Home / Indonesia / Pantai Carocok Sumatera Barat-Menikmati Panorama Sunset Ala Maldives Indonesia

Pantai Carocok Sumatera Barat-Menikmati Panorama Sunset Ala Maldives Indonesia

Pantai menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung. Dimana pun tempatnya, seberat apa pun medan yang harus ditempuh selalu membuat siapa saja bersemangat untuk menaklukkannya. Wisata pantai yang menyajikan pesona panorama bahari dengan udara yang sejuk dan suasana yang tenang. Seperti Pantai Carocok, salah satu pantai cantik yang ada di Sumatera Barat. Pantai Carocok merupakan pantai sunset yang memanjakan wisatawan dengan panorama jingga di atas laut. Pantai ini berada di Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat sekitar 2 km dari Pasar Painan atau sekitar 10 menit perjalanan. Dan dari Padang berjarak 80 km atau sekitar 2 jam perjalanan.

Di pantai yang cantik ini kita bisa menikmati sunset di sore hari sambil memandang lautan biru dengan perbukitan hijau disekitarnya. Udara sejuk khas pantai dengan berbagai pesonanya yang memanjakan setiap mata yang memandang. Lautnya yang jernih juga memancarkan keindahan terumbu karang yang ada di dalamnya. Di kawasan pantai juga terdapat jembatan yang terdapat gazebo yang berdekatan. Sekilas, Pantai Carocok ini hampir mirip dengan Pantai Maldives. Siapa pun akan betah berlama-lama di pantai yang masih menjadi bagian dari Samudera Hindia ini. Berbagai wahana permainan pantai seperti snorkeling, banana boats dan jetski juga bisa kita nikmati dengan tarif yang cukup terjangkau.

Keindahan sunset dari Pantai Carocok sudah terkenal sampai jauh. Bahkan ada wisatawan yang beranggapan bahwa Sunset di Carocok tidak kalah dengan sunset di pantai sunset Bali, Pantai Kuta. Tidak heran jika di pantai ini banyak wisatawan dari berbagai kota bahkan negara. Mereka terkadang sengaja datang hanya untuk menikmati sunset. Kebanyakan wisatawan memilih menghabiskan waktu dengan menjelajahi Pulau Cingkuak dan Pulau Batu Kereta terlebih dahulu. Baru setelah hari hampir petang, mereka kembali ke Pantai Carocok untuk menikmati sunset hingga petang hilang.

Selain sunset, pantai ini juga mempunyai pulau di tengah lautnya. Pulau tersebut bernama Pulau Cingkuak, pulau yang di dalamnya terdapat bekas-bekas Benteng Portugis yang telah runtuh. Di antara puing-puing reruntuhan juga terdapat pantai cantik berpasir putih dengan airnya yang biru jernih.Untuk menuju ke Pulau Cingkuak kita harus menyewa kapal nelayan dengan membayar sebesar Rp20.000,-. Perjalanan dapat kita tempuh dengan waktu beberapa menit saja.

 

Selain Pulau Cingkuak, Pantai Carocok juga terhubung dengan Pantai Batu Karang yang ada di Pulau Batu Kereta. Untuk menuju ke pantai ini kita harus melewati jembatan yang membentang di atas laut tanpa harus naik kapal nelayan seperti menuju Pulau Cingkuak. Di Pantai Batu Karang kita juga bisa melakukan berbagai aktifitas seperti snorkeling, berenang dan memancing. Menikmati panorama pantai maupun menyusuri pantai sambil menikmati sejuknya udara juga tak kalah menarik untuk dicoba.

Adapun untuk fasilitas dan akomodasi kita tidak perlu khawatir. Jika kita ingin bermalam, di kawasan Pantai Carocok sudah terdapat banyak hotel penginapan dengan harga dan fasilitas yang beragam. Dan untuk keperluan makan, disepanjang pantai juga terdapat warung makan dan warung kecil yang siap menjamu kita. Untuk fasilitas lain toilet, mushola dan tempat parkir juga sudah tersedia.

Untuk tips saat berwisata, sebaiknya membawa uang tunai yang cukup. Menjaga kebersihan pantai. Mematuhi peraturan yang berlaku. Tidak merusak terumbu karang. Dan sebaiknya membawa kendaraan pribadi maupun menyewanya agar kita lebih mudah dalam menjelajahi setiap tempat wisata.

HTM pada 2 Mei 2017: Rp5.000,-

-Banana Boats: Rp25.000,- per orang

-Jet Sky: Rp100.000,- per orang

-Snorkeling: Rp50.000,- per orang

-Sewa kapal: Rp20.000,-

 

Lokasi: Pantai Carocok

Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Padang Sumatera Barat 25651, Indonesia.

Rute:

-Dari Padang (80 km, 2 jam)> Jl. Piai Tanah Sirah Nan>Jl. Tanah>Jl. Padang – Solok>Jl. Raya Lintas Barat Sumatera/Jl. Raya Padang-Painan>Jl. Jenderal Sudirman>Pantai Carocok, Iv Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat