Home / Tempat Wisata / PANTAI BARON GUNUNG KIDUL

PANTAI BARON GUNUNG KIDUL

Pantai Baron merupakan sebuah pantai yang memiliki keunikan dan mempunyai nilai yang sakral bagi penduduk setempat.

LOKASI PANTAI BARON

Letak Pantai ini berada di Desa Kemadang Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Jogyakarta.

baroon

Pantai ini dahulu merupakan sebuah pantai yang belum terawat dan menurut penduduk setempat memiliki nilai magis yang cukup kuat. Bagi penduduk setempat pantai ini dijadikan sebagai salah satu kawasan untuk mencari ikan sebagai sumber mata pencaharian mereka. Oleh Pemerintah Daerah pantai kemudian dijadikan sebagai salah satu objek wisata di kawasan Pantai Selatan.

RUTE PERJALANAN MENUJU PANTAI BARON

baron-tugu

Untuk menuju ke tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan atau menempuh perjalanan sekitar 65 Km dari kota Jogyakarta dan 25 Km ke arah selatan dari Kota Wonosari.

Bila kita ingin ke tempat ini, kita dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Dengan kendaraan pribadi kita melalui jalur Jogyakarta – Wonosari – Pantai Baron, di rute ini kita akan melewati jalan yang berkelok dan jalannya cukup kecil sehingga kita perlu berhati-hati dalam berkendara. Selain itu jalan yang akan kita lewati juga naik turun sehingga membutuhkan stamina yang baik serta kondisi kendaraan haruslah fit.

Selain kendaraan pribadi kita juga dapat menggunakan Bus Trans Jogya seharga Rp. 3.000,-, dari stasiun Tugu yang berada di Kota Jogya kita menuju terminal Giwangan dengan Bus Trans Jogya jurusan 1A kemudian di halte Bandara Adisucipto kita berganti bus ke jalur 3B yang menuju Terminal Giwangan. Dari terminal kita melanjutkan perjalanan ke Wonosari dengan menggunakan minibus dengan waktu sekitar 1 – 2 jam. Sesampai di Wonosari kita lanjutkan kembali dengan mini bus ke arah Panti Baron.

HTM PANTAI BARON

Setiap pengunjung yang masuk ke tempat wisata ini dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000,- per orang dan sekaligus dapat digunakan untuk tiga pantai yang berada di deretan Pantai Baron yaitu Pantai Sundak, Pantai Krakal dan Pantai Kukup. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 2.500,- untuk mobil dan Rp. 1.000,- untuk motor.

Tempat wisata ini dibuka setiap hari, mulai dari jam 08.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

PESONA PANTAI BARON

baronnnnnnn

Suasana di Pantai Baron sangatlah ramai, hal ini dikarenakan keindahan pantainya serta bentuknya yang mirip sebuah teluk dengan karang batu yang mengelilingi pantai membuat pantai ini berbeda dengan obyek wisata pantai di daerah lainnya.

barooon

Selain itu keunikan pantai ini adalah terdapat sebuah titik di pantai yang airnya merupakan pertemuan antara air tawar dengan air laut, hal ini membuat banyak para pengunjung yang penasaran akan pantai ini.  Di pantai ini juga memiliki ombak yang cukup besar sehingga kita perlu berhati-hati dan tidak boleh melewati batas pantai yang telah ditentukan oleh petugas pantai.

baronnn

Di tempat ini kita juga dapat melihat aktifitas nelayan yang mencari ikan di laut, hasil tangkapan mereka biasanya di jual di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang berada tidak jauh dari Pantai ini.  Selain itu kita juga dapat berwisata sambil memancing ikan di tempat yang telah disediakan oleh pengelola wisata.

Dan apabila Anda ingin melihat pesona Pantai Baron dari ketinggian, Anda bisa melihatnya dari atas mercusuar Pantai Baron yang berada tidak jauh dari pantai ini. Kita dapat melihat berbagai pemandangan yang berada di sekitar pantai dengan jelas dan leluasa.

baron-mercusuar

Untuk pengunjung yang ingin berkuliner, di tempat ini berdiri warung-warung makan yang menyajikan menu makanan seafood yang segar-segar, hasil tangkapan dari nelayan di sekitar pantai. Menu yang cukup terkenal dan merupakan andalan di tempat ini adalah Sop Ikan Kakap, dengan uang sebesar Rp. 25.000,- sampai dengan Rp. 30.000,- kita sudah dapat menikmati menu tersebut.

baron-makan

Di Pantai ini juga terdapat acara Upacara Adat yaitu Upacara Sedekah Laut yang diselenggarakan oleh masyarakat setempat yang mayoritas bekerja sebagai nelayan. Upacara ini diselenggarakan setiap bulan suro kalender Jawa dan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan limpahan hasil laut bagi para nelayan. Pada setiap acara ini kita akan melihat banyak para wisatawan yang mengabadikan acara tersebut.

baron-sedekah-laut

Selamat berwisata…

Support by Auto Travel Software. Adalah Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour&Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Dan juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.