Home / Indonesia / Pantai Prigi Trenggalek-Eksotisme Laut Biru di Pesisir Selatan Jawa

Pantai Prigi Trenggalek-Eksotisme Laut Biru di Pesisir Selatan Jawa

Berbicara mengenai wisata, Jawa Timur mempunyai destinasi wisata yang kian hari kian diminati oleh wisatawan. Salah satunya adalah wisata pantai yang berada di pesisir selatan Jawa. Pantai Prigi, pantai berpasir putih yang berada di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Dari Trenggalek sekitar 48 km.

Pantai Prigi mempunyai pemandangan alam yang sangat indah. Hamparan laut lepas yang tampak biru dengan perbukitan hijau yang semakin melengkapi. Bebatuan karang juga bentangan pasir pantai seluas 4 km. Deburan ombak dan sejuknya udara pantai. Semua itu akan memanjakan kita begitu kita ,enginjakkan kaki di pantai cantik ini.

Kita bisa bermain pasir dan air sepuasnya. Kita juga bisa menikmati pesona dan panorama Pantai Prigi sambil bersantai dibawah payung teduh dan menikmati kuliner yang bisa kita pesan di warung-warung yang ada di sekitaran pantai. Tampak terlihat lalu lalang nelayan mencari ikan maupun lalu lalang wisatawan yang mengelilingi Pantai Prigi.

Selain dijadikan sebagai obyek wisata, Pantai Prigi juga dijadikan sebagai pelabuhan nasional terbesar di pesisir selatan Jawa, pelabuhan penangkapan ikan. Sehingga, kita bisa menikmati berbagai kuliner dalam keadaan masih segar. Hasil laut yang baru ditangkap oleh nelayan kemudian akan dipindah tangan kepada pedagang kuliner. Berbagai olahan laut tersedia di Pantai Prigi, salah satu yang paling khas adalah ikan asap.

Pantai Prigi mempunyai sistem penjagaan yang baik. Meski dipenuhi banyak wisatawan namun, lingkungannya tetap bersih dan bebas dari sampah. Air lautnya pun juga demikian, sangat jernih sehingga, kita bisa melihat pancaran keindahan dari dalam laut.

Untuk berkeliling pantai kita bisa menyewa perahu nelayan sebesar Rp100.000,-. Satu perahu biasanya berisi 10 orang sehingga setiap orang akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000,-. Dari atas peairan kita akan dimanjakan dengan semilir angin laut yang menyejukkan. Perbukitan hijau, hamparan laut lepas dengan ombak yang bergulung semakin melengkapi keindahan pemandangan yang ada.

Pantai Prigi masih sangat menjunjung adat istiadat. Pada bulan Selo, kalender Jawa, para nelayan di Pantai Prigi akan menggelar upacara tradisional Larung Sembonyo, upacara tahunan sebagai bentuk ucap syukur kepada Tuhan akan hasil laut yang melimpah. Selain sebagai upacara ucap syukur, penduduk lokal juga percaya bahwa ritual Larung Sembonyo diadakan sebagai bentuk peringatan pernikahan dalam sejarah Raden Tumenggung Yudha Negara, yaitu seorang kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka wilayah Prigi dengan jaminan bersedia menikahi Putri Gambar Inten.

Pantai Prigi disukai banyak wisatawan lantaran keadaannya yang bersih dan nyaman. Tidak hanya itu saja, berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan wisatawan juga diperhatikan dengan baik. Selain menikmati pemandangan yang indah, kita juga bisa berolahraga di tempat olahraga yang tersedia. Terdapat bumi perkemahan yang dikhususkan bagi wisatawan yang ingin bermalam di pantai. Terdapat tempat bermain. Warung, cafe, rumah makan yang menyediakan berbagai macam kuliner khususnya kuliner laut. Terdapat penginapan dengan harga dan fasilitas beragam.

 

HTM pada Agustus 2016:

Rp6.000,- per orang

-Parkir Motor Rp3.000,-

-Sewa pelampung Rp4.000,-

-Sewa perahu Rp100.000,- per perahu. Rp10.000,- per orang.

 

Fasilitas: warung, cafe, rumah makan, tempat olahraga, tempat bermain, area parkir, toilet, bumi perkemahan, mushola, penginapan.

 

Lokasi: Pantai Prigi

Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Rute:

-Tulungagung>Gondang>Durenan>Bandung>Prigi.

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat