Home / Indonesia / Museum Sang Nila Utama Riau-Menilik Keberadaan Peninggalan Sejarah Bangsa Melayu

Museum Sang Nila Utama Riau-Menilik Keberadaan Peninggalan Sejarah Bangsa Melayu

Pekanbaru, Riau mempunyai destinasi wisata yang beragam. Mulai dari objek wisata alam, wisata bermain, wisata sejarah hingga wisata kuliner. Pada bagian sejarah, terdapat banyak bangunan kuno berupa istana mewah maupun museum yang berdiri gagah. Salah satu bangunan bersejarah yang menyimpan beragam koleksi peninggalan bangsa Melayu, Museum Sang Nila Utama.

Museum Sang Nila Utama dibangun pada tahun 1984 dengan nama Museum Negeri Provinsi Riau. Diresmikan oleh Dirjend Kebudayaan Prof. Edi Sedyawati pada 9 Juli 1994. Kemudian berganti nama menjadi Museum Sang Nila Utama pada tahun 2001. Nama Sang Nila Utama diambil dari nama Pangeran Kerajaan Bintan yang berasal dari Sriwijaya Palembang.

Foto: antaragama.com

Museum Sang Nila Utama memiliki lebih dari 4000 koleksi peninggalan sejarah berupa pakaian adat, permainan tradisional, instrumen musik, artefak, maket, dokumen, foto dan berbagai benda sejarah lainnya. Semua benda kolek si museum tersimpan di dalam kaca sehingga, pengunjung tidak bisa menyentuhnya. Museum Sang Nila Utama berdiri di atas tanah seluas 2 hektare. Terdiri dari 2 lantai, mempunyai halaman yang luas dengan lokasi pameran di sekitar museum.



Museum Sang Nila Utama memiliki arsitektur bangunan dengan konsep Melayu Klasik. Struktur bangunannya masih menggunakan kayu dengan ukiran khas Melayu yang unik dan menarik. Lokasinya sangat luas dengan penambahan taman hijau yang semakin menyejukkan suasana.

Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Masih di sekitaran museum, selain menemukan berbagai koleksi. Anda juga akan menemukan berbagai ruang perkantoran seperti ruang pameran, ruang konservasi dan reparasi, ruang rapat, ruang kurator,ruang administrasi dan ruang kepala museum. Di setiap ruang perkantoran, Anda bisa mendapat berbagai informasi hal mengenai Museum Sang Nila Utama.




Beranjak ke luar museum, Anda akann menemukan taman yang dilengkapi dengan wahana bermain. Kemudian, di sisi lain Anda akan menemukan auditorium yang cukup luas untuk mengadakan berbagai acara. Dan Anda pun juga akan menemukan perpustakaan yang memuat berbagai koleksi buku terutama buku budaya bangsa Melayu.

Museum Sang Nila Utama sangat cocok untuk dijadikan sebagi destinasi wisata saat Anda di Riau. Selain mendapatkan banyak ilmu yang mengedukasi, Anda juga bisa mendapatkan kesan berharga saat mengunjungi Museum Sang Nila Utama. Bagi Anda yang menyukai fotografi, Anda pun juga bisa mendapatkan foto dengan spot-spot klasik yang fotogenik.



Museum Sang Nila Utama tidak hanya dikunjungi oleh para pelajar saja melainkan masyarakat kalangan umum juga wisatawan mancanegara yang ingin mengetahui keberadaan peninggalan bangsa Melayu. Museum Sang Nila Utama setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung, sejak buka pada pukul 08.00 WIB hingga tutup pada pukul 14.00 WIB. Meski dijadikan sebagai objek wisata namun untuk memasuki Museum Sang Nila Utama tidak dikenakan biaya alias gratis.

 

 

Lokasi: Museum Sang Nila Utama

Jl. Sudirman No. 194, Pekanbaru, Indonesia

Jam Buka: 08.00-14.00 WIB

Rute:

-Dari Pekanbaru>Jl. Lintas Timur Jambi-Riau>Jl. Sepakat>Jl. Bukit Barisan>Jl. Harapan Raya/Jl. H. Imam Munandar/Jl. Lintas Timur Sumatera>Jl. Jenderal Sudirman>Museum Daerah Riau Sang Nila Utama, Jl. Jenderal Sudirman No.194, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

 

Selamat Berwisata…

 






 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat