Home / Jawa Tengah / Cilacap / Pantai Karang Pandan Nusa Kambangan-Pantai Menawan Di Sela Rutan Tahanan

Pantai Karang Pandan Nusa Kambangan-Pantai Menawan Di Sela Rutan Tahanan

Nusa Kambangan, mungkin sudah tidak asing bagi kita. Sebuah pulau yang merupakan penjara bagi para narapidana kelas kakap bahkan Nusa Kambangan juga sering digunakan sebagai tempat penembakan hukuman mati. Yang tinggal di dalamnya pun hanya napi, pegawai lapas beserta keluarganya. Namun, siapa sangka bahwa Nusa Kambangan yang mempunyai kesan menyeramkan ternyata juga mempunyai destinasi wisata pantai yang menentramkan.

Foto: manggaul.blogspot.com

Pantai Karang Pandan merupakan pantai yang berada di kawasan Pulau Nusa Kambangan. Berpasir putih yang halus dan memiliki karang bolong. Itulah mengapa masyarakat menyebutnya dengan Pantai Pasir Putih dan Pantai Karang Bolong. Suasana pantai yang sejuk, nyaman dan tenang akan membuat siapa saja betah untuk berlama-lama di Pantai Karang Pandan. Pantai ini berada di bagian timur pulau, dan dalam pengelolaan pihak setempat. Tebing karang dan perbukitan yang hijau akan semakin menambah cantik pantai ini. Letaknya yang berada di timur memungkinkan kita untuk bisa menyaksikan sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari.

Di pantainya yang cantik ini kita bisa bermain air, pasir, berenang dan menyusuri pantainya yang tidak begitu luas. Bahkan kita juga bisa duduk santai diantara batu karang sambil menikmati panorama indah yang memanjakan mata. Deburan ombak dengan kicau burung seakan menambah syahdu suasana. Benar-benar tempat yang sangat nyaman untuk menghabiskan waktu liburan. Meski banyak yang menganggap pulau seram namun, begitu kita menginjakkan kaki anggapan itu akan hilang begitu kita bisa menikmati pesona dan panoramanya yang belum dijamah banyak orang.

Selain sebagai lapas, di Pulau Nusa Kambangan ternyata juga terdapat cagar alam yang di dalamnya terdapat berbagai satwa dan fauna yang langka. Terdapat goa-goa peninggalan bersejarah dan juga pantai-pantai cantik yang masih bersih. Siapa sangka tempat yang terkesan sangar tersebut mempunyai sisi keindahan yang tidak ada duanya. Bahkan demi menjamin kenyamanan wisatawan kawasan tersebut kini sudah mulai berbenah diri. Berbagai fasilitas sudah mulai tersedia seperti area parkir, toilet, mushola dan warung-warung kecil.

 

Pada hari Kamis Wage atau sehari menjelang pelaksanaan Sedekah Laut (Larung Sesaji) tempat ini ramai dikunjungi peziarah. Karena di pantai ini terdapat beberapa tempat yang dikeramatkan sehingga mereka berkunjung agar mendapat berkah, tempat-tempat keramat tersebut adalah Kali Lanang, dari sungai ini para peziarah akan mengambil airnya yang konon disucikan. Batu Meja, batu karang besar yang digunakan sebagai tempat sesajen. Yang kemudian dibacakan doa dan dilarung atau dihanyutkan ke laut untuk dipersembahkan kepada dewa laut.

Untuk sampai di Pantai Karang Pandan kita bisa menempuhnya dari Teluk Penyu dengan naik kapal nelayan selama 20 menit dengan membayar sebesar Rp25.000,-. Kemudian kita akan sampai di pintu masuk Nusa Kambangan, di sinilah kita akan membeli tiket masuk dengan tarif sebesar Rp5.000,- per orang. Dari sini perjalanan menuju pantai tinggal 1 km lagi, kita bisa menempuhnya dengan jalan kaki selama 30 menit atau dengan naik ojek. Medan yang akan kita tempuh berupa hutan hijau yang di dalamnya juga terdapat berbagai goa dan bangunan bersejarah. Adapun jalanannya berupa  jalanan hutan yang penuh dengan tanjakan dan turunan. Bahkan, pada musim hujan medan jalannya licin dan sulit dilalui.

Untuk menembus hutan kita tidak perlu khawatir akan tersesat karena begitu kita sampai di loket tiket kita akan ditemani oleh pemandu. Hal tersebut dilakukan agar para wisatawan tidak tersesat dan salah jalan menuju lokasi penjara.

 

Fasilitas: mushola, kamar mandi, penginapan, warung kecil.

 

HTM pada 24 April 2017:

Rp5.000,-

Sewa Kapal Rp25.000,-

 

Tips Saat Berwisata Pantai Karang Pandan:

-Patuhi peraturan yang berlaku.

-Jaga kebersihan.

-Sebaiknya jangan datang pada musim hujan.

-Sebaiknya pulang sebelum petang, karena kita masih harus menembus hutan dan menyeberangi laut.

-Bawa uang pas yang cukup.

-Bawa bekal makanan dan minuman bila perlu.

 

 

Lokasi: Pantai Karang Pandan

Pulau Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Rute:

-Dari Cilacap (5 km, 15 menit)>Jl. Singkep>Jl. Muria>Jl. Flores>Jl. Gatot Subroto/Jl. Tegal – Cilacap>Jl. Jawa>Jl. Dr. Soetomo>Jl. Lingkar Selatan>Pantai Teluk Penyu>Pulau Nusa Kambangan.

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat