Home / Jawa / DIY Yogyakarta / Pantai Jogan Yogyakarta-Menikmati Kesegaran Air Terjun Yang Ada Dari Balik Bukit Karst

Pantai Jogan Yogyakarta-Menikmati Kesegaran Air Terjun Yang Ada Dari Balik Bukit Karst

Yogyakarta, kota pelajar yang menyuguhkan berbagai objek wisata yang mampu menarik perhatian banyak wisatawan baik wisatawan local maupun wisatawan mancanegara. Salah satu destinasi wisata yang kerap dikunjungi wisatawan adalah pantai. Yogyakarta berada di pesisir Jawa bagian selatan, garis Pantai laut Selatan yang terkenal akan keindahan pantainya dan juga ombak besarnya. Pantai-pantai di Yogyakarta selalu menjadi magnet kuat bagi wisatawan. Bahkan banyak wisatawan yang tidak bosan singgah di pantai-pantai Yogyakarta, kebanyakan dari mereka sudah singgah berkali-kali.

Foto: agusibolangmks. wordpress.com

Adapun salah satu dari pantai-pantai cantik Yogyakarta adalah Pantai Jogan. Pantai ini satu arah dengan Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Sekitar 2 jam perjalanan dari Yogyakarta dengan jarak tempuh sejauh 63 km. Untuk menuju ke Pantai Jogan, kita bisa menempuhnya dari Jl. Pleret – Pathuk>Jl. Patuk – Dlingo>Jl. Playen Dlingo>Jl. Tumpak Playen>Jl. Manthous>Jl. Nasional III>Jl. Kyai Legi>Jl. KRT Judodiningrat>Jl. Baron>Jl. Tepus>Jl. Pantai Sel. Jawa> Pantai Jogan Jl. Pantai Siung, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Foto: catatannobi.com

Begitu sampai di kawasan Pantai Jogan, kita akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp5.000,- per orang, sudah termasuk biaya parkir kendaraan roda 2.



Pantai Jogan mempunyai keunikan tersendiri yang tidak bisa kita temukan di pantai lain. Pantai Jogan mempunyai air terjun di tengah garis pantai. Air terjun tersebut mengalir dari sungai yang ada di balik bukit karst. Air terjun setinggi 12 meter yang airnya jernih dan menyegarkan.
Melalui air terjun tersebut, kita bisa menggunakannya untuk membilas badan setelah bermain air laut. Atau kita juga bisa sekedar bermain dengan airnya yang jernih. Jika ke pantai, biasanya kita akan berenang dan bermain air sepuasnya. Namun, hal tersebut tidak berlaku di Pantai Jogan. Kita tidak diperbolehkan berenang dan bermain air terlalu jauh dari bibir pantai karena Pantai Jogan tidak mempunyai batas laut sehingga, dikhawatirkan sewaktu-waktu akan datang ombak besar yang akan menyeret kita ke tengah laut.


Meski begitu, kita masih bisa menikmati keindahannya tanpa harus berenang maupun bermain di laut. Batu karang Pantai Jogan siap memanjakan kita dengan keindahannya. Pemandandangan alam sekitar yang hijau diantara bukit karst juga semakin memanjakan mata. Semilir angin pantai yang menyejukkan akan membuat siapa saja enggan untuk meninggalkan pantai cantik ini.
Setelah puas menghabiskan waktu di Pantai Jogan, kita bisa beralih ke Pantai Siung yang berada di sebelah barat Pantai Jogan. Letaknya yang bersebelahan memudahkan kita untuk mengaksesnya secara bersamaan dalam satu waktu.




HTM:
-Rp5.000,- per orang

 

Tips saat berwisata Pantai Jogan:
-Jaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.
-Patuhi setiap peraturan yang ada.
-Jangan berenang maupun bermain air terlalu jauh dari pantai karena Pantai Jogan tidak mempunyai batas laut. Hal tersebut memungkinkan kita akan mudah terseret ombak.
-Bawa pakaian bersih, karena kemungkinan pakaian yang kita kenakan akan basah.
-Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk di pantai.
-Bawa bekal makanan bila perlu.
-Bawa perlengkapan piknik agar kita bisa bersantai di pantai.
-Bawa obat-obatan.
-Bawa uang tunai yang cukup.
-Pastikan kendaraan dalam keadaan prima dan bahan bakar mencukupi.

Selamat Berwisata…




 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat