Home / Tempat Wisata / PAGAT BATU BENAWA

PAGAT BATU BENAWA

Pagat Batu Benawa merupakan obyek wisata alam berupa sebuah sungai yang memiliki keindahan alam serta berada di kawasan perbukitan sehingga membuat udaranya cukup sejuk. Obyek wisata ini tepatnya berada di Desa Pagat Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan.

Batu Benawa merupakan sebuah tempat wisata yang memiliki arus sungai yang tidak terlalu deras dan airnya cukup jernih. Disini kita dapat melihat berbagai panorama alam yang dapat memanjakan mata, hal ini membuat banyak para wisatawan yang menyempatkan waktunya untuk ke tempat ini bila berada di daerah Kalimantan Selatan.

Untuk menuju ke Pagat Batu Benawa kita membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan dari Kota Banjarmasin yang berjarak sekitar 165 Km, namun bila dari Kota Barabai yang merupakan ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah hanyak berjarak sekitar 7 Km dengan waktu tempuh sekitar 15 – 20 menit. Tempat wisata ini memiliki wilayah wisata yang cukup luas dengan sungai yang panjang serta lebar sehingga di sungai tersebut sering kita lihat rakit yang terbuat dari bamboo mondar mandir membawa para pengunjung.

Bila kita ingin ke tempat wisata ini dengan menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Banjarmasin kita menuju Kota Banjarbaru selanjutnya kita menuju kota Martapura yang terkenal dengan permatanya dan sering juga disebut sebagai Kota Serambi Mekah. Selepas dari Martapura kita menuju Kabupaten Tapin atau Kota Rantau selanjutnya akhirnya kita sampai ke Kota Barabai. Dari Barabai yang merupakan ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah kita menuju Pagat Batu Benawa, sebelum kita sampai ke wilayah wisata tersebut kita akan melewati area markas TNI yang berada di daerah Batali.

Untuk masuk ke Pagat Batu Benawa dari pintu gerbang kita membeli tiket masuk terlebih dahulu dengan harga sebesar Rp. 5.000,- per orang. Obyek wisata ini dibuka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai dengan 17.00..

Dari pintu gerbang Pagat Batu Benawa untuk menuju ke pusat wisatanya yaitu sebuah sungai, kita berjalan kaki dengan menaiki dan menuruni beberapa anak tangga hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di kawasan perbukitan. Sesampai di sungai sebelum menikmati aliran sungai serta pemandangan alam sekitar sebaiknya kita menyewa terpal terlebih dahulu untuk beristirahat atau menyimpan barang bawaan kita, adapun harga terpal tersebut yaitu sebesar Rp. 15.000,- sampai dengan Rp. 20.000,-.

Sungai di Batu Benawa ini berarus sedang dan banyak para pengunjung yang menikmati airnya yang jernih sambil berenang dan bermain, kita juga dapat menyewa ban yang terdapat di tempat ini dengan harga berkisar antara Rp. 2.500,- sampai dengan Rp. 3.000,- .

Di Pagat Batu Benawa ternyata cukup banyak yang menjual jagung muda yang baru saja dipetik dari pohonnya, kita dapat menikmati jagung tersebut sambil berwisata di alam yang cukup asri ini serta banyak ditumbuhi pohon-pohon yang rindang di sekitarnya. Harga jagungnya cukup murah yaitu sekitar Rp. 1.000,- per buah.

Pagat Batu Benawa memiliki fasilitas wisata cukup lengkap seperti arena bermain anak-anak, panggung, aula, mushollah serta kamar mandi untuk berganti pakaian. Selain itu di daerah ini juga terdapat sebuah Goa yang berada di kaki Bukit Bini. Untuk ke Goa ini kita harus menyeberangi sungai melalui 2 jalur yaitu melalui jembatan gantung atau melalui rakit yang terbuat dari bambu. Biasanya para pengunjung disini banyak yang menggunakan rakit dikarenakan sensasinya yang menantang, namun untuk menaikinya kita dikenakan tariff sebesar Rp. 1.000,- per orang.

Menurut legenda, goa tersebut adalah bagian kapal yang terpecah menjadi 2 bagian. Konon kapal tersebut adalah milik Raden Penganten yang durhaka pada ibunya yang bernama Dian Insung, cerita ini mirip dengan cerita Malin Kundang yang berasal dari Sumatera. Cerita lengkap mengenai legenda ini dapat kita baca pada dinding yang terdapat di Goa ini.

Bila ingin melihat pemandangan alam seluruh tempat ini kita dapat menaiki bukit yang ada di Goa. Untuk menaikinya telah disediakan beberapa anak tangga yang terbuat dari semen dan kayu, namun perlu hati-hati karena posisi tangganya yang cukup miring dan terjal. Sesampai di atas bukit kita, selain alam wisata sekitar, kita juga dapat melihat pemandangan  Kota Barabai dan sekitarnya.

Di tempat wisata ini terdapat juga kios yang menjual beberapa souvenir berupa kerajinan tangan serta pernak pernik lainnya.

Bila kita telah puas menikmati alam wisata di Pagat Batu Benawa, kita dapat melanjutkan wisata di tempat lain yaitu Obyek wisata Air Panas Hantakan yang berada di Desa Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.