Home / Jawa / DIY Yogyakarta / Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta-Menikmati Keindahan Aquarium Laut

Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta-Menikmati Keindahan Aquarium Laut

Gunung Kidul didominasi oleh daerah pantai Laut Selatan. Memiliki ombak yang terkenal besar dan ganas. Untuk berenang dan menyelam pun ada himbauan khusus. Namun, berbeda dengan Pantai Kukup. Di Pantai Kukup ini kita bisa berenang dan menyelam dengan bebas karena memiliki 100 meter area dangkal yang jauh dari deburan ombak.

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Rute lokasi Pantai Kukup ini masih berada satu jalur dengan Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sundak dan lain-lain. Jadi, tidak hanya Pantai Kukup saja, kita bisa menikmati pantai yang lain dalam satu waktu.

Pantai Kukup mempunyai pasir berwarna putih, airnya biru jernih dan disekitarnya terdapat perbukitan yang hijau. Di tengahnya terdapat pulau kecil yang dihubungkan dengan jembatan. Pulau tersebut bernama Pulau Jumino, berupa sebongkah batu karang yang besar tepat di atas perairan laut. Di pulau ini terdapat gardu pandang, dari sini kita bisa menikmati panorama Pantai kukup dari atas ketinggian. Nampak lautan biru yang membentang luas, hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai, perbukitan dan pegunungan hijau yang tampak lebih jelas.

Selain mempunyai panorama yang menawan, Pantai Kukup juga kaya akan biota laut dan ikan hias. Itulah mengapa pantai yang bertetanggaan dengan Pantai Krakal ini disebut sebagai aquarium laut. Begitu kita mendekati air, ikan-ikan tersebut sudah bisa kita lihat bahkan kita juga bisa mencoba menangkapnya. Kita juga bisa menyelam untuk melihat lebih banyak ikan hias dan biota laut lainnya. Sebagai kawasan aquarium laut maka, tidak heran jika disekitar pantai terdapat banyak sekali pedagang ikan hias.

Puas bermain dengan penghuninya, kita bisa duduk bersantai sambil menikmati semilir angin pantai yang menyejukkan dengan panorama yang memanjakan mata. Atau bisa juga berjalan menyusuri jembatan untuk menuju Pulau Jumino dan menikmati panorama Pantai Kukup dari atas ketinggian. Juga tak kalah indahnya saat sore hari, dari setiap sudut pantai cantik ini kita bisa melihat panorama sunset dengan jelasnya.

Dan jika kita ingin bermain disekitar batu karangnya sebaiknya menggunakan alas kaki, karena di bagian tersebut mempunyai permukaan yang kasar dan sedikit tajam. Sehingga bila kita menginjakkan kaki tanpa alas kaki ditakutkan kaki kita akan terluka. Selain itu di bagian tersebut juga terdapat banyak landak laut dan bulu babi yang bisa menimbulkan berbagai hal yang membahayakan begitu terkena kaki kita. Seperti infeksi, gatal-gatal, dan terkena luka.

Karena satu jalur dengan Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Drini, Pantai Baron dan pantai cantik lainnya. Penarikan tiket masuk diserentakkan. Kita akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000,- untuk dapat bisa menikmati Pantai Kukup sekaligus Pantai Krakal dan Pantai Sundak.

Karena sudah menjadi destinasi wisata yang dicari banyak wisatawan berbagai fasilitas dan akomodasi pun sudah tersedia dengan lengkap. Terdapat area parkir yang luas, toilet, warung kecil, warung makan, mushola, souvenir kerang, pedagang ikan hias, pedagang olahan laut dan tempat istirahat. Selain itu jika kita hendak bermalam, kita bisa menyewa hotel penginapan dengan berbagai pilihan. Bahkan ada yang menawarkan, hotel bintang lima yang letaknya berada di atas Pantai Kukup.

 

Fasilitas: toilet, area parkir, mushola, warung kecil, warung makan, souvenir, ikan hias, gardu pandang, tempat istirahat, hotel penginapan.

 

 

HTM pada 6 Mei 2017:

-Rp10.000,- per orang (sudah termasuk HTM Pantai Kukup, Pantai Krakal dan Pantai Sundak)

-Parkir motor Rp2.000,- dan mobil Rp5.000,-

 

Tips Saat Berwisata Pantai Kukup:

-Patuhi peraturan yang berlaku.

-Jaga kebersihan.

-Bawa uang tunai yang cukup.

-Pakai alas kaki saat berada di area batu karang.

-Jangan bermain terlalu jauh dari bibir pantai.

 

Lokasi: Pantai Kukup

Jl. Pantai Selatan Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55000, Indonesia

Rute:

-Dari Yogyakarta (57 km, 1,5 jam)>Jl. Mataram>Jl. Mayor Suryotomo>Jl. Brigadir Jenderal Katamso>Jl. Kol. Sugiyono>Jl. Sisingamangaraja>Jl. Imogiri Barat>Jl. Bakulan Imogiri>Jl. Imogiri Siluk>Jl. Siluk Panggang>Jl. Panggang>Jl. Raya Panggang Wonosari>Jl. Pantai Sel. Jawa>Jl. Ke Puncak Tim.>Pantai Kukup, Jl. Pantai Selatan Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

-Dari Surakarta (84 km, 2jam 20 menit)>Jl. Gajah Suranto>Jalan Untung Suropati>Jl. K.H Hasyim Ashari>Jl. DR. Radjiman>Jalan Baki – Solo/Jl. Yos Sudarso>Jl. Ir. Soekarno>Jl. Raya Solo – Wonogiri>Jl. Telukan – Prangjoro>Jl. Raya Telukan>Jl. Satya Darma>Jl. Raya Cuplik-Sukoharjo>Jl. Anggrek Mas>Jl. Sutowijoyo>Jl. Patimura/Jl. Raya Weru – Tawangsari>Jl. Semin-Watukelir/Jl. Watukelir-Semin>Jl. Semin-Cawas>Jl. Wonosari Semin>Jl. Karangmojo Semin>Jl. Karangmojo – Wonosari>Jl. Sumarwi>Jl. Nasional III>Jl. Baron>Jl. Pantai Sel. Jawa>Jl. Ke Puncak Tim.>Pantai Kukup, Jl. Pantai Selatan Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat