Home / Indonesia / Pantai Malalayang-Eksotisme Keindahan Laut Biru Dengan Biota Yang Beragam

Pantai Malalayang-Eksotisme Keindahan Laut Biru Dengan Biota Yang Beragam

Pantai Malalayang merupakan obyek wisata alam yang berada di daerah ujung selatan kota Manado dan memiliki kondisi alam yang cukup indah. Lokasi pantai ini tepatnya berada di daerah Kelurahan Malalayang II, Kecamatan Malalayang Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara.



Pantai Malalayang oleh Pemda setempat akan dijadikan sebagai tempat wisata sekaligus tempat untuk berkuliner, hal ini karena pemerintah melihat potensi yang cukup besar pada tempat ini. Disamping itu banyaknya masyarakat sekitar yang mengunjungi tempat ini khususnya pada hari libur sehingga menjadikan tempat ini sebagai daerah yang memiliki potensial wisata yang cukup baik.




Untuk menuju ke tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Bandara Udara Sam Ratulangi dengan kondisi jalanan yang tidak macet, namun bila kita dari Pusat Kota Manado kita hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk ke tempat ini dikarenakan letaknya yang berada di ujung pusat Kota Manado.

Bila kita ingin ke tempat ini dapat dilakukan dengan memakai kendaraan pribadi atau dengan angkutan umum. Bila dengan kendaraan pribadi cukup mudah kita jangkau karena letaknya yang berada di tepi jalan utama menuju Kota Minahasa, sehingga Pantai Malalayang dapat dengan mudah kita lihat bila melintasi jalan tersebut. Sama halnya bila kita menggunakan angkutan umum, cukup dengan menaiki angkutan Mikrolet jurusan ke Malalayang lalu kita berhenti di Terminal Pasar 45 – Malalayang dan selanjutnya kita cukup berjalan kaki sekitar 200 meter menuju Pantai Malalayang. Dari pusat kota Manado letaknya hanya berjarak sekitar 4 Km dan membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke Pantai ini.

Dikarenakan letak Pantai yang berada pada kawasan bebas, untuk ke tempat wisata ini kita tidak perlu membeli tiket masuk dan juga kita dapat sewaktu-waktu ke tempat ini tanpa memikirkan jam operasional tempat wisatanya.

Pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga karena letaknya yang tidak jauh dari Kota Manado dan juga biayanya cukup murah. Kondisi pantai ini sebagian memiliki struktur bebatuan hitam yang berada di pinggir pantai dan sebagian ber pasir halus dan berwarna hitam.




Pemandangan bawah laut Pantai ini cukup jernih sehingga terkadang bila kita berenang di tepi pantai kita dapat melihat ikan bawah laut yang mondar mandir di dekat kita. Bagi pengunjung yang ingin melihat secara langsung alam bawah laut pantai ini, dapat dengan mudah mencari dive spot atau posisi yang pas untuk melakukan diving, namun peralatannya harus kita bawa sendiri karena di tempat ini belum menyediakan penyewaan alat selam tersebut.

Di pantai ini terdapat juga beberapa fasilitas berupa kamar toilet, Kamar bilas dan juga terdapat warung-warung makan yang menyajikan makanan khas manado. Untuk berkuliner di tempat ini kita dapat merasakan makanan khasnya yang cukup banyak digemari para pengunjung yang ke tempat ini yaitu makanan pisang goreng, yang membedakan dengan daerah lain untuk memakan pisang goreng tersebut kita akan diberikan sambel goreng sebagai pelengkap sajian pisang goreng tersebut.

Pantai Malalayang juga memiliki pemandangan yang indah dengan pemandangan laut yang biru kita juga dapat melihat Kota Tua Manado yang berada di sebuah pulau dekat pantai ini, di samping itu kita juga dapat melihat pulau bunaken di kejauhan. Pada sore hari, kita juga dapat melihat pemandangan sunset yang sangat indah.

Bila kita telah puas berwisata di Pantai Malalayang ini, kita juga dapat berkunjung ke tempat wisata yang tidak kalah menariknya dengan pantai ini yaitu obyek wisata Danau Tondano. Untuk ke danau tersebut kita dapat menempuh waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dari Pantai Malalayang.