus kita bisa belajar banyak hal dari berbagai prestasi anak bangsa yang ditorehkan untuk Indonesia baik dikancah nasional maupun dikancah internasional. Untuk lebih mengenalkan MURI pada masyarakat, MURI sering hadir membuka galeri pameran di tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan.

 

Lokasi: Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI)

Jl. Perintis Kemerdekaan No.275, Srondol Kulon, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50263, Indonesia

 

Alamat Kantor MURI:
-Mall of Indonesia Lt. LG, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Indonesia

Telp. (+62) 21 4586 7995
Fax. (+62) 21 4586 7995

Jl. Perintis Kemerdekaan No.275, Srondol Kulon, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50263, Indonesia

Telp.  (+62) 24 7475 172
Fax. (+62) 24 7475 172

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat