Home / Tempat Wisata / Candi Gedong songo Semarang-Menikmati Indahnya Negeri Di Atas Awan

Candi Gedong songo Semarang-Menikmati Indahnya Negeri Di Atas Awan



Candi Gedong Songo merupakan salah satu situs peninggalan sejarah kebudayaan Hindu yang dibangun pada pertengahan abad ke-9. Seperti namanya dulu Candi Gedong Songo berjumlah 9 buah namun, kini hanya tersisa 5 buah dengan posisi yang terpisah cukup jauh. Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran tepatnya di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Kita bisa menempuhnya dari Bandungan sekitar 15 menit dan dari Ambarawa sekitar 40 menit.

Candi Gedong Songo dibangun oleh Raja Putera Mandiri pada masa pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno. Dominan dengan adanya arca dewa Hindu dan menggunakan arsitektur bercorak Hindu. Berada pada ketinggian 1.200 mdpl membuat kawasan Candi Gedong Songo mempunyai udara yang dingin hingga kawsannya sering tertutup kabut. Hal ini lah yang kemudian membuat Candi Gedong Songo seperti berada di atas awan.

Udara sejuk dengan pemandangan yang indah akan membuat setiap wisatawan betah berlama-lama menghabiskan waktu di Candi Gedong Songo. Kita bisa mengunjungi semua situs Candi Gedong Songo. Kita juga bisa menikmati hangatnya sumber mata air panas yang masih mengandung belerang, belerang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Kita bisa mengelilingi kawasan Candi Gedong Songo dengan menaiki kuda. Dan kita pun juga bisa mendirikan kemah di area perkemahan yang telah disediakan.

Menikmati pemandangan alam yang membentang di depan mata. Tampak dari kejauhan terlihat penampakan Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Hutan hijau nan asri juga perumahan penduduk juga saling menyambut kedatangan kita dengan menyuguhkan pemandangan yang indah.
Udara yang sejuk dengan pemandangan alam yang hijau nan asri semakin menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Lebatnya hutan pinus juga semakin menambah keindahan panorama Candi Gedong Songo.

Candi Gedong Songo juga mempunyai fasilitas yang cukup baik, seperti kamar mandi, warung makan, ares parkir, mushola dan berbagai penginapan dengan harga yang terjangkau.




HTM pada April 2017:
-wisatawan lokal Rp6.000,-
-wisatawan asing Rp25.000,-

Fasilitas : kamar mandi, warung makan, area parkir, mushola, penginapan, camping ground, berkuda.
Lokasi: Candi Gedong Songo
Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Jam Buka: 06.00-17.00 (Senin-Jumat)

Selamat berwisata…