Home / Indonesia / Pantai Popoh Tulungagung-Pantai Cantik Yang Juga Mempunyai Kebun Binatang Mini

Pantai Popoh Tulungagung-Pantai Cantik Yang Juga Mempunyai Kebun Binatang Mini

Daerah Provinsi Jawa Timur merupakan daerah yang memiliki garis pantai yang cukup panjang bila dibandingkan dengan daerah Jawa lainnya. Untuk itu kawasan wisata pantai yang ada di daerah Jawa Timur ini cukup banyak dan memiliki ciri khas masing-masing. Salah satu wisata pantainya yaitu obyek wisata Pantai Popoh yang berada di pesisir Samudera Hindia, tepatnya di Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur.

Pantai Popoh ini pertama kali ditemukan oleh seorang tumenggung (Camat) di tahun 1373 yang bernama eyang Tumenggung Yudonegoro yang berasal dari Mataram. Dahulu di Pantai ini banyak sekali hidup ikan yang oleh penduduk dinamakan ikan sisirpoh, ikan ini merupakan ikan sebangsa lintah. Untuk itu pantai ini dinamakan Pantai Popoh yang diambil dari nama belakang ikan tersebut.

Pada tanggal 1 September 1972 Pantai Popoh ini mulai dikembangkan sebagai kawasan wisata oleh seorang pengusaha dari Tulungagung yang bernama Soemiran Karsodiwirdjo. Pantai ini oleh Bapak Soemiran Karsodiwirdjo melalui PT. Soetera Bina Samodra dikontrak dari Pemerintah Daerah setempat untuk dijadikan tempat wisata. Sejak itu pantai ini mulai dipugar dan dikembangkan sedemikian rupa agar menjadi sebuah tempat wisata yang cukup ramai dikunjungi, kawasan ini dilakukan pengembangan dengan membeli lahan yang berada di sekitar pantai dan kemudian mendirikan bangunan-bangunan sebagai penunjang fasilitas wisata.




Untuk menuju ke tempat ini kita membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Tulungagung, atau berjarak sekitar 30 Km dari arah selatan Tulungagung. Bila kita ingin ke Pantai Popoh kita dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi. Bila dari arah Kota Surabaya kita dapat melanjutkan perjalanan ke kota Mojokerto, Jombang, Kertosono, Kediri selanjutnya ke arah pusat kota Tulungagung. Bila dari arah Kota Malang kita dapat melanjutkan ke kepanjen, Wlingi, Blitar terus ke pusat Kota Tulungagung.

Dari pusat kota Tulungagung ke kawasan wisata Pantai Popoh kita akan melewati jalan yang naik turun dan berkelok-kelok dengan pemandangan sepanjang perjalanan yang kita lalui berupa hutan jati yang hijau dan rindang, terkadang kita dapat melihat banyak pengunjung yang beristirahat sejenak di kawasan hutan ini. Memasuki gerbang Pantai Popoh kita dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 3.000,- per orang dan bagi yang berkendaraan bermotor dikenakan retribusi parkir sebesar Rp. 1.000,-.




Pantai Popoh merupakan kawasan wisata pantai yang memiliki ombak yang cukup besar, namun memiliki keindahan alam yang cantik dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi. Pantai ini terbagi menjadi dua kawasan yaitu bagian timur dan bagian barat. Pada bagian timur memiliki wilayah yang cukup terjal dan berbatu-batu dengan deburan ombak yang cukup besar, sehingga kita tidak dapat berjalan di pesisir pantainya. Namun oleh pengelola kawasan ini telah dipasangi garis pengaman bagi pengunjung yang ingin menikmati susasana alam di tempat ini. Sedangkan pada bagian barat terbilang lebih landai dan berombak kecil. Di sini kita akan melihat banyak perahu-perahu wisata dan perahu nelayan yang ingin melaut.

Kedua kawasan ini dibatasi oleh hutan mangrove dengan kondisi jalan yang berundak dan cukup panjang. Hutan ini biasanya digunakan oleh pengunjung sebagai tempat untuk beristirahat diantara pohon-pohon yang tinggi dan rindang. Pantai Popoh ini memiliki fasilitas wisata yang cukup memadai, disini kita dapat melihat Kebun Binatag Mini yang di dalamnya kita dapat melihat berbagai binatang yang unik, salah satunya kambing ber kaki tiga. Disini terdapat juga sebuah taman yang diperuntukkan bagi anak-anak yang ingin bermain seperti ayunan, seluncuran dan putar-putaran. Di sini juga terdapat sebuah kolam renang yang dikhususkan oleh pengelola agar para pengunjung tidak berenang ke Pantai yang memiliki ombak yang cukup tinggi.

Kita juga terkadang dapat melihat upacara-upacara tradisional berupa tarian-tarian yang sering diadakan di Pendopo Agung Popoh yang ada di kawasan wisata ini. Bila kita ingin merasakan deburan ombak pantai popoh, disini telah tersedia penyewaan perahu mesin dengan kapasitas 20 orang, adapun harga sewanya yaitu sebesar Rp. 10.000,- per orang. Bagi pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh, disini tersedia toko-toko yang menjual berbagai aneka souvenir hasil kerajinan tangan dari penduduk setempat.

Selepas menikmati suasana di Pantai Popoh kita dapat melanjutkan wisata ke Pantai Prigi yang juga memiliki panorama alam yang indah, jaraknya dari Pantai Popoh yaitu sepanjang 5 Km.

 

HTM pada Maret 2017:

Rp3.000,- per orang

 

Lokasi: Pantai Popoh Tulungagung

Jalan Raya Pantai Prigi, Watulimo, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66382, Indonesia




 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat