Home / Bali / Pantai Lovina Bali-Sensasi Melihat Atraksi Lumba-Lumba Lebih Dekat

Pantai Lovina Bali-Sensasi Melihat Atraksi Lumba-Lumba Lebih Dekat

Pulau Bali atau Pulau Dewata masih menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisata asing. Panorama alamnya yang indah dengan berbagai pesona yang akan memanjakan wisatawan. Meski mempunyai banyak destinasi wisata seperti wisata gunung, wisata kampung Bali, wisata sejarah, wisata budaya dan wisata bahari. Namun, para wisatawan lebih dominan terhadap wisata bahari. Pantainya yang masih alami dengan berbagai keunikan khas mampu menarik minat para wisatawan.

Seperti destinasi wisata Pantai Lovina di mana kita dapat melihat atraksi lumba-lumba lebih dekat. Mungkin karena itulah, Pantai Lovina menjadikan patung lumba-lumba sebagai ikonnya. Nama Lovina diambil dari kata “Love” dan “Ina” oleh masyarakat yang diartikan sebagai “Love Indonesia”. Kata “Love” dari bahasa Inggris berarti “kasih” yang tulus dan “Ina” dari bahasa Bali atau bahasa daerah yang berarti “ibu”. Menurut penggagasnya, Anak Agung Panji Tisna , arti “Lovina” adalah “Cinta Ibu” atau arti luhurnya adalah “Cinta Ibu Pertiwi”.

Tglumba2Lovina

Pantai Lovina merupakan pantai yang berada di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng. Pantai ini memiliki ciri khas yang berbeda dari pantai-pantai lainnya. Pada  saat pagi hari antara pukul 06.00 sampai 08.00 kita bisa melihat atraksi lumba-lumba yang bermunculan di tengah laut. Jika kita ingin melihat lebih dekat kita bisa menyewa perahu nelayan. Kira-kira 1-2 km dari pantai kita dapat melihat atraksi lumba-lumba.

Ratusan lebih lumba-lumba akan memanjakan kita dengan gerakan-gerakannya. Gerakannya yang lincah terkadang sampai membawa air yang cukup banyak sehingga kita pun akan terkena percikannya. Sekitar 2 jam atraksi lumba-lumba berlangsung, setelah itu lumba-lumpa akan meninggalkan tempat tersebut dan menuju ke habitat hidupnya.

dolphin2

Tidak hanya atraksi lumba-lumba saja, di lautnya yang biru kita bisa melakukan snorkeling. Atau sekedar menikmati pasir hitam dengan ombak yang tenang kita bisa bermain sepuasnya. Kita pun juga bisa melihat nelayan para yang berlalu lalang dengan perahunya. Sejuknya udara khas pantai Bali dengan panorama alam yang indah akan membuat siapa saja enggan untuk beranjak dari pantai cantik ini.  Adapun waktu yang baik untuk berkunjung ke Pantai Lovina adalah pada waktu pagi hari.

Sebaiknya pukul 5 sudah berada di tempat, karena kita bisa melihat matahari terbit dengan indahnya tepat di depan kita. Kemudian saat matahari mulai naik, kita bisa menuju ke laut untuk melihat atraksi lumba-lumba. Kita hanya bisa menikmatinya sekitar 2 jam, karena begitu matahari semakin meninggi dan hawa terasa panas maka lumba-lumba akan pergi. Panorama sunrise dan atraksi lumba-lumba inilah yang paling diburu banyak wisatawan.

Mereka juga mengabadikannya ke dalam foto yang indah. Selain itu, kita juga bisa melakukan snorkeling di laut tempat atraksi lumba-lumba. Pada jarak 10 meter dari permukaan laut kita sudah bisa melihat keindahan bawah laut dengan biotanya.

lumba-lumba-liar-pantai-lovina-bali1Pantai Lovina 2

Pantai Lovina ini berada di sebelah barat Kota Singaraja dengan jarak sejauh 9 km. Pantai Lovina mempunyai tempat yang cukup strategis. Mudah dijangkau dari arah mana saja, salah satunya dari Bandara Ngurah Rai. Dari Bandara Ngurah Rai berjarak 120 km atau sekitar 3 jam perjalanan.

Untuk masuk ke dalam kawasan Pantai Lovina tidak dikenakan tarif alias gratis. Dan bagi yang membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp5.000,- untuk mobil. Kemudian saat kita hendak menyewa perahu untuk menuju ke laut baru kita akan dikenakan biaya sebesar Rp150.000,- per orang. Harga yang sebanding  dengan kejutan yang akan kita dapatkan di atas lautan selama 2 jam.

Adapun fasilitas yang berada di kawasan Pantai Lovina sudah sangat memadai. Berbagai fasilitas mulai melengkapi kenyamanan para pengunjung. Penginapan dan berbagai macam kuliner siap memanjakan kita selama di Pantai Lovina. Setelah puas menikmati objek wisata Pantai Lovina, kita juga bisa menikmati objek wisata lain seperti Aier Terjun Gitgit, Vihara Arama, Desa Mayong, Air Panas Banjar, Air Terjun Melanting, Air Terjun Aling-Aling dan wisata lainnya.

 

Fasilitas: penginapan, toilet, kamar mandi, warung, tempat makan, salon & spa dan atraksi lumba-lumba.

HTM: gratis

Parkir: Rp5.000,- per mobil.

Sewa Perahu, Atraksi Lumba-Lumba: Rp150.000,- per orang

Sewa Perahu, Atraksi Lumba-Lumba, Snorkeling: Rp200.000,- per orang

 

 

Lokasi:

Kalibukbuk, Anturan, Buleleng, Bali, Indonesia

Rute:

Dari Bali>Jl. Pelapuan>Jl.Veteran>Jl. Busungbiu-Pelapuan>Jl. Kiskinda>Jl. Seririt-Pupuan>Jl. Pemuda>Jl. Seririt- Singaraja/Jl. Singaraja-Gilimanuk/Jl. Sudirman>Pantai Lovina, Kalibukbuk, Anturan, Buleleng, Bali.

 

Tips Saat Berwisata:

-Patuhi peraturan yang berlaku.

-Jaga kebersihan.

-Siapkan pakaian bersih, karena kemungkinan baju akan basah saat melihat atraksi lumba-lumba.

-Sebaiknya datang pada antara pukul 05.00-09.00 WITA, jika ingin melihat atraksi lumba-lumba.

– Jika ingin menyewa akomodasi yang ada, sebaiknya memesan jauh-jauh hari maks. 1 hari sebelum kedatangan.

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat