Home / Indonesia / Jawa Barat / Garut / Pantai Santolo Garut-Fenomena Air Laut Yang Mengalir Menuju Sungai Banyak Dilirik Wisatawan

Pantai Santolo Garut-Fenomena Air Laut Yang Mengalir Menuju Sungai Banyak Dilirik Wisatawan

Pantai Santolo merupakan salah satu pantai di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat yang kini tengah memikat wisatawan. Hal tersebut lantaran adanya fenomena air laut yang mengalir menuju Sungai Cilateureun. Permukaan aut lebih rendah dari permukaan sungai sehingga, yang pada umumnya air sungai mengalir ke laut ini berbalik air laut yang mengalir ke sungai. Fenomena ini terjadi hanya pada waktu air laut sedang pasang.

 

 

Nama Santolo diambil dari nama pulau kecil yang berada di seberangnya, Pulau Santolo. Dan kemudian pantai cantik berpasir putih ini dikenal dengan nama Pantai Santolo Pameungpeuk. Bahkan ada juga yang mengenalinya sebagai Pantai Cilateureun. Terletak di Kecamatan Cikelet, Garut sebelah selatan. Berjarak 88 km dari pusat kota Garut atau sekitar 3,5 jam perjalanan.

Dari pintu masuk atau loket tiket, jarak Pantai Santolo masih cukup jauh. Kita akan melewati jalan berliku dengan nuansa pemandangan alam berupa gunung dan perkebunan teh. Panorama hijau berpadu dengan udara sejuk seolah akan mempersingkat perjalanan kita. Tak terasa kita pun telah sampai di Pantai Santolo. Begitu kita menginjakkan kaki di Pantai Santolo, kita akan disambut oleh pesona dan panorama yang tak henti-hentinya membuat kita terkagum.

Pantai Santolo mempunyai garis pantai yang cukup panjang sehingga memungkinkan wisatawan bisa bermain dan menikmati pantai dengan leluasa. Deburan ombak terlihat berkejaran berlomba menyentuh bibir pantai. Hamparan laut lepas dengan hilir mudik kapal ikan dan perahu nelayan yang sibuk dengan aktifitasnya.  Burung pantai yang terbang mengitari pantai dengan indahnya. Semilir angin pantai yang tenang dengan nuansa pemandangan alam pegunungan terlihat menyejukkan di depan mata. Siapa pun tampaknya akan terpikat dengan kemanjaan yang diberikan. Terlebih lagi pada saat sore hari, kita bisa melihat keindahan lukisan senja yang mempesona.

Kemudian kita bisa menuju jembatan tua untuk melihat fenomena air laut yang mengalir menuju sungai. Tampak perpaduan air jernih dan air laut menyatu. Sayangnya, fenomena ini tidak bisa dilihat setiap saat hanya bisa dilihat pada waktu air laut sedang pasang saja. Meski begitu, kita tetap bisa menikmatinya dengan menyusuri bebatuan karang disekitarnya dan menyusuri jembatan tua di atasnya.

Di sela-sela waktu, kita bisa menyewa perahu nelayan untuk menuju Pulau Santolo dengan membayar sebesar Rp5.000,- per orang. Di Pulau kecil ini kita juga bisa melakukan berbagai aktifitas di pantainya yang tak kalah cantik. Bahkan kita juga bisa mengelilingi pulau tidak sampai 1 jam.

Pantai Santolo merupakan Terminal Pelelangan Ikan, bersebelahan dengan dermaga kapal ikan dan perahu nelayan. Sehingga, kita bisa menikmati berbagai kuliner laut yang masih segar. Seperti ikan laut, kepiting, udang, cumi-cumi dan kerang. Dengan harga yang terjangkau kita sudah bisa menikmati berbagai kuliner yang tersaji pada warung makan dan restoran yang berada di sekitar pantai.

Pantai Santolo mempunyai ombak besar khas pantai laut selatan namun, masih ramah untuk melakukan aktifitas. Berbagai wahana air pun siap melengkapi keseruan kita. Ada donat boat, banana boat, perahu dan juga selancar. Masing-masing bisa kita nikmati dengan tarif sewa yang terjangkau. Selain itu kita juga bisa berenang dan menyelam ke dalam lautnya yang kaya akan biota laut dan termbu karang yang indah.

Sebagai objek wisata yang kini tengah naik daun, Pantai Santolo telah menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan wisatawan. Ada toilet, kamar mandi, area parkir, warung, warung makan, restoran, mushola, pusat oleh-oleh dan souvenir serta mushola. Dan jika kita hendak bermalam, kita bisa berkemah maupun menyewa penginapan dengan harga dan fasilitas yang bervariasi.

Adapun oleh-oleh yang khas dari Garut, tidak lain adalah dodol garut. Makanan khas Sunda berbahan dasar tepung ketan yang dipadukan dengan santan kelapa, gula merah, garam dan bahan lainnya. Teksturnya lembek, sedikit kenyal, manis, gurih dengan perpaduan rasa yang khas. Dodol garut mempunyai banyak varian rasa yang khas seperti rasa dodol nanas, dodol, durian, dodol wijen, dodol tomat, dodol nangka, dodol coklat, dodol kacang dan masih banyak varian unik lainnya. Dodol garut salah satunya yang paling terkenal dalah Dodol Picnic.

Selain Pantai Santolo, kita juga bisa singgah di Pantai Sayang Heulang dan Pantai Cicalobak yang jaraknya tidak begitu jauh.

 

HTM pada Mei 2017:

-Rp5.000,- per orang

-Parkir Rp5.000,- per kendaraan

 

 

Fasilitas: toilet, kamar mandi, area parkir, warung, warung makan, restoran, mushola, pusat oleh-oleh dan souvenir, wahana air (banana boat, donat boat, perahu, selancar), penginapan.

 

Lokasi: Pantai Santolo

Pameungpeuk, Pamalayan, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44177, Indonesia

Rute:

-Dari Garut>Cikajang>Cikelet>Pameungpeuk.

-Dari Jakarta>Cileunyi>Cicalengka>Nagreg>Garut>Cikajang>Cikelet>Pameungpeuk.

-Dari Bandung>Ciwidey>Rancabali>Naringgul>Cidaun>Rancabuaya>Bungbulang>Pameungpeuk.

 

Tips Saat Wisata Pantai Santolo:

-Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

-Patuhi peraturan yang berlaku.

-Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman.

-Bawa pakaian bersih dan perlengkapan pribadi.

-Bawa uang tunai yang cukup.

-Jangan berenang menjauhi pantai.

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat