Home / Indonesia / Pantai Karang Hawu Sukabumi-Pesona Pantai Penuh Karang Yang Eksotis

Pantai Karang Hawu Sukabumi-Pesona Pantai Penuh Karang Yang Eksotis

Sukabumi mempunyai destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lantaran keindahannya. Destinasi wisata yang paling digemari wisatawan adalah wisata pantai dan air terjun. Salah satunya adalah Pantai Karang Hawu yang berada dekat dengan kawasan Pelabuhan Ratu. Pantai yang ada di Sukabumi masih menjadi bagian dari pantai laut selatan yang memiliki ciri khas ombak yang besar dan kuat. Itulah mengapa pantai yang berbatasan dengan Samudra Hindia ini sering digunakan wisatawan untuk berselancar.

DSC_4739

Pantai Karang Hawu merupakan salah satu pantai yang berada di Sukabumi, tepatnya di Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Ciri khas pantai ini adalah adanya tebing karang yang menjorok ke laut. Di atas tebing terdapat bebatuan karang yang berlubang seperti tungku. Dan itulah mengapa pantai yang juga berpasir lembut kecoklatan ini dinamakan Pantai Karang Hawu. Nama Karang Hawu diambil dari kata “Hawu” dalam bahasa Sunda yang artinya tungku. Karang Hawu diartikan sebagai karang yang menyerupai tungku.

Karang yang menjorok tersebut konon katanya merupakan singgasana Nyai Roro Kidul, sang penguasa laut pantai selatan. Itulah mengapa banyak orang yang bersemedi di sini untuk mendapatkan ilmu atau kekuatan dari Nyai Roro Kidul. Tak jarang juga, pada waktu-waktu tertentu tempat ini digunakan untuk mengadakan upacara adat sebagai bentuk penghormatan kepada Nyai Roro Kidul.

Pantai_Karang_Hawu_1

Pantai yang berjarak sekitar 70 km dari Sukabumi ini memiliki pesona dan panorama yang indah dengan udara sejuk khas pantai. Pasirnya sangat lembut dan berwarna putih kecoklatan. Dari jauh nampak lautan lepas dengan pemandangan ombak besar yang saling berkejaran, berlomba untuk menghantam karang maupun mencapai daratan. Terkadang di atas ombaknya yang besar nampak seseorang yang sedang berlancar. Siapa saja pasti enggan untuk berlalu meninggalkan pantai yang cantik ini.

Kita bisa menikmati Pantai Karang Hawu dengan berselancar, berenang, memancing, duduk santai menikmati panorama yang menakjubkan dan berjalan menyusuri pantai seluas 4 km. Di sisi lain kita menemukan pantai berpasir dan di sisi lainnya lagi kita menemukan pantai yang terdiri dari bebatuan karang. Keindahannya tak henti-hentinya memanjakan mata kita. Terlebih lagi pada saat sunset atau matahari terbenam, keindahannya akan jauh lebih indah dengan adanya rona kuning keemasan diantara bebatuan karang.

Pantai yang berada 16 km dari Pasar Ikan Pelabuhan Ratu ini mematok harga tiket masuk yang terjangkau. Cukup dengan membayar Rp2.500,- kita sudah bisa menikmati sepuasnya. Setiap harinya pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Terlebih jika pada saat hari libur, pengunjung dari berbagai kota akan membanjiri pantai ini. Kita pun juga tidak perlu khawatir saat berkunjung karena, berbagai fasilitas yang nyaman sudah tersedia. Ada penginapan/resort, warung makan, wartel, mushola, area, parkir, toilet, oleh-oleh dan souvenir, penyewaan alat surfing, dan mini market.

 

 

HTM pada 4 April 2017:

Rp2.500,- per orang.

 

Lokasi: Pantai Karang Hawu

Caringin, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

 

Rute:

-Dari Sukabumi>Gg. Pesantren II>Jl. Tipar>Jl. Pelabuhan I/Jl. Pelabuhan II>Jalan Tangkil – Agrabinta/Jl. Jalur Lkr. Sel.>Jl. Nasional III>Jalan Raya Sukabumi – Bogor/Jalan Tangkil – Agrabinta/JL. Jakarta – Cibadak/Jl. Raya Ciawi – Sukabumi/Jl. Raya Cibadak/Jl. Raya Siliwangi/Jl. Raya Sukabumi/Jl. Raya Sukaraja – Sukabumi/Jl. Surya Kencana>Jl. Pamuruyan-Leuweung datar/Jl. Raya Cikidang – Pamuruyan>Raya Cikidang/Jl. Cikidang/Jl. Raya Cikidang – Pamuruyan>Jl. Buniwangi>Jl. Cimanggu-Buniwangi>Jl. Cikeong>Jl. Tenjo Resmi-Cimanggu>Jl. Nasional III>Pantai Karang Hawu, Caringin, Cisolok, Sukabumi.

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat