Home / Jawa / DIY Yogyakarta / Pantai Pok Tunggal Yogyakarta-Pantai Cantik Di Perbukitan Karst Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal Yogyakarta-Pantai Cantik Di Perbukitan Karst Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal, barangkali Anda pernah mendengarnya saat berada di daerah Yogyakarta. Pantai Pok Tunggal ini berada diantara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Letaknya yang berdekatan memungkinkan Anda untuk bisa berkunjung ke 3 pantai tersebut dalam satu waktu. Pantai Pok Tunggal berada di Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Foto: lookjogja.blogspot.com

Dinamakan Pantai Pok Tunggal karena terdapat pohon duras di pinggir pantai. Pok dalam bahasa Jawa berarti pohon. Adanya pohon duras semakin menambah keindahan Pantai Pok Tunggal. Tak jarang para pengunjung juga menjadikan pohon duras sebagai background fotonya. Selain itu, Anda pun juga bisa berteduh di bawah pohonnya yang cukup rimbun.

Pantai yang dibuka sejak tahun2012 ini mempunyai hamparan pasir yang membentang, semakin menambah keindahan diantara perbukitan karst. Semilir angin pantai yang menyejukkan juga semakin menambah suasana semakin nyaman. Airnya yang jernih juga seolah mengundang kita untuk segera bermain di pantainya yang landai.



Begitu menghadap ke depan, Anda akan berhadapan dengan samudera lepas yang tampak biru. Dan jika Anda menghadap ke belakang Anda akan berhadapan dengan bukit karst yang sangat tinggi yang disekitarnya tumbuh berbagai tumbuhan hijau yang asri. Anda juga bisa naik ke atas bukitnya untuk mendapatkan pemandangan yang jauh lebih indah dari ketinggian.

jogjapedia.net

Tidak hanya mempunyai panorama yang indah saja. Pantai Pok Tunggal juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang semakin memadai. Terdapat banyak warung kecil di sekitar pantai yang menjual berbagai makanan, aksesoris dan souvenir.  Juga terdapat gazebo yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat melepas lelah. Dan bagi yang ingin bermalam di Pantai Pok Tunggal, Anda bisa menyewa tenda maupun penginapan dengan harga yang beragam.

Untuk sampai di Pantai Pok Tunggal, Anda bisa menempuhnya dengan kendaraan pribadi selama 2 jam dari Yogyakarta dimulai dari Piyungan>Patuk>Sambipitu >Gading>Logandeng>Siyono>Jl. Kyai Legi>Jalan Lingkar Selatan>Jl. KRT Djojodiningrat>Jl. Girisubo>Wonosari>Jl. Saptosari >Tepus> Pantai Pok Tunggal.




Karena berada di sekitaran perbukitan karst, di sepanjang perjalanan Anda akan menemukan pemandangan yang indah dari atas perbukitan yang Anda lewati. Meski jalannya cukup menantang, karena banyak turunan dan tikungan tajam dan tak jarang juga jalan rusak juga berbatu. Namun, semua lelah Anda akan terbayar dengan keindahan yang Anda dapatkan sesampainya di kawasan Pantai Pok Tunggal

HTM pada tahun 2017:

Rp3.000,- per motor

Rp5.000,- per mobil

Rp15.000,- per mini bus

 

Fasilitas: warung, toilet umum, gazebo, penginapan, sewa perahu, outbound.

 

Lokasi: Pantai Pok Tunggal

Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia

 

Tips Saat Berwisata Pantai Pok Tunggal:

-patuhi peraturan yang berlaku.

-jaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

-tidak merusak sesuatu yang ada di lingkungan pantai.

-pastikan kendaraan dalam keadaan prima dan bahan bahar tercukupi.

-bawa uang pas yang cukup.

-bawa keperluan pribadi, gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman.

 

 

Selamat Berwisata…

 






 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat